24 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Diresmikan, Menteri ESDM Yakin Proyek Donggi-Senoro LNG Ciptakan Pusat Ekonomi Baru
D

Kategori -

BANGGAI – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said pada Rabu (30/4) lalu meresmikan beroperasinya train pertama Proyek Donggi-Senoro LNG yang berada di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Peresmian Proyek Donggi-Senoro LNG itu selain dihadiri oleh Menteri ESDM Sudirman Said, juga dihadiri oleh Bupati Banggai Sofhian Mile, Plt. Direktur Jenderal Migas IGN Nyoman Wiratmaja, Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas, Kepala SKK Migas Amin Sunaryadi, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Sucipto, Pimpinan PT Medco Energi, dan wakil dari Sekretariat Kabinet.

Bupati Banggai Sofhian Mile mengharapkan dengan beroperasinya Proyek Donggi-Senoro LNG nantinya tidak hanya memenuhi target produksi, tetapi juga dapat mengembangkan dan memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Banggai antara lain untuk memenuhi kekurangan penyediaan listrik setempat.

Bupati Banggai tidak menginginkan seperti Proyek LNG Arun yang tidak dimanfaat bagi penyediaan tenaga listrik untuk masyarakat Lhoksemawe. Ia yakin Proyek Donggi-Senoro LNG akan memberikan kontribusi bagi percepatan pembangunan Kabupaten Banggai serta untuk peningkatan investasi di banggai.

“Untuk itu perlu ditindaklanjuti dengan penetapan alokasi gas untuk kebutuhan penyediaan listrik di Kabupaten Banggai serta percepatan Head of Agreement antara Donggi-Senoro dan PT PLN (Persero),” pinta Bupati.

Sementara Menteri ESDM Sudirman Said dalam sambutannya mengatakan, Proyek Donggi-Senoro LNG dimaksudkan untuk tidak hanya untuk kepentingan produksi, tapi juga untuk  menghasilkan listrik. Dengan beroperasinya Proyek Donggi-Senoro LNG akan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru seperti Pabrik Amonia yang sedang dibangun.

“Proyek Donggi-Senoro LNG akan lebih meningkatkan PAD Kabupaten Banggai yang saat ini paling tinggi di Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk itu perlu dukungan dari stakeholder dan pemerintah daerah,” kata Sudirman.

Menurut Menteri ESDM, saat ini pemerintah juga sedang melakukan penataan tata kelola migas termasuk mengkaji pengalokasian gas untuk kebutuhan yang akan ditindaklanjuti oleh SKK Migas, Direktorat Jenderal Migas, dan PT PLN (Persero).

Dengan beroperasinya Proyek Donggi-Senoro LNG, kata Sudirman, membuktikan Pemerintah bekerja untuk mencapai agenda besar percepatan pembangkit listrik 35 ribu MW sebagaimana ditargetkan dalam RPJM 2015-2019 mewujudkan infrastruktur dan pasokan gas domestik, mencapai tingkat ratio elektifikasi dari 81,5% menjadi 96,6%, serta peningkatan kapasitas pembangkit dari 50,7 GW menjadi 85,7 GW.

Selanjutnya, Menteri ESDM memberikan apresiasi atas kegiatan CSR yang dilakukan Donggi-Senoro LNG dan mengharapkan bentuk CSR yang strategis dengan membangun sekolah terbaik demi kepentingan peningkatan kualitas SDM masyarakat khususnya di Kabupaten Banggai.

Menteri ESDM mengharapkan Presiden akan dapat melihat progress dari proyek ini dan selanjutnya meresmikannya.

Benefit sharing antara Pemerintah dan Donggi-Senoro LNG adalah 70:30. Dari 70% porsi Pemerintah tersebut, Pemerintah Pusat mendapatkan 70%, sedangkan pemerintah daerah mendapatkan 30%. Porsi pemerintah daerah akan dibagi lagi antara 6 provinsi dan 24 kabupaten kota.

Hulu dan Hilir

Donggi-Senoro LNG adalah proyek LNG pertama di indonesia yang mengadopsi model pengembangan hulu dan hilir yang terpisah, berdasarkan Undang-Undang Minyak dan Gas Bumi No. 22 / Tahun 2001. Berdasarkan model ini, Donggi-Senoro LNG sebagai perusahaan hilir bertanggung jawab hanya untuk pengolahan gas alam menjadi LNG, serta memasarkannya kepada pembeli.

Pengembangan pabrik LNG berjalur satu (single-train) ini bertujuan untuk memanfaatkan gas alam di Sulawesi Tengah yang belum termonetisasi, melalui penerapan model bisnis LNG hilir yang pertama di Indonesia, sehingga mampu mengalihkan beban investasi dari pemerintah ke para pemodal.

Proyek Donggi-Senoro LNG telah memperolah seluruh perizinan termasuk persetujuan atas AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan) dari Kementerian Lingkungan Hidup, Izin Pengelolaan Sementara dari Kementerian Enegi dan Sumber Daya Mineral, Izin Lokasi Labuh Khusus untuk pengoperasian Jetty LNG, serta  IZIN Pembangunan Pelabuhan Khusus untuk Pelabuhan LNG dari Kementerian Perhubungan.

Donggi-Senoro LNG menerima gas dari PT PHE Tomori Sulawesi (50%), PT Medco E&P Tomori Sulawesi (30%) and Tomori E&P Limited (UK) (20%) dengan jumlah gas alam sebanyak 250 Mmscfd selama 13 tahun dari lapangan gas Senoro dan dari PT Pertamina EP dengan total 85 Mmscfd, juga selama 13 tahun, dari kawasan Matindok. (Zaenal Arifin, Rusmitra Ayu/ES)

 

Sumber: Setkab RI
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).
- Advertisement -

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 3, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Forkopimda

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kota Padang Panjang sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2021 tanggal 25 Juli 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Padang Panjang, Selasa (27/07/2021)

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -