26 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Gelar Rapat Perdana, DPRD Payakumbuh Pacu Bahas APBD-P 2014
G

Kategori -

DPRD Kota Payakumbuh periode 2014-2019,  gelar rapat paripurna perdana, di ruang sidang utama, dengan agenda penyampaian nota keuangan Rancangan Perubahan APBD Payakumbuh 2014, Senin (29/9). Rapat paripurna ini dipimpin Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam didampingi Wakil Ketua Suparman.  

 

Rapat paripurna tersebut terasa hangat, karena dihadiri 23 dari 25 anggota dewan. Dua anggota yang berhalangan hadir, Adi Suryatama dan Wilman Singkuan, keduanya dari Partai Demokrat. Wajah-wajah ceria dan penuh senyum anggota DPRD yang hadir, signal akan membawa banyak perubahan buat kesejahteraan dan pembangunan Payakumbuh ke depan.

 

Dari jajaran eksekutif tampak hadir Walikota Riza Falepi bersama Sekdako H. Benni Warlis dan pimpinan SKPD. Sementara, dari kalangan yudikatif, hadir seluruh anggota Muspida Plus, termasuk Ketua PN Payakumbuh Yudissilen.

 

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, tampak senang membacakan nota keuangan Rancangan Perubahan APBD Payakumbuh 2014, sambil menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada pimpinan dan anggota DPRD.

 

Dengan harapan, rapat-rapat selanjutnya, membahas APBD-P ini berjalan sesuai yang diharapkan. Sehingga, RAPBD-P 2014 dapat dipacu untuk ditetapkan menjadi sebuah Perda APBD-P. Agar dapat  diaplikasikan dalam rentang tiga  bulan ke depan.

 

Walikota Riza Falepi dalam pidato nota keuangannya, mengatakan,  pengajuan perubahan APBD 2014,  merupakan evaluasi terhadap pelaksanaan APBD pada semester pertama tahun anggaran berjalan. Karena, dalam pelaksanaan APBD 2014, banyak hal yang perlu dilakukan penyesuaian. Seperti dasar Kebijakan Umum APBD Tahun Anggaran 2014, perubahan kebijakan pendapatan daerah, perubahan kebijakan belanja daerah dan perubahan kebijakan pembiayaan daerah.

 

 

Rancangan Perubahan APBD 2014,  digambarkan, untuk  Pendapatan Daerah, mengalami peningkatan sebesar Rp12.934.915.679934.915.679 (2,50%),  dari target awal sebesar Rp587.035.946.858  menjadi Rp 599.970.862.537.  Perubahan Pendapatan Daerah ini sebagian besar akibat penambahan pada item lain-lain pendapatan daerah yang sah.

 

Rincianya, pendapatan asli daerah, mengalami peningkatan sebesar Rp. 1,36 Milyar dari yang ditargetkan di APBD awal sebesar Rp60,9 milyar sehingga pada Perubahan APBD ini target PAD Kota Payakumbuh adalah sebesar Rp62,3 milyar. Penambahan Pendapatan Asli Daerah tersebut terutama disumbangkan dari peningkatan pendapatan dana kapitasi JKN disamping juga akibat adanya penambahan target penerimaan dari pajak daerah.

 

Untuk Dana Perimbangan, Target pendapatan dari Dana Perimbangan ini mengalami penurunan sebesar Rp426 juta terutama akibat adanya penyesuaian target dana bagi hasil pajak dan bukan pajak sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

 

Terhadap pendapatan daerah yang sah, juga mengalami peningkatan penerimaan yang cukup siginifikan. Di antaranya pendapatan hibah sebesar Rp1 Milyar sebagai kompensasi program pelayanan air bersih untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Kemudian, dana bagi hasil pajak propinsi juga mengalami penambahan sebesar Rp4,8 milyar terutama bersumber dari bagi hasil pajak rokok.

 

Sedangkan, dana penyesuaian yang dikhususkan untuk pembayaran tunjangan sertifikasi guru dan tambahan penghasilan guru juga mengalami penambahan sebesar Rp 5,6 milyar. Kemudian, Payakumbuh juga mendapatkan alokasi bantuan keuangan khusus dari provinsi sebesar Rp 341 juta yang diarahkan untuk pengadaan mobiler sekolah dan belanja penunjang pendidikan karakter di tingkat SD/SMP. Secara keseluruhan, pendapatan daerah yang berasal dari  item lain-lain pendapatan daerah yang sah ini mengalami peningkatan Rp11,9 Milyar sehingga target pada Perubahan APBD ini menjadi Rp 78,6 milyar.

Sementara itu, belanja daerah, mengalami peningkatan sebesar Rp. 5.862.419.452 dari target awal yang dianggarkan sebesar Rp. 644.294.771.940. Sehingga dengan penambahan tersebut diatas maka belanja daerah pada Perubahan APBD 2014 ini menjadi Rp650.157.191.392.

