26.1 C
Padang
Saturday, September 19, 2020

Hearing dengan Komisi II DPRD, KONI 50 Kota Sampaikan Kebutuhan Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi dan kebutuhan pembinaan prestasi seluruh cabang olahraga kepada Komisi II DPRD Lima Puluh Kota, Senin (30/12) siang.

Penyampaian aspirasi tersebut dikemas dalam kegiatan hearing bersama Komisi II di ruang rapat pimpinan gedung DPRD Limapuluh Kota. Selain pengurus KONI yang dipimpin, Davis Emha, pertemuan terbatas tersebut juga dihadiri para pengurus cabang olahraga.

Pengurus KONI dan cabang olahraga diterima langsung Sekretaris Komisi II, Khairul Apit bersama anggota, Wisron Hadi. Kepada Komisi II yang mengurus bidang olah raga, pengurus KONI sempat menyampaikan berbagai aspirasinya.

“Jika kita flashback kembali, terkait raihan prestasi Kabupaten Limapuluh Kota, sejak Porprov 2012 hingga Porprov 2018 lalu, prestasi kita (Lima Puluh Kota) masih bertahan di angka lima besar Sumbar,” kata Ketua Umum KONI Limapuluh Kota, Davis Emha, dalam penyampaiannya.

KONI bersama segenap unsur yang membantu bidang olah raga, tambah Davis, terus berusaha memberi dukungan pembinaan kepada seluruh atlit pada 36 cabang olahraga. Terutama dalam hal fasilitasi latihan, perlengkapan, serta kegiatan iven-iven bagi atlit berprestasi.

Tercatat sebanyak 11 cabang olah raga terbukti memberikan kontribusi perolehan medali dalam iven olahraga Provinsi maupun Kejurnas. Kendati demikian, tambah Davis, masih banyak cabang olah raga kurang mendapat perhatian dari KONI, akibat alasan keterbatasan anggaran.

“Apalagi tahun 2020, informasi yang kami terima, anggaran pembinaan KONI, yang ditetapkan di APBD 2020 sebesarRp800 juta dari Rp2,5 miliar dana pembinaan yang kami ajukan. Kondisi ini kami khawatirkan, bisa menggeser capaian prestasi pada Porprov mendatang,” tambah Davis.

Davis berharap, DPRD bersama pemerintah daerah mau memberikan sedikit perhatian dalam pembangunan bidang olah raga. Mengingat, Limapuluh Kota sangat kaya dan merupakan gudang atlit berprestasi yang berpotensi meraih juara dan prestasi.

Menanggapi aspirasi KONI, Sekretaris Komisi II, Khairul Apit menyebut, DPRD khususnya Komisi II bakal menindaklanjuti seluruh masukan yang disampaikan para pegiat olah raga. Ketua Fraksi Partai Gerindra tersebut mengaku, olahraga menjadi salah satu bidang pembangunan yang musti diperjuangkan.

“Segala konsekwensi terutama pendanaan dan anggaran ini akan kami jadikan masukan, untuk dibahas bersama Badan Anggaran (Banggar). Jika memang tidak sesuai kebutuhan, tentu perlu ditambah sesuai angka yang rasional. Ini kita tindaklanjuti,” tutur Khairul Apit.

Menurutnya, pemerintah daerah, DPRD serta para pegiat olahraga terutama KONI bersama pengurus cabang olahraga perlu menentukan sikap dan komitmen terkait program dan anggaran menghadapi Porprov 2020 mendatang. Ia juga meminta KONI menginventarisir seluruh kebutuhan peralatan hingga latihan seluruh cabang olahraga.

“Minimal, kita usahakan melengkapi dan harus kita perhatikan. Agenda serta program pembinaan juga harus jelas, supaya kami bisa memberi masukan dan pertimbangan kepada Banggar dan pemerintah daerah. Keberlangsungan pembangunan olahraga, ini tanggung jawab kita bersama,” tutur Khairul Apit. (humas KONI)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Balai Besar TNKS, Bentuk Masyarakat Peduli Api di Pessel

Pesisir Selatan,-Bentuk upaya pencegahan dan penangulangan kebakaran hutan, serta lahan khususnya didalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ( TNKS), Taman Nasional Wilayah II...

Happy Neldi Siap Dampingi Refrizal Pimpin Padang Pariaman

Padang Pariaman.beritasumbar.com, Suhu demokrasi daerah Kabupaten Pariaman semakin berhembus meskipun baru diawali dengan tahapan pendaftaran bakal calon yang diterima KPU (Komisi Pemilihan...

MDTA Kiliran Jao Terima Bantuan Dari Andre Rosiade

Sijunjung, Berita Sumbar-- Anggota DPR dari fraksi Gerindra Andre Rosiade memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) senilai 2 juta dan 8 juta...

KPU Kota Payakumbuh Tetapkan DPS Kota Payakumbuh

Payakumbuh - Setelah dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang dimulai sejak tanggal 15/07 lalu, Kamis (10/09) Komisi Pemiliha Umum (KPU)...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Heli Chinook Antarkan Bantuan BNPB Mendarat di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,-Helikopter Chinook CH-47D dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendarat di Lapangan Gor Singa Harau, pada Senin (15/9).

Widya Putra Ingatkan ASN Tak Langgar Prokes

Limapuluh Kota, .-Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) menyusul semakin meningkatnya kasus Covid-19 sejak beberapa waktu belakangan. Aparatur Sipil...

Ketua PODSI Limapuluh Kota Tinjau Atlit Latihan Di Batang Sinama

Limapuluh kota,- Sabtu 12/9 atlit dayung kabupaten Limapuluh Kota gelar latihan di aliran batang Sinama Nagari Taram kecamatan Harau. Latihan kali ini...

LSM Pekat Limapuluh Kota Goro Bersihkan Jalan Menuju Surau Suluak Di Ketinggian Sarilamak

Limapuluh Kota Kota - LSM Pekat Limapuluh Kota Kota melaksanakan gotong royong di jalan menuju ke surau Suluk Syeikh Mulia di Ketinggian...
- Advertisement -