23 C
Padang
Minggu, Februari 28, 2021
Beritasumbar.com

GEMPITA Apresiasi Presiden Atas Pemberian Anugerah Bintang Mahaputera Pada Andi Amran Sulaiman
G

Kategori -

Limapuluh Kota – Presiden Jokowi pada 11/11/20 akan berikan anugrah bintang Mahaputra Kepada manran Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Gerakan Pemuda Tani (Gempita) Sumatera Barat mengapresiasi pemberian anugerah Bintang Mahaputera kepada Mantan Menteri Pertanian tersebut.

Gempita Sumbar menilai pemberian anugerah ini sangat tepat. Selama menjabat sebagai menteri pertanian era Jokowi – Jusuf Kalla, Amran dinilai sukses memberantas monopoli pangan dan mengkaderisasi pemuda untuk aktif bertani.

Koordinator Wilayah Gempita Sumbar, Nurkhalis menyebut pemberian Anugerah Bintang Mahaputera ini menunjukkan pengakuan negara terhadap kualitas kerja Amran selama menjabat sebagai menteri pertanian. Anugerah ini simbol dari negara agar menteri pertanian selanjutnya bisa mencontoh kinerja Amran Sulaiman.

“Kita patut mengapresiasi dan berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas pemberian Anugerah Bintang Mahaputera kepada Amran Sulaiman. Kinerja beliau sangat bagus dan banyak menyentuh petani Sumbar. Secara tak langsung, presiden juga memberikan penghargaan kepada petani-petani di Sumbar,” kata Nurkhalis, Senin (9/11/2020).

Dalam kacamata Nurkhalis, peran besar Amran Sulaiman adalah membentuk Gempita Sumbar sebagai wadah mengorganisir kegiatan dan program pertanian di Sumbar. Kemudian memgkaderisasi pemuda untuk aktif dalam pertanian. Dengan begitu, pemuda maupun petani mampu meningkatkan kualitasnya dalam memahami proses dan dinamika pertanian.

Jika program telah terbentuk, Amran langsung memberikan pembinaan dan kebutuhan. Belum satu tahun Gempita berdiri, sudah sukses menjagungkan lebih 5 ribu hektar lahan tidur di Sumbar tahun 2018. Kemudian tahun 2019, Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan irigasi banyak di modernisasi.

Saat Gempita Sumbar mulai membuka pasar hasil tani keluar negeri awal tahun 2019, juga tak terlepas dari polesan tangan Amran. Pasar ini memberdayakan relasi lokal agar harga panen bisa stabil dan tidak ada monopoli pangan dari para mafia..

“Tidak terhitung jasa pak Amran Sulaiman untuk petani Sumbar. Kami (Gempita-red) dan petani Sumbar adalah saksi bagaimana beliau bekerja nyata untuk kemaslahatan petani. Kami para petani Sumbar turut bangga dengan Anugerah Bintang Mahaputera ini,” sebut Nurkhalis.

Atas Anugerah ini, Nurkhalis meminta kepada Amran Sulaiman agar dirinya tetap aktif memperjuangkan para petani walaupun tidak.lagi menjabat sebagai menteri pertanian. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Musda LPPKI DPW Sumbar Dibuka Langsung Ketum LPPKI Azwar Siri.SH

Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Dewan Pimpinan Wilayah Sumbar menyelenggarakan Musayawarah Daerah (Musda). di Meeting Room Kave Uj By Pas Kota Padang. Sabtu kemaren.
- Advertisement -

Pasca Operasi Punggung, Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Dengan wajah pucat, seorang remaja terlihat terbaring lemas di tempat tidur UGD Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, Kamis (18/2).

Terlambat Laporkan SPT Tahunan, Wismar: Tak Berpenghasilan Tetap Didenda

Bukittinggi, beritasumbar.com - KPP Pratama Bukittinggi mengimbau masyarakat wajib pajak pribadi atau badan, meski tak berpenghasilan diwajibkan melaporkan SPT tahunan 2020 sebelum jatuh tempo,...
- Advertisement -

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Bawaslu Limapuluh Kota Terbitkan Buku ‘Kilas Pengawasan’ Pilkada 2020

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota menerbitkan buku 'Kilas Pengawasan' yang berisi seluruh kerja yang telah dilaksanakan oleh pengawas...

Pelanggaran Netralitas ASN-Wali Nagari Di Limapuluh Kota Selama Pilkada 2020, Ini Rinciannya

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, empat pelanggaran yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN)...

Kawasan Lembah Harau Kembali Terbakar, Diduga Pelaku Kemah Lupa Matikan Api Unggun

Sarilamak, beritasumbar.com - Kawasan Wisata Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota Kembali mengalami mengalami kebakaran pada Selasa siang, namun berhasil dipadamkan oleh petugas. "Pada kebakaran hutan...

Usai Jabat Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan Akan Aktif Dalam Kegiatan Sosial

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah berakhir menjabat Wakil Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat periode 2016-2021, Ferizal Ridwan akan kembali menjalani sejumlah kegiatan sosial. Hal itu...

Duet Irfendi-Ferizal Berakhir, Dari Minta Maaf, Tetap Jaga Silaturrahmi, Dan Harapkan ASN Tingkat Kinerja

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Masa jabatan Irfendi Arbi dan Ferizal Ridwan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat pada periode 2016-2021 berakhir...

HPN 2021, Ini Rangkaian Kegiatan Yang Digelar Insan Pers Luak Limopuluah

Payakumbuh, beritasumbar.com - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Balai Wartawan Luak Limopuluah memiliki cara tersendiri untuk memperingati, dimana gabungan para pekerja...

Bupati Limapuluh Kota Ajak Warga Untuk Tidak Takut di Vaksin

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengajak masyarakat yang ada didaerahnya untuk tidak takut divaksinasi Covid-19. Apalagi vaksin tersebut telah diuji oleh para ahli, dan juga memiliki label halal sebagaimana fatwa yang telah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sidang Lanjutan Sengketa PHP Pilkada Limapuluh Kota di MK, Pemohon Salah Sebut Nama Nagari

Jakarta, beritasumbar.com - Ada hal yang sedikit lucu dari sidang panel lanjutan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten...

Kapur IX Dan Pesona Wisata Alamnya

Saat ini wisata alam baik dalam bentuk tracking, adventure atau olahraga alam sangat banyak digandrungi masyarakat. Spot spot wisata baru jadi sasaran saat ada waktu libur. Kabupaten Limapuluh Kota yang memiliki 13 kecamatan dengan 79 nagari sangat banyak memiliki lokasi untuk wisata alam tersebut. Seperti halnya Kecamatan Kapur IX.

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.
- Advertisement -