26 C
Padang
Minggu, Agustus 1, 2021
Beritasumbar.com

Dinas Kelautan dan Perikanan Padang Beri Pelatihan Transplantasi Terumbu Karang
D

Kategori -

Padang – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), memberi pelatihan selam tingkat dasar dan pengenalan metode transplantasi terumbu karang bagi para pengawas perairan dan kelompok masyarakat.

“Kegiatan dilaksanakan selama satu hari di Kolam Renang Teratai Padang dan di peraiaran Pulau Pasumpahan Padang,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil DKP Padang, Riska Eka Putri di Padang, Senin.

Kegiatan iTU diikuti 15 orang petugas pengawas perairan dan sejumlah utusan dari kelompok masyarakat dan instruktur pelatihan dari Yayasan Sanari.

Menurut dia, pelatihan untuk kelas dan praktek dilakukan di kolam renang Teratai GOR H. Salim dan praktik perairan terbuka dilangsungkan di Pulau Pasumpahan.

Ia menjelaskan pelatihan selam dasar dan transplantasi karang itu diselenggarakan guna membekali para petugas pengawas perairan dan aparatur dinas dengan kemampuan selam dan mengenal metode transplantasi karang baik teori maupun praktik.

Hal itu, tambahnya, mengingat masih sering terjadinya kerusakan sumberdaya kelautan yang membutuhkan personil yang berkualifikasi sebagai penyelam.

“Pelatihan digelar dengan tujuan meningkatkan SDM dalam hal kemampuan selam dan transplantasi karang, dengan harapan nantinya dapat melakukan monitoring dan evaluasi sumberdaya kelautan khususnya di perairan Kota Padang,” ujarnya.

Sementara itu, instrukstur pelatihan selam, Samsuardi menyebutkan peserta dibekali ilmu penyelaman sesuai dengan jenjang pemula (one star), seperti pengetahuan akademis penyelaman, hukum fisika penyelaman, pengenalan bawah air, aspek medis penyelaman, penyakit dekompresi dan table penyelaman.

“Sebelum praktek menyelam ke laut, terlebih dahulu dilakukan pelatihan dasar dan praktek di kolam renang,” tambahnya.

Salah seorang peserta pelatihan ini, Raharjo mengatakan bagi petugas pengawasan pelatihan-pelatihan tersebut sangat penting untuk menguasai teknik-teknik penyelaman untuk mendukung monitoring dan evaluasi yang berkaitan dengan terumbu karang bagi petugas pengawasan.

Hal itu, dibenarkan peserta lainnya dai kelompok masyarakat, Jonidas. Menurut dia, selama ini ia hanya mengetahui dan menerima informasi dari masyarakat tentang kerusakan-kerusakan terumbu karang yang terjadi, dan belum pernah melakukan penyelaman dengan peralatan selam standar.

Ia menjelaskan melalui pelatihan selam dan pelatihan transplantasi karang tersebut, kedepan petugas pengawas lapangan bisa dapat melakukan monitoring sekaligus sebagai penyuluh tentang pelestarian sumberdaya kelautan, khususnya terumbu karang.

 

Hendra Agusta/Antara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.
- Advertisement -