25.3 C
Padang
Rabu, Juli 28, 2021
Beritasumbar.com

Jelang KTT IORA, Padang Perkuat Kerjasama Indonesia-IOLGF
J

Kategori -

Padang – Inisiatif pembentukan Indonesia- Indian Ocean Local Government Forum (Indonesia-IOLGF) oleh Pemerintah Kota Padang disambut baik Kementerian Luar Negeri. Selain sebagai “pemanasan” menjelang kegiatan Indian Ocean Rim Association (IORA), ini akan menguatkan kerja sama antar daerah di dalam negeri sejalan dengan visi pembentukan Poros Maritim Dunia.

“Indonesia-IOLGF dan IORA memiliki arti penting bagi peran Indonesia di kawasan Samudera Hindia. Hal ini menjadi babak baru dalam politik dan hubungan luar negeri untuk meningkatkan peran Indonesia mewujudkan kawasan regional yang kondusif,” kata Co-Chairman Development Cooperation Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Dimas Samodra Rum usai membuka Seminar Indonesia-IOLGF mewakili Menteri Luar Negeri di Padang, Selasa (8/9).

Seminar Indonesia-IOLGF ini dihadiri perwakilan 70 Bupati dan Walikota dari daerah yang berbatas dengan Samudera Hindia, lebih kurang berasal dari 17 provinsi di Indonesia. Hadir Penjabat Gubernur Sumatera Barat Reydonizar Moenek serta sejumlah nasasumber dari berbagai lembaga.

Menurut Dimas, mulai bulan Oktober 2015, Indonesia menjadi Ketua IORA untuk selama 2 tahun kedepan. Disini peran Indonesia sangat strategis dalam menentukan kerja sama IORA. Terlebih, di masa keketuaan Australia, banyak usulan untuk mendorong partisipasi aktif para pelaku usaha, termasuk pemberdayaan perempuan dan isu blue economy.

“Pada masa keketuaan Indonesia di IORA, kita fokuskan diri pada kerjasama maritim dan ekonomi yang diharapkan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi nasional serta kesejahteraan rakyat,” ulas Dimas yang juga Duta Besar Indonesia untuk Libanon di Beirut.

Lebih jauh ia memaparkan, dari segi kepentingan ekonomi, Samudera Hindia memiliki potensi yang besar. Diantaranya, sebagai tujuan pasar, dengan jumlah penduduk mencapai 2,5 milyar lebih. Sedangkan 70 persen perdagangan dunia melewati kawasan ini. Samudera Hindia juga menyimpan sekitar 55 persen cadangan minyak dunia dan 40 persen cadangan gas. Serta memproduksi 1/3 produksi tuna dunia.

Disamping itu, kawasan ini juga jalur yang sangat penting bagi perdagangan dunia karena dilalui separoh total kapal kontainer dunia dan sepertiga total kargo dunia.

“Pertumbuhan ekonomi negara-negara anggota IORA terbilang tinggi jika dibandingkan kawasan lain di dunia,” kata Dimas lagi.

Disebutkan, pada 1994 jumlah perdagangan intra-regional IORA adalah US $233, sekarang sudah menanjak tajam mencapai US $777 miliar. “Hal ini membawa angin segar bagi pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

Ia menegaskan, seminar kali ini bukan sekedar seminar yang tidak ada tindak lanjutnya. Tetapi semua hasil dari seminar ini akan dibawa ke tingkat KTT Menlu IORA nantinya. “Kita berharap terbentuknya Indonesia-IOLGF akan memperkuat interkoneksi daerah dan membawa dampak positif terhadap upaya pemerataan ekonomi,”tukuknya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Sumbar Dony Moenek mengatakan, Kota Padang sebagai tuan rumah kegiatan IORA selain lokasinya yang pas, fasilitas di Kota ini juga representatif bagi kegiatan-kegiatan besar. “Pemerintah Provinsi sangat merekomendasikan Kota Padang untuk bisa menjadi pelaksana kegiatan-kegiatan besar,” sebutnya.

Terkait IOLGF, Gubernur mengatakan, memang sudah saatnya semangat kolaborasi dikuatkan antar daerah di yang berbatas dengan Samudera Hindia agar potensi-potensi yang ada dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Bersamaan dengan itu semangat kompetensi antar daerah juga harus tumbuh agar sama-sama bangkit untuk percepatan pembangunan regional.

“Kita berharap dari pertemuan di Padang ini menjadi starting point bagi kebangkitan daerah di kawasan Samudera Hindia,”tukasnya.

Walikota Padang Mahyeldi Dt. Marajo menambahkan, hari ini merupakan moment bersejarah selaku tuan rumah karena acara ini dihadiri puluhan kepala daerah, Gubernur, Kementerian dan sejumlah tamu dari luar negeri Austarlia.

“Pemerintah Kota Padang menawarkan 5 bidang untuk susunan organisasi Indonesia-IOLGF yang juga menjadi prioritas pembahasan IORA, yakni manajemen resiko bencana, perikanan dan kelautan, perdagangan dan investasi, pariwisata dan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, masing-masing bidang nantinya akan dipimpin oleh seorang ketua yang berdasarkan pemetaan potensi dan pertimbangan pengalaman yang dipilih oleh forum.

“Kita jadikan Indonesia-IOLGF ini sebagai moment menguatkan kerjasama antar daerah di dalam negeri untuk lebih eksis dalam kerjasama regional kawasan Samudera Hindia,” pungkasnya. (du)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...
- Advertisement -