26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Dishubkominfo Agam Terapkan siMaya Untuk Administrasi Perkantoran
D

Kategori -

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Agam terapkan Administrasi Perkantoran siMaya untuk memudahkan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) bekerja sesua dengan Tata Naskah Dinas.

Kegiatan tersebut diawali dengan melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi siMaya yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Agam di Aula Utama Kantor Bupati Agam, Selasa (11/11).

Sekretaris Daerah Syafirman, SH dalam sambutan saat membuka acara menyampaikan, dalam era globalisasi teknologi saat ini untuk memudahkan pekerjaan pelayanan administrasi perkantoran mesti lebih cepat, tepat, mudah, bisa dipertanggungjawabkan mesti dilakukan dimanapun berada.

Untuk bisa melaksanakan dan hal itu bisa terwujudkan kita mesti memakai aplikasi yang disebut dengan siMaya.

Dengan sistem aplikasi perkantoran siMaya yang merupakan sebuah tantangan bagi kita semua yang selama ini sudah terbiasa dengan sistem manual dan untuk melaksanakan hal tersebut kita bersama-sama mesti mulai membiasakan untuk mengunakannya sehingga pelayanan tidak terganggu dan bisa dituntaskan secepatnya.

Untuk itu diadakanlah bimtek ini sehingga semua ilmu bisa sejalan dan nantinya akan didukung dengan sarana dan prasarana yang dimiliki dan saat ini dari 2 angkatan bimtek ini bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan setelah itu akan ditularkan ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya.

Syafirman berharap kedepan sistem aplikasi perkantoran siMAya ini betul-betul bisa berjalan di Kabupaten Agam sehinga inovasi ini bisa mendekatkan dan lebih dekat lagi pelayanan se-Kabupaten Agam demi kemajuan kita bersama terutama kemajuan daerah Kabupaten Agam.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Agam Drs.Maryanis melaporkan, bimtek ini diadakan bertujuan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran yang berhubungan dengan Tata Naskah Dinas, seperti tentang surat masuk, keluar dan semua disposisinya bisa lebh cepat, tepat dan bisa leih bertanggung jawab.

Untuk penerapan aplikasi siMaya ini dilakukan Bimtek 2 angkatan sebanyak 60 peserta dari Selasa (11/11) sampai Rabu (12/11) di Aula Utama Kantor Bupati Agam untuk Kabag, Kasubag, Staf, Kabid, Sekretaris, Kasi yang langsung bersetuhan dengan Tata Naskah Dinas.

Nara Sumber didatangkan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Direktorat e-Government yaitu Dirgantara Manurung, S.Kom. (rfk/humas agam)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.
- Advertisement -

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.
- Advertisement -

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Ide Sekolah Tangguh Covid-19, Erwin Yunaz Siapkan Pilot Proyek Di Kecamatan Payakumbuh Barat

Proses belajar mengajar (PBM) tatap muka sudah dimulai di Payakumbuh sejak awal tahun 2021. Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat protokol kesehatan ketat harus diterapkan di sekolah. Seluruh warga sekolah seperti siswa, guru, dan tenaga kependidikan wajib memakai masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh untuk bisa masuk ke lingkungan sekolah.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -