27 C
Padang
Sabtu, Oktober 16, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat
D

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Dra.Hj.Gemala Ranti, M.Si. Dalam sambutannya disampaikan latar belakang dan tujuan dibuatnya Peraturan Daerah Mars Sumatera Barat.

Tujuan penetapan mars daerah sebagai upaya memperkuat identitas daerah, membangkitkan semangat untuk membangun daerah, memajukan adat dan budaya, menjaga kebersamaan, kekeluargaan, persatuan, kesatuan dan kerukunan nasional serta memelihara keutuhan Negara Republik Indonesia. Menumbuhkan rasa kebanggaan,rasa cinta dan keterikatan batin semua komponen masyarakat terhadap keberadaan daerah. Serta menunjukkan dan mempertahankan jati diri masyarakat daerah untuk memacu pembangunan daerah.

Kegiatan ini diikuti oleh Kabupaten/Kota melalui Kepala Bagian Pemerintahan dan Kepala Bagian Adpim (Protokol) yang menyambut baik adanya Mars Sumatera Barat. Setelah menjadi Peraturan Daerah, akan dilaksanakan sosialisasi ke seluruh Kabupaten/Kota.

Kepala UPTD Taman Budaya Sumatera Barat, Hendri Fauzan, AP, M.Si dalam paparannya menyampaikan tujuan, ketentuan, tata cara diperdengarkan/dinyanyikan hingga ketentuan pidana terkait Rancangan Peraturan Daerah Mars Sumatera Barat. Disampaikan juga Mars Sumatera Barat sebagai mars daerah diperdengarkan dan/atau dinyanyikan pada kegiatan – kegiatan resmi mulai dari tingkat nasional, daerah, pelantikan dan sumpah jabatan di lingkungan pemerintah, pendidikan, acara atau kompetisi olahraga dan / atau seni budaya didaerah hingga kegiatan resmi pemerintah daerah dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Selain sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah terkait Mars Sumatera Barat, juga dilaksanakan pengiventarisiran Kabupaten/Kota yang telah memiliki Mars atau Hymne Daerah. Hanya Kabupaten Sijunjung yang telah memiliki mars daerah (kabupaten) yang telah dijadikan Peraturan Daerah, sedangkan Kabupaten Padang Pariaman telah memiliki Mars namun belum dijadikan Peraturan Daerah.

Dengan adanya penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Mars Sumatera Barat, maka akan ada suatu regulasi yang menjadi acuan bagi pemerintah daerah mulai dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota dalam menggunakan Mars Sumatera Barat sebagai simbol seni budaya daerah yang dapat diperdengarkan/dinyanyikan setelah lagu kebangsaan Indonesia Raya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img