31 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Hujan Dua Hari, Ompang Tanah Sirah Terendam Banjir
H

Kategori -
- Advertisement -

Hujan yang berkepanjangan selama dua hari, Minggu dan Senin (7-8/2), di Payakumbuh, membuat kawasan Tanjung Anau di Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara, jadi banjir. Air Batang Sinamar meluap dan naik kesebagian  rumah penduduk. Tak ada korban jiwa dalam musibah banjir ini.

Hingga pukul 16. 00 sore, air masih kelihatan bergerak naik hingga paha dewasa. Puluhan warga yang rumahnya sudah terendam banjir, sudah dievakuasi, diungsikan di rumah warga dan  di SD kelurahan setempat.

Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis langsung memimpin usaha antisipatif penyelematan korban. Dinas Sosial dan Tenaga Kerja sudah menyiapkan dapur umum di Tanjung Anau. Begitu juga
Badan Penanggulangan Bencana Daeràh (BPBD), sudah memasang tenda untuk posko penanggulangan banjir.

Keterangan Sekdako H, Benni Warlis,  hingga Senin  sore, sudah tercatat 20 rumah yang sudah terendam. Sementara, 70 rumah lainnya, berpotensi terendam banjir, mengingat air yang terus naik. Sementara itu, dilaporkan sekitar 100 hektar sawah yang padinya siap panen, rusak dan  gagal panen. Sedangkan 200 hektar sawah lainnya yang baru saja ditanami padi juga rusak,

Walikota Payakumbuh H. Riza Falapi  dan Kapolresta AKBP Yuliani, SH, ikut  datang ke lokasi banjir,  menyaksikan dari dekat warga yang rumahnya sudah terendam air. Walikota  memerintahkan SKPD terkait, untuk siaga penuh di lokasi banjir. Melakukan tindakan antisipatif, jika musibah banjir terus meluas. “Saya minta, pimpinan SKPD tetap memantau dan tidak meninggalkan lokasi banjir,” ucapnya.

Di lokasi banjir, di Tanjung Anau, Camat Payakumbuh Utara, Novriwandi bersama lurah, ikut mengevakuasi warga yang terjebak banjir. Pihak Dinkes juga sudah menyiapkan posko P3K dan   obat-obatan buat warga terkena musibah banjir.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img