Foto: Salah satu Kelompok Peserta Lomba Masak Rendang dari warga Villa Mahameru, Kelurahan Kuranji, Kota Padang. (Dokumentasi: Muhammad Fadhli)

Beritasumbar.com, PADANG – Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke 71 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, dimeriahkan dengan lomba masak Rendang yang digelar oleh Pengurus RT.08, RW.3, Kelurahan Kuranji, bekerjasama dengan Ikatan Anak Nagari Kelok Kuranji. Acara digelar pada hari Rabu, 17 Agustus 2016 di Lapangan Kelok, Kelurahan Kuranji.

“Ini tahun pertama saya menjabat sebagai Ketua RT.08, RW.3 Kelurahan Kuranji. Saya ingin menyatukan keanekaragaman warga agar tidak ada lagi perbedaan yang tercipta di tengah warga. Tidak ada lagi warga pribumi dan warga pendatang. Lomba Masak Rendang pada salah satu acara pada Perayaan HUT RI ke 71 yang kami laksanakan ini, semoga jadi momen yang tepat untuk semakin mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan kita sebagai masyarakat di bawah naungan NKRI bagi seluruh warga,’ kata Rusli, Ketua RT.08, RW.3, Kelurahan Kuranji, Kota Padang ini, yang juga sebagai penanggungjawab pada pelaksanaan perayaan ini.

Rusli juga menambahkan, Lomba Masak Rendang ini juga adalah salah satu cara untuk pelestarian dan promosi kuliner asli Minangkabau, meskipun Rendang sudah ditetapkan sebagai masakan terlezat di dunia, berdasarkan Survei CNN.

“Lomba masak Rendang ini diikuti oleh empat grup, yang dibentuk sendiri oleh warga dan setiap grup terdiri dari 5 orang. Sebagai juri kami minta kesediaan Ketua RT kami, Pemuka Masyarakat dan Ketua Anak Nagari Kelok Kuranji. Dan penilaian berdasarkan pada empuknya daging dan rasa,” kata Rustam Efendi, Koordinator pada Lomba Masak Rendang ini, ketika kami wawancarai saat lomba berlangsung, (17/08/2016).

Selain Lomba Masak Rendang, di RT ini juga digelar lomba: Sepak Bola Ria, Pacu Makan Kerupuk, Pacu Sendok Kelereng dan Panjat Pinang. Perayaan juga dimeriahkan dengan Layar Tancap yang memutar film perjuangan, dan rangkaian acara perayaan akan ditutup dengan Malam Hiburan.

“Dewasa ini, warga sudah jarang memasang bendera Merahputih di depan rumahnya saat peringatan Hari Proklamasi. Karena situasi ini, kami melakukan gebrakan dengan mengadakan Lomba Pemasangan Bendera Merahputih. Bagi warga yang memasang bendera Merahputih di depan rumahnya dan paling bagus menghiasi rumahnya dengan aksesoris HUT Kemerdekaan RI 71 serta menjaga kebersihan rumah dan halaman rumahnya akan kami beri penghargaan dan hadiah. Semoga gebrakan ini semakin dapat membangkitkan rasa Nasionalisme dan mendukung himbauan Pemerintah terkait pemasangan bendera ” kata Rusli yang ikut menyaksikan pelaksanaan lomba. (*)

loading...