27 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

Hari Ini Radio SRV Pengimbang Propaganda Belanda Berumur 82 Tahun
H

Kategori -

1 April selalu punya cap sebagai “April Mop” oleh masyarakat saat ini. Tanggal di mana kejadian-kejadian yang ternyata ‘hoax’ tersebar. Tapi lahirnya SRV (Solosche Radio Vereniging) pada 1 April 81 tahun silam bukan hoax, melainkan cikal bakal RRI (Radio Republik Indonesia) itu nyata sebagai corong proklamasi kemerdekaan Indonesia demi mendapat pengakuan dunia.

SRV memang bukan stasiun radio pertama yang ada di Indonesia. Tapi SRV yang lahir di Solo pada 1 April 1933, merupakan radio pribumi pertama di era kolonialisme Hindia-Belanda.

Tak seperti NIROM (Nederlandsch Indische Radio Omroep Masstchapij) yang selalu menyuarakan propaganda Belanda, SRV justru menyiarkan kebalikannya dan terutama, sebagai corong untuk menyulut kemerdekaan Indonesia.

SRV didirikan Praja Mangkunegaran VII bersama Ir. Sarsito Mangunkusumo. Sedikit unik soal bagaimana SRV bisa berdiri, lantaran awalnya, mereka disubsidi NIROM. Tapi lantaran beberapa siaran yang bikin ‘gatal’ telinga orang Belanda, NIROM mencabut subsidi tersebut.

“Siaran Ketimuran seluruhnya akan dikuasai oleh NIROM sendiri,” bunyi berita dari NIROM pada 1936.

Ketika Perang Dunia II pecah, SRV direformasi oleh pemerintah pendudukan Jepang, menjadi Solo Hoso Kyoku dan diharuskan tunduk pada kebijakan serta propaganda Jepang.

Pun begitu, bukan berarti spirit mereka untuk terus mengobarkan rasa kebangsaan luntur. Di bawah pimpinan R. Maladi, mereka sering menyiarkan lagu-lagu bernuansa perjuangan, seperti “Ayak-ayakan Kaloran” dan gending “Puspawarna”.

Tapi kemudian, R. Maladi pun sering dipanggil pemerintah pendudukan Jepang akibat siaran-siaran SRV itu. Adapun pasca-pendudukan Jepang berakhir, SRV jadi corong penyiaran kemerdekaan Indonesia ke dunia luar.

Demi mencegah direbutnya SRV di Solo oleh sekutu dan Belanda yang ingin kembali menguasai Indonesia, SRV yang berganti nama menjadi RRI pada 11 September 1945, memindahkan sejumlah perangkat ke Desa Balong, Karanganyar, Jawa Tengah.

Dari situlah berita kemerdekaan ditransmisikan menuju Bukittinggi, Sumatera Barat dan kemudian ke Aceh. Dari negeri Serambi Mekah itu, berita kemerdekaan Indonesia bisa terdengar sampai ke Singapura, India dan kemudian PBB.

Berita-berita tentang perlawanan militer dan rakyat Indonesia terus bisa disiarkan, kendati terdapat beberapa upaya pembungkaman dari Belanda. Contohnya pada 25 November 1945, di mana sekutu mencoba membom markas RRI di Solo. Beruntung, saat itu R. Maladi sudah memindahkan markas RRI ke Tawangmangu.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

Angka Positif Covid-19 Naik Lagi Di Kalangan Guru, Pemko Payakumbuh Gencar Sidak Sekolah

Masih didominasi tenaga pendidik, Payakumbuh terus mendapatkan peningkatan kasus positif Covid-19. Prediksi dinas kesehatan setempat akan terus bertambah, karena saat ini baru setengah dari target 3600 guru dan tenaga pendidik yang dites swab.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...
- Advertisement -

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.
- Advertisement -