27 C
Padang
Sabtu, Agustus 13, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Iran: Hamas buat Israel Bertekuk Lutut
I

Kategori -
- Advertisement -

Teheran -Iran menyatakan pasukan militer Palestina, Hamas telah keluar sebagai pemenang dalam konflik berdarah di Gaza sekaligus berhasil memaksa Israel “bertekuk lutut”.

“Rakyat Palestina kini menyambut era baru dengan kemenangan perjuangan yang memaksa rezim Zionis bertekuk lutut,” demikian Kementerian Luar Negeri Iran menyatakan dalam siaran pers yagn dirilis Rabu (27/8).

“Kemenangan ini membuka jalan bagi pembebasan terakhir dari semua perampasan tanah (oleh Israel) terutama di Yerusalem,” tulis Kementerian Luar Negeri sambil mengucapkan selamat terhadap rakyat Palestina dan Hamas.

Setelah tujuh pekan invasi paling berdarah Israel di wilayah Palestina, gencatan senjata jangka panjang akhirnya tercapai pada Selasa, 23.00 WIB. Warga Gaza turun ke jalan untuk merayakan berakhirnya konflik.

Konflik–yang dimulai pada 8 Juli lalu saat Israel memulai Operation Protective Edge untuk menghentikan serangan roket itu–telah menewaskan lebih dari 2.100 warga Palestina sementara dari pihak Israel 64 tentara tewas ditambah enam warga sipil.

PBB memperkirakan bahwa 70 persen korban tewas dari pihak Palestina merupakan warga sipil.

Seorang pejabat Palestina mengatakan bahwa gencatan senjata yang diusulkan oleh Mesir itu akan mengakhiri blokade terhadap Gaza yang diberlakukan Israel selama delapan tahun terakhir.

Pencabutan blokade merupakan salah satu tuntutan utama Palestina dalam perundingan gencatan senjata di Kairo. Hamas sendiri menyatakan bahwa tercapainya kesepakatan itu sebagai “kemenangan gerakan perlawanan.” (rol)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img