28 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Indonesia-India Sepakat Lanjutkan Kerjasama Pertanian
I

Kategori -

NEW DELHI – Indonesia dan India sepakat melanjutkan kerjasama pertanian hingga tahun 2018. Nota kesepahaman (memory of understanding/MoU) kerjasama antarkedua negara ditandatangani Menteri Pertanian Suswono RI dan Menteri Muda Pertanian India Sanjeev K Balayan di New Delhi, Jumat (8/8) petang waktu India.

MoU hasil bilateral meeting itu menyebut kedua negara sepakat melakukan kerjasama bidang penelitian dan penyuluhan, pengembangan teknologi pascapanen dan bioteknologi, pengembangan kerjasama bidang hortikultura, perkebunan dan peternakan.

Mentan Suswono mengakui kerjasama bidang pertanian antara kedua negara sudah berjalan cukup baik selama ini. Perdagangan komoditas pertanian kedua negara juga meningkat dari masa ke masa, terutama sejak 2009 ketika kedua negara sepakat menandatangani MoU.

“Meski belum semua bisa terimplementasi, kami mengapresiasi kerjasama yang sudah terbangun. Untuk itu, kita sepakat untuk memperpanjang kerjasama pertanian sampai tahun 2018 mendatang,” jelas Mentan Suswono.

Ke depan, tambah Suswono, terbuka kesempatan untuk meningkatkan kerjasama sektor ilmu hewan, hortikultura, manajemen sumberdaya alam, mesin pertanian, ilmu dan budidaya tanaman, bioteknologi padi hibrida, serta pemasaran hasil pertanian dan pengembangan agribisnis.

Indonesia Penting Bagi India

Sementara itu Menteri Muda Pertanian India, Sanjeev K Balayan menyatakan, Indonesia merupakan negara penting bagi India.

“Kita sudah lama bekerjasama. Perdagangan kedua negara terus meningkat dari tahun ke tahun,” kata Sanjeev.

Sanjeev mengungkapkan, India banyak mengimpor komoditas perkebunan dari Indonesia, terutama CPO dan turunannya, juga kopi dan lada. Nilai impor komoditas pertanian dari Indonesia sudah lebih dari AS$ 4 miliar per tahun. Sebaliknya, India mengekspor aneka produk pertanian seperti kacang tanah, gandum, kapas, dan lainnya selitar AS$ 1,058 milar.

Sanjeev berharap kerjasama dalam bidang pertanian dengan Indonesia ke depan lebih ditingkatkan. Dan secara khusus, Menmud Pertanian India berharap Indonesia mencabut larangan impor sapi dari India.

Jika Indonesia membuka impor sapi India, pihaknya bisa mengusahakan ekspor gandum ke Indonesia dengan harga lebih murah.

“Silakan Indonesia mengirim tim pakarnya untuk mengkaji dan menilai prosesing daging sapi di India,” kata Sanjeev.

Menurutnya, segala macam persyarataan dan ketentuan mengenai kesehatan dan keamanan pangan sudah diikuti.

Menanggapi permintaan India tersebut Mentan Suswono menyatakan, impor sapi da daging sapi dari Indoia masih terkendala regulasi. Undang-Undang yang berlaku di Indonesia melarang impor sapi dan daging sapi dari negara yang masih terjangkit penyakit tertentu, seperti penyakit kuku dan mulut.

Mentan menegaskan, Indonesia masih menganut sistem country base, bukan zona base atau protection zone. Jadi jika di satu daerah di negara tersebut masih ada penyakit kuku dan mulutnya dianggap negara tersebut belum bebas penyakit mulut dan kuku. UU di Indonesia melarang sapi dan daging sapi dari negara tersebut masuk Indonesia.

India masuk kategori negara yang belum bebas penyakit mulut dan kuku, sehingga Indonesia tidak dapat menerima sapi dan daging sapi dari India. (rfk/tajuk)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -