Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Payakumbuh, sukses melatih 20 pemuda dari lima kecamatan di kota ini, untuk membuka usaha pembibitan itik. Saat ini, pada setiap kecamatan sudah punya sebuah kelompok pemuda yang berwira usaha pembibitan itik. Meski baru berusia dua bulan kelompok usaha itu, tapi tanda-tanda untuk maju dan berkembang sudah kelihatan. Disparpora membantu kelompok untuk mendapatkan badan hukumnya.

Kepala Disparpora Payakumbuh Drs. Syahnadel Khairi, didampingi Sekretaris Disparpora Dafrul Pasi, S.IP dan Kasi Pemuda Hj. Yuliar, S.Sos, Rabu (20/8), menginformasikan, pelatihan keterampilan menetaskan itik itu diberikan sebelum puasa Ramadhan lalu. Instrukturnya, di antaranya diberikan oleh Ayu Maidia Sari, Pemuda Pelopor Indonesia Tahun 2012, seorang Sarjana Peternakan UNAND, yang kini menjadi teladan dalam usaha pembibitan dan peternakan itik di Kelurahan Kotobaru Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Pelatihan Kepemudaan Bidang Pembibitan Itik itu, diikuti 4 pemuda dari setiap kecamatan. Pasca pelatihan, keempat pemuda perkecamatan, langsung merekrut 6 pemuda lagi, membentuk sebuah kelompok usaha pembibitan itik, dengan jumlah anggota 10 orang.

Tahap awal, setiap kelompok diberikan bantuan mesin penetas telur berikut bibit, berupa 400 butir telur dengan kualitas super. Sesuai rencana, Disparpora akan menyerahkan bibit awal September nanti. Sekarang ini, kelompok tengah menyiapkan badan hukum usaha, agar punya legalitas dalam menjalankan usaha, tambah Yuliar.

Pilihan pemuda dimaksud membuka usaha pembibitan itik, tak lepas dari motivator Ayu Maidia Sari, sebagai Pemuda Pelopor Indonesia di tingkat nasional. Menurut Syahnadel, kelompok usaha yang dikembangkan Ayu bersama 12 anggotanya, saat ini, tidak hanya melakukan pembibitan, tapi juga berkembang dengan usaha peternakan itik.

Karena itu, kelima kelompok usaha pembibitan itik kecamatan itu, diharapkan, mampu berkreasi dan melakukan terobosan baru dalam menjalankan usahanya. Pihak Disparpora akan terus membimbing, agar kelima kelompok itu menjadi besar, seperti yang dikelola oleh kelompok usaha Ayu Maidia Sari, simpulnya.

loading...