30 C
Padang
Senin, April 12, 2021
Beritasumbar.com

Indonesia-India Sepakat Lanjutkan Kerjasama Pertanian
I

Kategori -

NEW DELHI – Indonesia dan India sepakat melanjutkan kerjasama pertanian hingga tahun 2018. Nota kesepahaman (memory of understanding/MoU) kerjasama antarkedua negara ditandatangani Menteri Pertanian Suswono RI dan Menteri Muda Pertanian India Sanjeev K Balayan di New Delhi, Jumat (8/8) petang waktu India.

MoU hasil bilateral meeting itu menyebut kedua negara sepakat melakukan kerjasama bidang penelitian dan penyuluhan, pengembangan teknologi pascapanen dan bioteknologi, pengembangan kerjasama bidang hortikultura, perkebunan dan peternakan.

Mentan Suswono mengakui kerjasama bidang pertanian antara kedua negara sudah berjalan cukup baik selama ini. Perdagangan komoditas pertanian kedua negara juga meningkat dari masa ke masa, terutama sejak 2009 ketika kedua negara sepakat menandatangani MoU.

“Meski belum semua bisa terimplementasi, kami mengapresiasi kerjasama yang sudah terbangun. Untuk itu, kita sepakat untuk memperpanjang kerjasama pertanian sampai tahun 2018 mendatang,” jelas Mentan Suswono.

Ke depan, tambah Suswono, terbuka kesempatan untuk meningkatkan kerjasama sektor ilmu hewan, hortikultura, manajemen sumberdaya alam, mesin pertanian, ilmu dan budidaya tanaman, bioteknologi padi hibrida, serta pemasaran hasil pertanian dan pengembangan agribisnis.

Indonesia Penting Bagi India

Sementara itu Menteri Muda Pertanian India, Sanjeev K Balayan menyatakan, Indonesia merupakan negara penting bagi India.

“Kita sudah lama bekerjasama. Perdagangan kedua negara terus meningkat dari tahun ke tahun,” kata Sanjeev.

Sanjeev mengungkapkan, India banyak mengimpor komoditas perkebunan dari Indonesia, terutama CPO dan turunannya, juga kopi dan lada. Nilai impor komoditas pertanian dari Indonesia sudah lebih dari AS$ 4 miliar per tahun. Sebaliknya, India mengekspor aneka produk pertanian seperti kacang tanah, gandum, kapas, dan lainnya selitar AS$ 1,058 milar.

Sanjeev berharap kerjasama dalam bidang pertanian dengan Indonesia ke depan lebih ditingkatkan. Dan secara khusus, Menmud Pertanian India berharap Indonesia mencabut larangan impor sapi dari India.

Jika Indonesia membuka impor sapi India, pihaknya bisa mengusahakan ekspor gandum ke Indonesia dengan harga lebih murah.

“Silakan Indonesia mengirim tim pakarnya untuk mengkaji dan menilai prosesing daging sapi di India,” kata Sanjeev.

Menurutnya, segala macam persyarataan dan ketentuan mengenai kesehatan dan keamanan pangan sudah diikuti.

Menanggapi permintaan India tersebut Mentan Suswono menyatakan, impor sapi da daging sapi dari Indoia masih terkendala regulasi. Undang-Undang yang berlaku di Indonesia melarang impor sapi dan daging sapi dari negara yang masih terjangkit penyakit tertentu, seperti penyakit kuku dan mulut.

Mentan menegaskan, Indonesia masih menganut sistem country base, bukan zona base atau protection zone. Jadi jika di satu daerah di negara tersebut masih ada penyakit kuku dan mulutnya dianggap negara tersebut belum bebas penyakit mulut dan kuku. UU di Indonesia melarang sapi dan daging sapi dari negara tersebut masuk Indonesia.

India masuk kategori negara yang belum bebas penyakit mulut dan kuku, sehingga Indonesia tidak dapat menerima sapi dan daging sapi dari India. (rfk/tajuk)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Indonesia Records Rilis 3 Versi Lagu ‘Bahagia Untukmu’ dari Rara Zen, Luddy Roos, dan Nay X Zul

Indonesia Records akan mengukir sejarah baru di industri musik Indonesia. Label musik tersebut merilis lagu Bahagia Untukmu karya Bagus Aryanto, Musisi asal Kota Malang, Jawa Timur. Lagu tersebut dirilis secara serentak dalam 3 versi pada 23 April 2021 di platform YouTube dan digital musik stores.
- Advertisement -

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Optimalkan Pelaksanaan Pembangunan Tahun 2021, Pemko Payakumbuh Lakukan Monev.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bagian Pengadan Barang Jasa Administrasi Pembangunan (PBJ Dalbang) Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) Triwulan I terhadap pelaksanaan dan pelaporan kegiatan pembangunan tahun 2021 di pemerintahan Kota Payakumbuh, Selasa(6/4).
- Advertisement -

Dibantu Personil Polres, Petugas Lapas Sijunjung Gelar Razia Narkoba Di Sel Tahanan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Pelaksanaan Razia gabungan Anggota Polres dan anggota Lapas di Kelas ll B Muaro Sijunjung, yang dimulai pukul 20.00 WIB, berjalan lancar dan sukses, kata Kalapas B.O.Situngkir, di Muaro Sijunjung, Selasa (6/4).

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...
- Advertisement -