24.9 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Gangguan Kognitif Pada Anak Pengidap “Disleksia”
G

Kategori -

BeritaSumbar.com,- Disleksia adalah salah satu jenis kesulitan belajar membaca dan hilangya kemampuan untuk menulis, serta lampatnya merespons pelajaran dengan pengajaran konvensional walaupun intelegensi dan lingkungan sosial normal.

Gangguan disleksia bukan bentuk ketidak mampuan fisik, tetapi mengarah pada otak yang telah mengolah dan memproses informasi yang sedang dibaca. Pemicu disleksia adalah kelainan neurobiologis, yang ditandai dengan kesulitan dalam mengenali kata dengan tepat, baik dalam pengejaan maupun pengkodean symbol. Kesulitan membaca yang dialami anak disleksia, tidak ada hubungannya dengan tingkat intelegensi mereka. Bahkan beberapa khasus ada anak disleksia yang jenius dan memiliki imajinasi yang tinggi, hanya saja dia terhalang oleh kesulitanya dalam membaca dan menulis.

Dapat diketahui bentuk-bentuk kesulitan membaca anak yang disleksia seperti Melakukan penambahan dalam suku kata (addition), misalnya kata batu menjadi baltu. Kemudian menghilangkan huruf dalam suku kata (omission), misalnya masak menjadi masa. Anak desleksia biasanya juga membalikkan huruf, kata atau angka dengan arah terbalik kiri kanan (inversion/mirroring), misalnya dadu menjadi babu. Selanjutnya membalikan bentuk huruf, kata atau angka dengan arah terbalik atas bawah (reversal), misalnya papa menjadi dada. Kemudian anak disleksia biasanya mengganti huruf  atau angka  (substitution), misalnya lupa menjadi luga, 3 menjadi 8.

Penyebab “disleksia”

Para ahli neurologis belum dapat mengetahui fungsi otak manusia secara keseluruhan, baru beberapa bagian saja yang sudah dapat dikenali fungsinya secara pasti dan memiliki keterkaitan satu sama lain. Pada saat manusia melakukan kegiatan pemprosesan bahasa, aktivitas pada pada himesfera bagian kiri akan tampak lebih besar dari pada himisfera bagian kanan. Sedangkan pada orang yang mengalami gangguan disleksia aktivitas himesfera kedua bagian menjadi sama besar. (devaraj, 2006: 35).

Salah satu penyebab terhambatnya anak disleksia dalam melakukan pemprosesan bahasa adalah dikarenakan terjadinya pemusatan pada perjalanan saraf penghubung atau confusing traffic jam of nerve signal menjadikan proses pengoperasian antar saraf semakin lama.

gangguan yang terdapat pada “disleksia”

Pertama, Gangguan perhatian (attention disorder) Anak disleksia terjadi gangguan perhatian, ia akan merespon stimulus yang datang dengan lambat. Pengidap disleksia sangat mudah terganggu fokusnya yang membuat hasil dari responsnya buruk. Misalnya ketika seorang anak disleksia sedang mengerjakan soal matematika dia akan berimajinasi dengan angka-angka, dengan jawaban yang sesuai imajinasinya. Karena responnya lambat maka saat mengerjakan soal matematika dapat menghabiskan waktu sampai jam pelajaran itu habis.

Kedua, Gangguan Memori (memory disorder) adalah ketidak mampuan untuk mengingat apa yang telah dilihat atau didengar ataupun yang dialami. Anak dengan masalah memori visual dapat memiliki kesulitan dalam me-recall kata-kata yang ditampilkan secara visual. Hal yang serupa juga dialami oleh anak dengan masalah pada ingatan auditorinya yang mempengaruhi perkembangan bahasa lisan. Pada khasus beberapa kasus disleksia si anak dapat mengingat hal-hal yang terjadi, seperti dia ingat ketika ada tugas sekolah. Tetapi dia tidak bisa mengingat huruf dan angka. Atau dia tidak ingat bentuk-bentuk huruf dan angka.

