24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Doa Sebelum Tidur dan Filosofi Maknanya
D

Kategori -
- Advertisement -

Tidur adalah salah satu aktivitas semua orang. Tidur selain merupakan bentuk istirahat seseorang setelah beraktivitas, bisa bernilai ibadah, jika memang diniatkan untuk beribadah.

Umat Islam dianjurkan untuk selalu membaca doa sebelum tidur. Tujuannya agar tidurnya bernilai pahala. Tidur tidak hanya sekadar tidur, akan tetapi ada nilai pahala yang didapat ketika selama tidur.

Doa yang harus dibaca oleh orang Islam saat hendak tidur yaitu: Bismika Allahumma Ahya wa Bismika Amut.
doa pendek yang meski dibaca orang Islam saat akan tidur ini memiliki filosofi yang sangat mendalam. Salah satunya, mengandung isyarat kuat bahwa hidup dan mati seseorang harus selalu ditujukan hanya kepada Allah. Tidak ada yang pantas untuk digantungkan kecuali hanya pada-Nya.

Filosofi lain yang ada dalam doa tersebut adalah tuntunan untuk selalu mengingat Allah dalam keadaan mau melakukan apapun. Bukan hanya dalam melakukan ibadah atau amal kebaikan yang nyata, dalam persoalan tidur pun kita umat Islam dituntut untuk mengingat Allah. Sebab dengan selalu mengingat Allah maka hati kita akan tenang.

Filosofi doa sebelum tidur itu juga memberi pelajaran penting akan sikap qona’ah yang cukup tinggi. Kalimat ‘ahya; aku hidup’ dan ‘amut; aku mati’ memberi isyarat kuat bahwa semua apapun yang manusia dapatkan dalam kehidupan dan kematian harus terima sebagai pemberian terbaik dari Allah.

Tidak semestinya masalah hidup dihadapi dengan rasa murung atau pesimis. Begitu filosofi doa sebelum tidur. Bacalah doa tersebut sebelum kita memejamkan mata setiap akan tidur. Di lain itu, renungi makna terdalamnya, agar hidup kita semakin diberkahi oleh-Nya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img