25 C
Padang
Kamis, Januari 20, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dari Festival Tari Tradisional, DISBUDPAR TETAPKAN 5 GRUP TERBAIK SUMBAR
D

Kategori -
- Advertisement -

Festival Tari Tradisional Kotemporer tingkat provinsi digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat, di Taman Budaya Padang, Kamis (14/8). Grup tari dari lima daerah peserta, masing-masing Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Solok, Pariaman, dan Bukittinggi, ditetapkan sebagai terbaik. Kelimanya beroleh piagam dan uang pembinaan yang sama, total Rp12,5 juta.

Tak ada pemenang dalam lomba yang diikuti seluruh kota dan kabupaten di Sumatera Barat ini. Hanya saja, dewan juri festival menetapkan lima daerah peserta terbaik. Tari tradisional yang diangkat kelima daerah itu, dinilai lebih dari peserta lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh Drs. Syahnadel Khairi, di Balaikota Payakumbuh, Selasa (19/8), menginformaskan, dalam festival itu, Payakumbuh mengangkat tema tarian legenda kota ini, yaitu cerita Bayang-bayang Sibincik. Kisahnya hampir sama dengan legenda Malin Kundang, kata Syahnadel.

Tari Bayang-bayang Sibincik itu, diangkat oleh duet koreografer Afrizal dan Andi Mardalin, dibawah pembinaan Nirdawati, yang juga Kasi Objek Wisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh. Tari ini, katanya, sudah beberapa kali mengisi paket acara di tingkat nasional. Dalam iven Payakumbuh Fashion Week dan launching Tour De Singkarak 2014, tarian ini juga disuguhkan kepada publik.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img