27.7 C
Padang
Sunday, September 20, 2020

Genius Umar Tandatangani MoU dengan Poltekpel Sumbar.

Pariaman,beritasumbar.com. Dalam Rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia di bidang Pelayaran Pemerintahan Kota Pariaman jalin kerjasama dengan Poltekpel Sumbar untuk pengembangan Kemaritiman dan Pelayaran.

Kerjasama ini dibuktikan dengan Momerandum of Understanding yang di sepakati oleh Pemko Pariaman dan Poltekpel Sumbar / Politeknik Pelayaran Sumatera Barat dan di tanda tangani lansung oleh Direktur Poltekpel Rivolindo dan Wali Kota Pariaman Genius Umar diruang Kerjanya Selasa, 27/2.

“Kerjasama ini merupakan sebuah sederiusan dan bukti Pemko Pariaman konsen dengan pendidikan terutama dalam peningkatan dibidang Pelayaran yang mengacu kepada program strategis Kota Pariaman yang tertuang dalam RPJMD 2019-2023 dengan program satu keluarga satu sarjana .

Melalui program Satu Rumah Satu Sarjana yang sudah dimulai sejak tahun 2018 yang lalu, selain kerjasama dengan Poltekpel Sumbar, Pemko Pariaman juga telah menjalin kerjasama MoU dengan Politeknik Negeri Padang (PNP) dan Politeknik ATI Padang .

Pada tahun 2019 ini ada beberapa mahasiswa kurang mampu yang sedang menempuh pendidikan di PNP dan Politeknik ATI Padang yang biaya pendidikannya ditanggung oleh Pemko Pariaman sampai tamat.

Disamping itu, lanjut genius, ada sekitar 600 (enam ratus) orang masyarakat atau nelayan yang dikirim untuk mengikuti diklat keterampilan laut (short course) di Poltekpel Sumbar ini dan insyaallah akan menyusul 200 (dua ratus) orang lagi pada bulan ini.

“Berarti ada sekitar 800 (delapan ratus) orang nelayan dan pemuda Kota Pariaman yang dikirim untuk mengikuti pelatihan di Poltekpel Sumbar, ini merupakan suatu kesempatan yang sangat baik bagi masyarakat Kota Pariaman”, ungkapnya.

Genius berharap semoga dengan kerjasama MoU antara Pemko Pariaman dengan Poltekpel Sumbar ini dapat menjadi solusi dalam mengurangi angka pengangguran, meningkatkan produktiftas serta kesejahteraan masyarakat di Kota Pariaman.

Sementara itu, Direktur Poltekpel Sumbar Rivolindo mengatakan bahwa keberadaan Poltekpel Sumbar ini merupakan wujud dari kepedulian pemerintahan pusat untuk membangun daerah.
“Poltekpel Sumbar mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan di Bidang Pelayaran pada jenjang pendidikan dan pelatihan kelautan tingkat dasar dan menengah sesuai standar dan ketentuan peraturan perundang-undangan”, terangnya.

Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 05 Tahun 2018 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat merupakan unit pelaksanan teknis di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.

Ia juga menambahkan bahwa ada beberapa hal yang akan kita lakukan, dalam waktu dekat, pemerintahan pusat akan melakukan sosialisasi tentang pendaftaran taruna se-Indonesia dan untuk Poltekpel Sumbar sendiri mendapat jatah sebanyak 100 orang (taruna).

“Poltekpel Sumbar ini bukan sekolah militer tapi sipil akan tetapi pola pendidikannya membentuk kedisiplinan dan kekuatan mental, karena untuk menjadi pelaut kalau tidak disiplin dan bermental kuat baru setengah hari berlayar nanti sudah minta pulang”, kata dia.
Ia berharap semoga pemerintah daerah khsusunya Pemko Pariaman bisa membaca peluang apa saja yang bisa dimanfaatkan dari kerjasama ini, semoga terwujud SDM masyarakat di Kota Pariaman yang sejahtera.

“Sesuai dengan visi dan misi Poltekpel Sumbar ialah mewujudkan SDM di bidang pelayaran yang unggul, profesional, benilai tambah dan berkarakter”, tutupnya. (Syamsul)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Biden Jangan Sok Kepedean, Pakar : 2016 Hillary Ungguli Survey, Buntutnya Tumbang

Dalam sejumlah jajak pendapat di Amerika Serikat (AS) jelang presidential election (Pemilihan Presiden) sang petahana Donald Trump masih tertinggal 8 bahkan 9...

KPU Limapuluh Kota Minta Masyarakat Proaktif Cermati DPS Pilkada 2020

Limapuluh Kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020...

Balai Besar TNKS, Bentuk Masyarakat Peduli Api di Pessel

Pesisir Selatan,-Bentuk upaya pencegahan dan penangulangan kebakaran hutan, serta lahan khususnya didalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ( TNKS), Taman Nasional Wilayah II...

Kasatpol PP Devitra : Sosialisasi Dan Penindakan “Warga Bandel” Semakin Intens

Payakumbuh --- Upaya Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kota Payakumbuh dalam memutus mata rantai penularan virus corona semakin intens dengan semakin...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Maymuspi Diamanahkan Pimpin HIMTANI Sumbar

Pariaman, beritasumbar.com Provinsi Sumatera Barat akan mendorong serta mengoptimalkan sumberdaya manusia sektor Pertanian dan Nelayan yang bernaung dibawah lembaga HIMTANI ( Himpunan...

Muhammad Nur Rais Syuriah – Taufik Pimpim Tanfidziyah PCNU Kota Pariaman 2020-2025

Pariaman, beritasumbar.com,-Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengungkapkan salut dan kagum dengan organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi yang lahir jauh sebelum kemerdekaan ini,...

Satu Rekan Terkonfirmasi Positif, Awak Media ini Gelar Doa Bersama Sebelum Berolah Raga

Pariaman, beritasumbar.com,-Suasana berbeda terlihat di lapangan futsal Tamar Medical Center Jumat (12/9) sore. Sejumlah wartawan Pariaman yang bernaung di bawah PWI setempat....

Forkopimda Pariaman Bagikan 10 Ribu Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman lakukan giat bagi bagi masker bersama Forkopimda Daerah Kota Pariaman. Giat berbagi masker ini dalam...
- Advertisement -