Ketiga, gangguan persepsi visual dan motorik biasanya anak-anak dengan gangguan persepsi visual tidak dapat memahami rambu-rambu lalu lintas, tanda panah, kata-kata tertulis, dan symbol visual lainnya. Mereka tidak dapat menangkap arti dari sebuah gambar atau angka atau yang memiliki pemahaman akan dirinya. Sedangkan pada anak yang mengalami gangguan persepsi motorik mereka tdak dapat memahami orientasi kanan kiri, bahasa tubuh, visual closure dan orientasi spasial serta pembelajaran motoric. contoh saat dia ingin menulis kata “duduk” menjadi “bubuk” dimana huruf “d” menjadi huruf “b”.

Terakhir gangguan berfikir (thinking disorder) adalah kesulitan dalam operasi kognitif pada pemecahan masalah, pembentukan konsep dan asosiasi. Anak disleksia begitu sulit memecahan masalah misalnya akibat tidak bisa membaca dan menulis membuatnya sulit memecahkan masalah seperti menyelesaikan soal-soal pelajaran baik bentuk angka atau tulisan huruf.

Dukungan bagi anak “disleksia”

Kasus anak disleksia sejatinya sangat membutuhkan perhatian khusus dari keluarga, lingkungan sekitar, guru dan terutama orang tua. Dengan cara meningkatkan motivasi belajar anak pada penderita disleksia akan membuat anak menjadi percaya diri, kemudian keluarga, lingkungan sekitar, orang tua dan guru hendaknya tidak menyalahkan si penderita diatas kondisinya. Selanjutnya berikan metode atau media belajar yang menarik bagi anak disleksia. Agar ia termotivasi berikan anak hadiah atau pujian atas hasil yang telah dia usahakan. Dengan cara demikian akan sedikit membantu anak disleksia agar dapat sama dengan teman-teman sebayanya.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang gangguan-gangguan yang ada pada anak pengidap disleksia tersebut, dapat disimpulkan bahwa anak disleksia hanya kehilangan kemampuan membaca, tidak kehilangan masa depan, bahkan ia dapat lebih cerdas dibandingkan anak lainnya, ia mempunyai cara belajar yang berbeda. Anak disleksia sangat membutuhkan perhatian khusus dari orang tua, guru dan lingkungan. Tingkat imajinasinya juga tinggi bahkan bahkan sebenarnya ia mampu mengembangkan kemampuannya selain di bidang akademisi. Anak disleksia juga mampu bersaing seperti anak-anak yang normal lainnya. Dengan pola belajar yang tepat maka akan menghilangkan sedikit ketakutan atau kebenciannya terhadap huruf dan angka. Orang tua pada khasus ini juga harus lebih bisa mengenali anak dan mencari tahu kendala apa yang terjadi pada anaknya. Ini menunjukan bahwa tidak ada yang tidak mungkin asalkan kita berusaha dan mendapat dukungan dari orang tua dan orang-orang terdekat.

Penulis: Yulia Gina Rahmah
mahasiswa semester III dari Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

 

Referensi

C Devaraj, Sheila & Roslan, Samsilah.2006.apa itu disleksia? Panduan untuk ibu bapak, guru.

Selangor MY:PTS. Propessional.

 

Abdurrahman, Mulyono. 2003. pendidikan bagi anak kesulitan belajar. Jakarta,: Rineka cipta

 

Solso, Robert L., Otto H. Maclin, dan M.Kimberly Maclin (penerjemah Mikael Rahardanto dan

Kristianto Batuadji).2007.Psikologi kognitif. Jakarta : Erlangga.

 

Nevid, J.S. 2017. Psikologi Konsepsi dan Aplikasi. Bandung : Nusa Media.

 

Standberg, R.J. 2008. Psikologi Kognitif Edisi Keempat. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

 

 

 

 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.
- Advertisement -

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.
- Advertisement -