27 C
Padang
Kamis, April 25, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Disduk Capil Gelar Bimtek Pengembangan Data Base
D

Kategori -
- Advertisement -

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kota Payakumbuh, gelar kegiatan Bimbingan Teknis tentang Penyusunan Profil Perkembangan Kependudukan 2014. Bimtek ini melibatkan 211 peserta, berasal dari instansi vertikal, SKPD, camat dan lurah dari lima kecamatan di Payakumbuh.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 16-17 Mei 2014 itu, mengambil tempat di Gedung Gambir milik Unand di Jalan Sudirman Payakumbuh. Dibuka Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, dihadiri anggota Muspida dan Kadisduk Capil Mediar Indra.

Bimtek tersebut mendatangkan dua narasumber dari Kemendagri RI, masing-masing Direktur Pengembangan Kebijakan Kependudukan Kemendagri, Syabnikmat Nizam dan Kasi Pengembangan Wawasan Kependudukan Kemendagri Yohanes. Keduanya, membahas tentang Tata Naskah penyusunan profil perkembangan penduduk dan tentang penyajian data penduduk serta tata naskah /penyajian data perkembangan penduduk.

Wakil Walikota Suwandel Muchtar dalam kesempatan itu menyebutkan, timbulnya permasaalahan penduduk, karena kurang lengkap dan akuratnya data profil perkembangan kependudukan tersebut. Salah satu penyebabnya, terbatasnya pengetahuan aparat kelurahan dalam mengisi data dimaksud, ujar wawako.

Oleh karena itu, Bimtek ini merupakan jawaban yang tepat untuk mencari solusi dalam membekali aparat kelurahan, agar lebih profesional, dalam penyusunan profil perkembangan kependudukan. Wawako berharap, aplikasinya nanti, data kependudukan di kelurahan benar-benar valid dan tak error.

Menurut Kadis Kependudukan dan Capil Mediar Indra, data kependudukan merupakan data dinamis, akibat dari mutasi penduduk, kelahiran dan kematian. Pasca bimtek, pihaknya akan memiliki buku Profil perkembangan penduduk pada Kota Payakumbuh tahun 2014.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img