29 C
Padang
Selasa, Mei 11, 2021
Beritasumbar.com

Disdik Gandeng Kodim Berikan Wawasan Kebangsaan
D

Kategori -

Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Kodim 0306/50 Kota, gelar kegiatan Pembekalan Wawasan Kebangsaan dengan mengundang siswa setingkat SLTA di Payakumbuh, Kamis (14/8). Lebih dari 700 siswa mengikuti kegiatan pembekalan itu, berlangsung di GOR M. Yamin Kubu Gadang Payakumbuh.

 

Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Dandim 0306 Letkol Inf. Trisno Widodo, memberikan sambutan dalam acara pembukaan pebekalan, dihadiri seluruh kepsek dan pejabat di jajaran Disdik serta Kepala Kesbang Dra. Elfriza Zaharman serta undangan lainnya.

 

 

 

Menurut Kadis Pendidikan Payakumbuh, Hasan Basri Sy, pembekalan wawasan kebangsaan bagi kalangan pelajar SLTA, merupakan bentuk kepedulian pemko dalam mencetak generasi bangsa yang muda dan cinta tanah air Indonesia.

 

 

 

Walikota Payakumbuh Riza Falepi pun, sangat mengapresiasi kegiatan pembekalan ini. “Pembekalan wawasan kebangsaan ini merupakan bentuk tanggung jawab Pemko dalam menciptakan generasi muda yang terdidik dan memiliki rasa wawasan kebangsaan yang luas. Akan percuma, apabila generasi muda kita nanti memiliki otak yang pintar dan cerdas, tanpa mereka tahu dan cinta terhadap tanah air mereka sendiri” ujar Wako saat membuka kegiatan.

 

 

 

Selain itu, Wako berharap para peserta bisa membawa pulang pengalaman dan pengetahuan yang lebih, betapa besarnya negara Indonesia, betapa kuatnya negara Indonesia, dan memiliki rasa bangga sebagai warga negara Republik ini. “Mari kita bangun negara Indonesia ini dengan rasa patriotisme dan rasa bangga melalui pemikiran dan inovasi-inovasi yang cemerlang, demi kelangsungan hidup bangsa ini ke depan” ujar Wako lagi.

 

 

 

Sependapat dengan walikota, Dandim 0306, Trisno Widodo pun, menyampaikan rasa bangganya terhadap penyelenggaraan kegiatan dimaksud. Dikatakan semangat patriotisme tidak hanya bisa disalurkan dengan masuk angkatan bersenjata, namun dengan inovasi dan prestasi di bidang akademik pun, sudah termasuk dalam bela negara.

 

 

 

“Kalau semuanya jadi prajurit, siapa nanti yang akan duduk sebagai Presiden, Menteri, dan para cerdik cendekiawan? Untuk itu, mari kita bersama-sama membangun negara Indonesia yang kita cintai ini” kata Trisno.

 

 

 

Selain penyampaian materi, pembekalan Wawasan Kebangsaan ini melibatkan 40 orang dari Kodim 0306 yang ditunjuk sebagai instruktur. Seluruh peserta juga akan diikutkan dalam outbond yang nantinya mengajarkan pada peserta tentang nilai-nilai kerjasama, toleransi, serta patriotisme.

 

 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.
- Advertisement -

Tim Satgas Covid Kota Payakumbuh Lakukan Monitoring Ke Posko Tingkat Kelurahan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dalam rangka penanganan dan pengendalian Covid-19 di Payakumbuh, Tim Satgas Covid-19 yang tergabung kedalam tujuh kelompok melakukan monitoring ke Posko PPKM mikro di tingkat kelurahan, Selasa (11/05).

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).
- Advertisement -

HKP Sedunia, Balai Wartawan – BPJS Kesehatan Payakumbuh Bagikan Ta’jil Gratis

PAYAKUMBUH - Balai Wartawan Luak Limopuluah bersama BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh membagikan sekitar 1.000 ta'jil gratis kepada masyarakat di pusat pasar Kota Payakumbuh. Aksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Pers (HKP) Sedunia setiap tanggal 3 Mei.

Kader Muda PKB Sumbar Gelar Pembagian Takjil

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kader Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sumatera Barat melakukan pembagian takjil kepada masyarakat Silaut, Pesisir Selatan, Rabu (05/05)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...
- Advertisement -