26 C
Padang
Sabtu, September 18, 2021
Beritasumbar.com

Genius Umar Tandatangani MoU dengan Poltekpel Sumbar.
G

Kategori -

Pariaman,beritasumbar.com. Dalam Rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia di bidang Pelayaran Pemerintahan Kota Pariaman jalin kerjasama dengan Poltekpel Sumbar untuk pengembangan Kemaritiman dan Pelayaran.

Kerjasama ini dibuktikan dengan Momerandum of Understanding yang di sepakati oleh Pemko Pariaman dan Poltekpel Sumbar / Politeknik Pelayaran Sumatera Barat dan di tanda tangani lansung oleh Direktur Poltekpel Rivolindo dan Wali Kota Pariaman Genius Umar diruang Kerjanya Selasa, 27/2.

“Kerjasama ini merupakan sebuah sederiusan dan bukti Pemko Pariaman konsen dengan pendidikan terutama dalam peningkatan dibidang Pelayaran yang mengacu kepada program strategis Kota Pariaman yang tertuang dalam RPJMD 2019-2023 dengan program satu keluarga satu sarjana .

Melalui program Satu Rumah Satu Sarjana yang sudah dimulai sejak tahun 2018 yang lalu, selain kerjasama dengan Poltekpel Sumbar, Pemko Pariaman juga telah menjalin kerjasama MoU dengan Politeknik Negeri Padang (PNP) dan Politeknik ATI Padang .

Pada tahun 2019 ini ada beberapa mahasiswa kurang mampu yang sedang menempuh pendidikan di PNP dan Politeknik ATI Padang yang biaya pendidikannya ditanggung oleh Pemko Pariaman sampai tamat.

Disamping itu, lanjut genius, ada sekitar 600 (enam ratus) orang masyarakat atau nelayan yang dikirim untuk mengikuti diklat keterampilan laut (short course) di Poltekpel Sumbar ini dan insyaallah akan menyusul 200 (dua ratus) orang lagi pada bulan ini.

“Berarti ada sekitar 800 (delapan ratus) orang nelayan dan pemuda Kota Pariaman yang dikirim untuk mengikuti pelatihan di Poltekpel Sumbar, ini merupakan suatu kesempatan yang sangat baik bagi masyarakat Kota Pariaman”, ungkapnya.

Genius berharap semoga dengan kerjasama MoU antara Pemko Pariaman dengan Poltekpel Sumbar ini dapat menjadi solusi dalam mengurangi angka pengangguran, meningkatkan produktiftas serta kesejahteraan masyarakat di Kota Pariaman.

Sementara itu, Direktur Poltekpel Sumbar Rivolindo mengatakan bahwa keberadaan Poltekpel Sumbar ini merupakan wujud dari kepedulian pemerintahan pusat untuk membangun daerah.
“Poltekpel Sumbar mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan di Bidang Pelayaran pada jenjang pendidikan dan pelatihan kelautan tingkat dasar dan menengah sesuai standar dan ketentuan peraturan perundang-undangan”, terangnya.

Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 05 Tahun 2018 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat merupakan unit pelaksanan teknis di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.

Ia juga menambahkan bahwa ada beberapa hal yang akan kita lakukan, dalam waktu dekat, pemerintahan pusat akan melakukan sosialisasi tentang pendaftaran taruna se-Indonesia dan untuk Poltekpel Sumbar sendiri mendapat jatah sebanyak 100 orang (taruna).

“Poltekpel Sumbar ini bukan sekolah militer tapi sipil akan tetapi pola pendidikannya membentuk kedisiplinan dan kekuatan mental, karena untuk menjadi pelaut kalau tidak disiplin dan bermental kuat baru setengah hari berlayar nanti sudah minta pulang”, kata dia.
Ia berharap semoga pemerintah daerah khsusunya Pemko Pariaman bisa membaca peluang apa saja yang bisa dimanfaatkan dari kerjasama ini, semoga terwujud SDM masyarakat di Kota Pariaman yang sejahtera.

“Sesuai dengan visi dan misi Poltekpel Sumbar ialah mewujudkan SDM di bidang pelayaran yang unggul, profesional, benilai tambah dan berkarakter”, tutupnya. (Syamsul)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wujudkan Keluarga Samawa, 30 Pasang Catin Ikuti Bimwin

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan materi Pembinaan dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin (Bimwin Catin) untuk mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Hotel Muhammadiyah A. Muin Saidi Kota Padang Panjang, Senin (13/09/2021)
- Advertisement -

Matangkan Persiapan MTQ, Panitia Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga pimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi Persiapan MTQ Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 di Hall Lantai III Balaikota Padang Panjang, Rabu (15/09/2021)

Sonsong Porprov 2022 , KONI 50 Kota Akan Gelar Rakor

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Meski pun Pekan Olahraga Propinsi (Porpov) Sumatera Barat akan ditabuh tahun 2022 mendatang, namun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota sudah memasang ancang-ancang untuk bisa tampil sukses pada ajang olahraga dua tahunan yang akan dilaksanakan di Kota Pariaman 2022 mendatang.
- Advertisement -

Gubernur Mahyeldi Instruksikan Percepatan Pembangunan TPA Regional Payakumbuh

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Menindaklanjuti over capacity yang dialami Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh, Gubernur Mahyeldi tengah mempersiapkan eksekusi perluasan sell landfill baru guna memenuhi kebutuhan penampungan dan pengolahan sampah.

Hampir Dipastikan Peternak Ayam Petelur Kabupaten Tanah Datar Gagal Bayar Kredit Bank

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Situasi harga pakan yang tinggi dan anjloknya harga jual telur, membuat para peternak di Kabupaten Tanah Datar hampir dipastikan gagal dalam pembayaran cicilan kredit Bank.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tim Mata Elang Polres Pariaman Ringkus Pelaku Narkoba

Pariaman,BeritaSumbar.com,- Tim Opsnal Mata Elang Satuan Reserse Narkoba (Sat ResNarkoba) Polres Pariaman kembali berhasil meringkus salah seorang pelaku yang diduga pengedar penyalahgunaan narkoba. Pelaku tersebut inisial HF (42) ditangkap di TKP Perumahan Lenefa Kelurahan Ujung Batung, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Pada Jumat 3/9/2021 sekira pukul 19:00 WIB.

Tim Opsnal Mata Elang Sat Resnarkoba Polres Pariaman Bekuk 2 Orang Pelaku Narkoba

Pariaman,BeritaSumbar.com,- Tim Opsnal Mata Elang Sat Resnarkoba Polres Pariaman berhasil membekuk dua orang yang diduga penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Dua pelaku tersebut inisial MF (36) ditangkap di Kampung Tanjung, Kudu Ganting, Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman dan inisial A (44) ditangkap di Korong Silangkung, Nagari Lurah Ampalu, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman, Pada Selasa 10/8/2021 sekira pukul 01:00 WIB.

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Tim Mata Elang Ringkus 2 Orang Yang Diduga Pelaku Narkoba

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Tim Opsnal Mata Elang Sat Resnarkoba Polres Pariaman kembali berhasil meringkus dua orang yang diduga pengedar penyalahgunaan narkoba jenis sabu di TKP Pasir Lohong, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Pada Kamis 15/7/2021 sekira pukul 20:00 WIB.

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.
- Advertisement -