Solok, BeritaSumbar.com – Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Fakhrizal M.Hum mendapat kejutan dari Tokoh adat Kota Solok saat berkunjung di kediaman Walikota Solok, Minggu (25/8). Usai menghadiri acara penanggulangan hama tanaman dan pengobatan gratis di Nagari Koto Sani Kabupaten Solok, Tokoh adat Kota Solok yang terdiri dari Ketua LKAAM H. M. Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Bundo Ayang Sitta Novembra, Ketua KAN Kota Solok Ediwarman Dt Imam Marajo Malin Batuah dan pemuka masyarakat lainnya menyambut Irjen Fakhrizal dan Walikota di depan pintu kediaman Walikota Solok.

Irjen Pol Fakhrizal  disambut dengan pengalungan kain sarung oleh Ketua LKAAM Kota Solok sebagai lambang kepercayaan dan ungkapan terima kasih dari tokoh adat kepada Kapolda Sumbar yang sudah berperan sebagai ninik mamak dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat dan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di Sumatera Barat.

Ketua LKAAM mengatakan bahwa pengalungan kain sarung ini syarat dengan makna dan sebagai simbol rasa simpati tokoh adat terhadap sosok Irjen Pol Fakhrizal yang dikenal santun, religius, teladan, nyata-nyata menunjukkan kepedulian dan kecintaan terhadap kelestarian budaya adat minangkabau dan yang terpenting adalah sudah banyak berbuat untuk ranah minang.

Selepas berpelukan dengan Ketua LKAAM Kota Solok, Kapolda Sumbar bersalaman dengan Ketua Bundo Kanduang Kota Solok dengan takzim, gurat kegembiraan dan kebahagiaan terlihat jelas di wajah Ketua Bundo Kanduang atas kedatangan Kapolda Sumbar di Kota Solok.

Kedatangan Kapolda Sumbar di Kota Solok ini sudah sangat dinanti oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Solok ujar Ketua KAN. Kami sangat antusias dan apresiasi, beliau sukses menciptakan situasi keamanan ketertiban masyarakat yang kondusif dan tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri ujar Ketua KAN Kota Solok.

Kedatangan Kapolda Sumbar ini turut didampingi oleh Walikota Solok Zul Elfian, PJU Polda Sumbar, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, Kapolres Solok AKBP Ferry Irawan, Kapolres Sawahlunto AKBP Zamroni Wibowo, PJU Polres Solok Kota dan Para Kepala OPD Pemkot Solok.

Tiba di kediaman Walikota Solok, Kapolda Sumbar melaksanakan sholat ashar berjamaah bersama rombongan dan menikmati hidangan makanan khas Kota Solok. Suasana kerinduan dan kebahagiaan yang membuncah terasa memenuhi seisi ruangan saat Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. H. Fakhrizal M.Hum bercengkerama dan bersilaturahmi di kediaman Walikota Solok sore itu.

Ketua LKAAM H. M. Rusli Khatib Sulaiman dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besar nya terhadap Kapolda Sumbar atas kunjungan ini. Banyak prestasi beliau, berhasil menekan angka kriminalitas di Provinsi Sumbar, Pemilu 2019 berlangsung lancar, situasi kamtibmas Provinsi Sumbar relatif aman dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri sangat tinggi, ujar Ketua LKAAM.

Kata pujian juga dilayangkan kepada Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, dihadapan Kapolda Sumbar, Ketua LKAAM menceritakan pencapaian prestasi Kapolres Solok Kota dalam memimpin jajaran Polres Solok Kota sehingga Polres Solok Kota saat ini dicintai masyarakat dan kecepatan respon dalam melayani masyarakat Kota Solok.

Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Bundo Ayang Sitta Novembra pun menyampaikan dukungan moril terhadap Kapolda Sumbar untuk terus berjuang membangun dan memajukan Provinsi Sumbar, kami seluruh Bundo Kanduang Kota Solok siap membantu dan mendukung Bapak Kapolda Sumbar, ujar Ketua Bundo Kanduang.

Sebagai putra asli daerah minangkabau, sosok Kapolda Sumbar  merupakan figur Polisi Pengayom Masyarakat yang dibutuhkan masyarakat Provinsi Sumbar saat ini, beliau merupakan putra asli daerah kelahiran Kamang Magek Kabupaten Agam. Beliau hadir dan tampil sebagai Polisi Ninik Mamak membuka pintu selebar-lebarnya untuk masyarakat, tempat masyarakat mengadu dan memberikan solusi kepada masyarakat serta menghormati adat istiadat minangkabau, tekan Ketua KAN Kota Solok Ediwarman Dt Imam Marajo Malin Batuah.

Semangat, keteladanan dan kepemimpinan Kapolda Sumbar serasa Mambangkik Batang Tarandam untuk masyarakat Provinsi Sumbar, ujar Walikota Solok dengan mata berbinar.

Di penghujung kunjungan, Kapolda Sumbar mengucapkan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap Tokoh Adat Kota Solok yakni Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang, Ketua KAN Kota Solok, Walikota Solok dan Tokoh pemuka masyarakat lainnya atas sambutan ini.

Sambutan hangat dan kain Sarung Bugih dari Tokoh Adat Kota Solok ini akan selalu terkenang di hati dan menjadi pemacu motivasi semangat untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada Masyarakat ujar Kapolda Sumbar penuh haru.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, Walikota Solok Zul Elfian dan Para Tokoh Adat Kota Solok melepas Kapolda Sumbar beserta rombongan meninggalkan kediaman Walikota Solok kembali ke Kota Padang menjelang petang.

Tokoh Adat Kota Solok dan Walikota Solok tidak henti-hentinya mengungkapkan pujian dan terima kasih atas kepedulian Kapolda Sumbar dan jajaran nya dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. (FRP)

loading...