 

 

Peningkatan belanja daerah ini, disampaikan walikota,  akibat peningkatan belanja langsung disetiap SKPD dalam upaya untuk mengoptimalkan pencapaian target kinerja program dan kegiatan yang ada disetiap SKPD.

 

Dimana Belanja Langsung pada Perubahan APBD tahun 2014 ini mengalami peningkatan sebesar Rp. 8,8 milyar atau naik sebesar 2,96%. Sementara itu untuk belanja tidak langsung mengalami penurunan sebesar Rp 3 Milyar terutama penyesuaian alokasi belanja gaji dan tunjangan yang diprediksikan mengalami peningkatan sebesar 7% diawal anggaran 2014 namun sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah yang menetapkan kenaikan gaji hanya sebesar 6% sehingga perlu dilakukan penyesuaian sebesar angka tersebut diatas.

 

 

Untuk Pembiayaan daerah, pada Perubahan APBD 2014 ini  mengalami penurunan penerimaan pembiayaan sebesar Rp 7.072.496.227, menjadi Rp. 50.186.328.855  dari target awal sebesar Rp. 57.258.825.082. Penurunan penerimaan ini disebabkan karena penurunan silpa tahun anggaran sebelumnya yakni tahun anggaran 2013 yang diperkirakan akan mencapai angka Rp. 66 milyar namun berdasarkan hasil audit BPK RI dimana Silpa Kota Payakumbuh untuk TA 2013 hanya sebesar Rp. 59 milyar atau turun sekitar Rp. 7 milyar.

 

Sejumlah SKPD yang mendapat kapling tambahan anggaran itu, seperti  Dinas Pendidikan. Terjadi penambahan belanja sebesar Rp4,8 Milyar,  untuk penganggaran pembayaran ganti rugi tanah untuk SMKN 4 sebesar Rp 3 milyar, juga pengalokasian program dan kegiatan pengadaan mobiler dan pendidikan karakter di tingkat SD dan SMP yang dibiayai dari bantuan keuangan khusus Propinsi Sumatera Barat.

Dinas Kesehatan, terjadi penambahan sebesar Rp. 2,2 Milyar, terutama ditujukan untuk penambahan anggaran operasional dan pembelian obat-obatan pada puskesmas-puskesmas dalam menunjang  pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

 

Dinas Tata Ruang dan Kebersihan, terdapat penambahan belanja sebesar Rp. 1,9 Milyar yang direncanakan penganggarannya untuk pengadaan kendaraan dinas dan penambahan upah serta jaminan kesehatan untuk Tenaga Harian Lepas yang ada di SKPD tersebut. Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset, mengalami penambahan alokasi anggaran sebesar Rp 3,3 Milyar yang antara lain dialokasikan untuk  pembayaran rekening lampu jalan.

 

Badan Kepegawaian Daerah, mengalami penambahan anggaran sebesar Rp. 590 juta untuk penganggaran biaya seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2014 ini. Kecamatan Payakumbuh Barat, mengalami penambahan sebesar Rp. 314 juta untuk mengakomodir biaya pelaksanaan MTQ tingkat Kota Payakumbuh yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2014 ini.

Call
Send SMS
Add to Skype
You’ll need Skype CreditFree via Skype
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Peningkatan Hasil Produksi di Sektor Pertanian, Bupati Safaruddin Serahkan Alsintan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian tahap I sebanyak 53 dari 116 alat-alat pertanian (Alsintan). Bantuan Alsintan yang bersumber dari hibah Kementerian Pertanian RI diserahkan kepada kelompok tani penerima manfaat yang tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.
- Advertisement -

Hadiri Evaluasi PPKM Level 3, Begini Persiapan MTQ XXXIX Di Kota Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Padang Panjang Alizar Datuak Sindo Nan Tongga menghadiri Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 di...

Di Padang Pariaman, Kemenkominfo Ulas Tips menjadi orangtua sukses mendidik generasi alpha

Padangpariaman,BeritaSumbar.com, — Menjadi orang tua dari generasi alpha atau yang sering disebut-sebut sebagai generasi paling pintar abad ini, bukan hal yang mudah.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Pengukuhan Pimpinan Unit Sekolah Perguruan Thawalib

Padang Panjang, Beritasumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga menyaksikan pengukuhan Pimpinan Unit Sekolah MTs Thawalib Putra/Putri, KUI Putra/Putri Perguruan Thawalib di Aula Perguruan Thawalib, Kamis (09/09/2021).

Hadiri Pisah Sambut Dandim 0306/50 Kota, Ketua DPRD Hamdi Agus : Selamat Jalan Letkol Ferry, Selamat Datang Letkol Denny

Payakumbuh,Beritasumbar.com,- Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus hadir dalam malam pisah sambut Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0306/50 Kota yang baru dengan yang lama yang diselenggarakan di Balaikota Payakumbuh, Senin (14/9) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -