30 C
Padang
Kamis, Februari 2, 2023
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Fakultas Keperawatan Unand Lakukan Penyuluhan Sehat Jiwa Bagi lansia Di Puskesmas Andalas Padang
F

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,- Mahasiswa Profesi Keperawatan Jiwa Universitas Andalas kelompok L menggelar penyuluhan di Puskesmas Andalas padang dengan tema “Sehat Jiwa Pada Lansia” Kegiatan ini diinisiasi atas kerja sama fakultas keperawatan khusus profesi keperawatan jiwa dengan puskesmas andalas.

Kegiatan penyuluhan di lakukan oleh 12 orang mahasiswa profesi (Cynthia, Deva, Dinda, Fadli, Gita, Intan, Olivia, Shinta, Nadia, Vebby, Zara dan Zela) didampingi dosen keperawatan jiwa Ns. Windy Freska, M.Kep dan Clinical Instructor dari puskesmas Andalas yaitu Ns. Winda permata sari, S.Kep,. Peserta kegiatan ini adalah seluruh lanjut usia yang berumur >60 tahun.

Terdapat fenomena tentang diskriminasi lansia yang diderita oleh banyak lansia dari waktu ke waktu. Hal ini penting dan fenomena ini yang menunjukkan banyak perbedaan dengan kelompok orang yang lebih muda bahwa kemampuan dan potensi lansia dinilai tidak obyektif sebagai individu.

Sebaliknya mereka benar-benar terdiskriminasi oleh pendapat mereka sendiri tentang kemunduran kemampuan fisik serta mental mereka sehingga mereka merasa menjadi beban bagi masyarakat di tempat mereka tinggal (Putri, 2016). Gangguan psikologis yang dialami lansia mengalami perubahan dalam hidupnya, perubahan yang dialami lansia meliputi penurunan sosial ekonomi, pensiun, keterbatasan kemampuan fisik, sakit kronis, atau keluhan lain yang membutuhkan perawatan dari orang lain.

Banyak lansia yang sulit beradaptasi dengan proses penuaan, merasa sendirian, frustasi, depresi, dan kehilangan kepercayaan diri sehingga mempengaruhi kualitas hidup mereka (Triwanti, Ishartono, & Gutama, 2018). Banyak lansia yang sulit beradaptasi dengan proses penuaan, merasa sendirian, frustasi, depresi, dan kehilangan kepercayaan diri, sehingga mempengaruhi kualitas hidup mereka.

Sehat Jiwa Lansia merupakan tingkatan kesejahteraan secara psikologi pada Lansia, yang terdiri dari beberapa jenis yang dikategorikan dalam kondisi sehat jiwa lansia, gangguan kecemasan pada lansia, stres pada lansia, dan depresi pada lansia. WHO juga memperjelas hal tersebut dengan menyebutkan empat kriteria utama seseorang dapat dinyatakan sehat jiwa, yaitu mengenali potensi diri, mampu mengatasi stres sehari-hari, produktif, dan bermanfaat untuk orang lain.

Masalah kesehatan jiwa yang sering terjadi pada lansia adalah demensia, Depresi, gangguan kecemasan dan gangguan makan. Untuk mengatasi hal tersebut perlu upaya yang harus dilakukan oleh lansia seperti mendekatkan diri pada Tuhan dengan banyak beribadah, jangan sungkan untuk meminta pertolongan fisik dan mental pada keluarga atau tenaga kesehatan, peduli terhadap sesama agar kehidupan sosial lebih erat merasa dekat dengan orang-orang di sekitar, jalin silaturahmi dengan keluarga jauh atau teman baik melalui telepon atau bertemu langsung, membiasakan diri untuk aktif dan cukup istirahat, biasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat dan banyak minum air mineral.dan akukan hal yang membuat kita senang.

Kegiatan penyuluhan sehat jiwa ini disambut baik oleh para lansia yang mengikuti senam lansia di Puskesmas Andalas karena memang dibutuhkan untuk peningkatan kesehatan jiwa dikalangan lanjut usia agar para lansia diproses penuaannya memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Kami sangat terbantu dengan kegiatan penyuluhan ini salah satunya dimana para lansia sangat aktif dan interaksi yang sangat baik selama proses penyuluhan berlangsung. Harapan nya kegiatan penyuluhan ini bisa memberikan manfaat serta membantu para lansia menjaga dan meningkatkan kesehatan jiwa nya di masa proses penuaannya dan harapan kegiatan penyuluhan sehat jiwa pada lansia ini dapat mengurangi gangguan-gangguan kesehatan jiwa yang dialami oleh para lansia. Kegiatan dan program kepada lansia ini akan dilanjutkan oleh pihak Puskesmas Andalas dalam upaya mewujudkan program Kesehatan jiwa pada lansia.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img