28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Imajinasi Dan Mimpi
I

Kategori -

BeritaSumbar.com,-Imajinasi dan mimpi. Dua kata yang tentunya mempunyai makna yang sama. Imajinasi adalah daya pikir yang membayangkan atau menciptakan suatu gambaran kejadian berdasarkan angan-angan atau pengalaman seseorang. Dengan maksud lain, imajinasi adalah khayalan seseorang yang diinginkan. Imajinasi akan membentuk segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita. Sedangkan mimpi adalah impian atau suatu khayalan yang ingin diciptakan. Artinya, imajinasi dan mimpi adalah khayalan yang sama sama diciptakan.

Seseorang dapat menggunakan imajinasi dengan daya imajinasi. Maksudnya adalah jika kita sedang membentuk imajinasi kita, maka itulah yang akan terjadi dalam hidup kita. Misalnya, jika kita membayangkan dalam pikiran kita bahwa kita punya kehidupan yang jauh lebih baik, pendidikan yang bagus, atau hal lainnya. Maka itulah yang akan terjadi dalam hidup kita. Namun jika kita membayangkan hal-hal yang negatif, maka itu pula yang akan terjadi dalam hidup kita. Begitu pula dengan mimpi.

Mimpi atau impian adalah suatu hal yang diciptakan dengan alat indera dan kemudian berimajinasi dengan otak. Lebih tepatnya mimpi bisa dikatakan sebagai cita-cita yang harus diwujudkan. Mimpi dan imajinasi mempunyai hubungan yang saling berkaitan. Mimpi lebih mengarah pada apa, mengapa, kapan dan bagaimana cara menuju kesana dengan mengimajinasikan dalam rangakaian peristiwa sehari-hari. Misalnya, ketika impian kita adalah kuliah dan menginginkan gelar sarjana dan cumlaude, maka kita harus rajin belajar.

Perlu kita ketahui juga, bahwa imajinasi belum tentu terjadi dalam hidup kita. Karena bagaimanapun harus ada pengaplikasiannya secara khusus, dan apa yang kita bayangkan atau yang kita angan-angan kan tidak akan terjadi secara mendadak dalam hidup kita  saat itu. Karena sebenarnya kita hidup dalam waktu tunda. Misalnya, kita berkhayal bahwa kita berdoa kepada Tuhan diwaktu sholat diberikan uang 10 jt, maka tidak mungkin Tuhan langsung menurunkan uang tersebut dalam waktu sedetik dihadapan kita.

Sebenarnya jika kita berani berimajinasi dan bermimpi akan merubah kehidupan kita. Bayangkan apa yang kita inginkan secara continue dan rasakan seolah-olah itu terjadi. Jika kita bisa memelihara imajinasi tersebut secara continue dalam pikiran kita, maka semua gambaran tersebut akan terjadi dengan cara yang mungkin tidak kita mengerti.  Artinya adalah segala imajinasi dan mimpi kita akan terjadi melalui proses yang kita lalui. Mimpi adalah hal yang tampak jelas dan dekat untuk diwujudkan, dan segalanya hanya tentang waktu. Sedangkan imajinasi adalah khayalan yang angan-angan tergambar jelas namun kapan dan bagaimana terwujudkan belum jelas.

Demikianlah apa yang selalu kita bayangkan dengan penuh keyakinan akan mencari jalan sendiri untuk menjelma menjadi kenyataan.  Namun sangat disayangkan kebanyakan manusia lebih banyak membayangkan berbagai keburukan dan kesulitan didalam hidupnya.  Pikiran mereka disibukan  dengan berbagai problem dan masalah yang dihadapinya, serta  tidak pernah berhenti mengeluh. Tanpa mereka sadari apa yang selalu membayang dan menghantui pikiran mereka itu akan menjelma didalam kehidupan mereka dengan cara yang tidak mereka pahami. Tidak peduli apakah yang kita bayangkan itu baik atau buruk bagi kita.

Penulis : Ukhti Khairani, Mahasiswa Psikologi Islam Semester 3, UIN IMAM BONJOL Padang

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.
- Advertisement -