29.8 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

DPD Demokrat Sumbar Tegaskan Ketua DPC Harus Punya Kapasitas-Berkualitas
D

Kategori -
- Advertisement -

Padang, beritasumbar.com – DPD Partai Demokrat Sumatera Barat (Sumbar) baru saja menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) Demokrat serentak untuk 14 daerah di Bukittinggi. Hasil dari Muscab yang berlangsung sejak Minggu hingga Senin malam (18/7) itu, telah merekomendasikan 14 nama calon ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat untuk kabupaten dan kota.

Pemilihan Ketua DPC Partai Demokrat kali ini memang cukup berbeda. Sebab, nama calon ketua yang telah dipilih atau diusulkan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) di masing-masing daerah, tidak otomatis menjadi ketua definitif.

Para Ketua DPC yang terpilih melalui usulan itu akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test oleh Tim 5 Demokrat yang terdiri dari Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sekjen Teuku Riefky Harsya, Kepala BPOKK Herman Haeron, Ketua DPD Demokrat Sumbar Mulyadi dan Sekretaris DPD Doni Harsiva Yandra.

Ketua DPD Demokrat Sumbar Mulyadi mengatakan, untuk menjadi Ketua DPC Partai Demokrat tidak cukup dipilih atau mereka yang mendapatkan dukungan suara terbanyak di tingkat PAC. Ada penilaian lain yang harus dimiliki oleh calon ketua tersebut.

“Jadi, jadi ketua DPC Demokrat itu tidak sekadar politik belaka. Yang banyak suara menang, lalu jadi ketua. Tidak begitu,” katanya, Kamis (21/7).

Mulyadi menegaskan bahwa seorang Ketua DPC Partai Demokrat harus memiliki kapasitas yang matang dari berbagai aspek. “Kapasitas intelektualnya, kapasitas jaringannya, kapasitas kemampuan publik speaking dan sebagainya. Jadi betul-betul sosok pemimpin partai yang berkualitas dari semua segi,” katanya.

Menurutnya, fit and proper test itu dilakukan untuk mencari sosok Ketua DPC berkualitas dan berkapasitas itu. Dengan kata lain, nama-nama yang diusulkan dalam Muscab kemarin baru sebagai calon ketua terpilih, belum ketua.

“Fit and Proper Test itu masih dalam rangkaian Muscab dan keputusan Tim 5 nanti juga bagian dari keputusan Muscab. Makanya dalam tim formatur unsur DPP, DPD, calon terpilih, ketua demisioner dan unsur PAC terlibat,” katanya.

“Harapan kita tentu Ketua DPC Demokrat se Sumbar itu punya kapasitas dan kapabilitas yang matang untuk bisa mendapat tempat dihati masyarakat” katanya lagi. (Rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img