24.8 C
Padang
Jumat, April 23, 2021
Beritasumbar.com

Hari Ini Radio SRV Pengimbang Propaganda Belanda Berumur 82 Tahun
H

Kategori -

1 April selalu punya cap sebagai “April Mop” oleh masyarakat saat ini. Tanggal di mana kejadian-kejadian yang ternyata ‘hoax’ tersebar. Tapi lahirnya SRV (Solosche Radio Vereniging) pada 1 April 81 tahun silam bukan hoax, melainkan cikal bakal RRI (Radio Republik Indonesia) itu nyata sebagai corong proklamasi kemerdekaan Indonesia demi mendapat pengakuan dunia.

SRV memang bukan stasiun radio pertama yang ada di Indonesia. Tapi SRV yang lahir di Solo pada 1 April 1933, merupakan radio pribumi pertama di era kolonialisme Hindia-Belanda.

Tak seperti NIROM (Nederlandsch Indische Radio Omroep Masstchapij) yang selalu menyuarakan propaganda Belanda, SRV justru menyiarkan kebalikannya dan terutama, sebagai corong untuk menyulut kemerdekaan Indonesia.

SRV didirikan Praja Mangkunegaran VII bersama Ir. Sarsito Mangunkusumo. Sedikit unik soal bagaimana SRV bisa berdiri, lantaran awalnya, mereka disubsidi NIROM. Tapi lantaran beberapa siaran yang bikin ‘gatal’ telinga orang Belanda, NIROM mencabut subsidi tersebut.

“Siaran Ketimuran seluruhnya akan dikuasai oleh NIROM sendiri,” bunyi berita dari NIROM pada 1936.

Ketika Perang Dunia II pecah, SRV direformasi oleh pemerintah pendudukan Jepang, menjadi Solo Hoso Kyoku dan diharuskan tunduk pada kebijakan serta propaganda Jepang.

Pun begitu, bukan berarti spirit mereka untuk terus mengobarkan rasa kebangsaan luntur. Di bawah pimpinan R. Maladi, mereka sering menyiarkan lagu-lagu bernuansa perjuangan, seperti “Ayak-ayakan Kaloran” dan gending “Puspawarna”.

Tapi kemudian, R. Maladi pun sering dipanggil pemerintah pendudukan Jepang akibat siaran-siaran SRV itu. Adapun pasca-pendudukan Jepang berakhir, SRV jadi corong penyiaran kemerdekaan Indonesia ke dunia luar.

Demi mencegah direbutnya SRV di Solo oleh sekutu dan Belanda yang ingin kembali menguasai Indonesia, SRV yang berganti nama menjadi RRI pada 11 September 1945, memindahkan sejumlah perangkat ke Desa Balong, Karanganyar, Jawa Tengah.

Dari situlah berita kemerdekaan ditransmisikan menuju Bukittinggi, Sumatera Barat dan kemudian ke Aceh. Dari negeri Serambi Mekah itu, berita kemerdekaan Indonesia bisa terdengar sampai ke Singapura, India dan kemudian PBB.

Berita-berita tentang perlawanan militer dan rakyat Indonesia terus bisa disiarkan, kendati terdapat beberapa upaya pembungkaman dari Belanda. Contohnya pada 25 November 1945, di mana sekutu mencoba membom markas RRI di Solo. Beruntung, saat itu R. Maladi sudah memindahkan markas RRI ke Tawangmangu.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Hadiri Vaksinasi Kedua, Wawako Erwin Yunaz Ajak Warga Selalu Patuhi Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilaksanakan vaksinasi covid-19 pertama pada tanggal 23 Maret 2021 yang langsung disaksikan oleh walikota Riza Falepi, tepat pada hari Selasa (20/4/2021) kembali dilaksanakan proses vaksinasi kedua yang bertempat di gedung Himpunan Bersatu Teguh (HBT), kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap

Di Pimpin Dandim, Tim Safari Ramadhan Padang Pariaman Kunjungi Mushola At Taubah

Padang Pariaman, beritasumbar.com, Hari pertama pelaksanaan SR (Safari Ramadhan) Kabupaten Padang Pariaman secara serentak dilepas keberangkatannya menuju Masjid dan Mushola yang telah ditetapkan yang tersebar di 17 Kecamatan yang ada di Padang Pariaman.
- Advertisement -

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Chairul Anwar Kunjungi Balai Wartawan Luak Limopuluah

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pilkada Kota Payakumbuh tidak jadi dihelat tahun depan. Pilkada Serentak baru akan digelar tahun 2024 mendatang. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat para kandidat yang ingin maju di pilkada Kota Payakumbuh mendatang untuk sosialisasi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...
- Advertisement -