30 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Dalam keadaan Emergency, Pemuda Sebagai Agent Of Action
D

Kategori -

Sijunjung,-Tiada siapapun yang menginginkan Wabah Covid 19 ini menyebar di tengah-tengsh kehidupan masyarakat. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran virus ini. Namun banyak juga yang memandang sinis dan acuh tak acuh. Entah masyarakat belum begitu paham tentang Covid 19, atau malah lebih tahu.
Kondisi hari tidak ubahnya layaknya sebuah peperangan. Namun anehnya yang diperangi tidak kasat mata, tapi Covid 19 bukan makhluk ghaib. Korban sudah mulai berjatuhan di seluruh dunia. Ini yang dikatakan emergency atau darurat. Di ibaratkan sebuah kapal yang sedang berlayar. Ditengah lautan kapal mengalami goncangan yang hebat. Salah mengambil tindakan, kapal akan karam. Dalam kondisi seperti ini, kepiawaian seorang pemimpin dan kepatuhan masyarakatnya sangat dituntut. Karena menyangkut hayat hidup orang banyak.
Tentunya peran seorang pemuda yang digadang-gadangkan sebagai paga nagari dan penyambung lidah masyarakat sangat diharapkan. Tidak saatnya untuk berdebat. Pemudalah yang diharapkan sebagai sentral pergerakan dan sumber informasi oleh masyarakat dalam melawan penyebaran Covid 19 ini. Bukan malah menimbulkan pesimisme di tengah-tengah masyarakat.
Sekarang saatnya pemuda bersatu padu melawan virus corona. Hentikan dulu perbedebatan. Apalagi kepentingan-kepentingan lain ataupun politik. Jangan kehadiran pemuda dianggap menangguk di air keruh.
Kirimkan doa terbaik buat Tenaga Medis yang berada di benteng terakhir dalam peperangan ini. Sehingga sudah semestinya pemudalah yang mengambil peran di garda terdepan. Kasihani Tenaga Medis yang sudah bertaruh nyawa dan memiliki resiko tertinggi terkena Covid 19. Masyarakat diminta untuk tetap dirumah 14 hari saja, tapi mereka ada yang sudah 3-4 bulan tidak bisa bertemu keluarga tercintanya.
Masyarakat juga harus berani Jujur kepada diri sendiri dan memperhalus rasa untuk orang lain. Kalau masih mampu, katakan mampu. Jangan sampai karena keegoisan kita, kita korbankan hidup tetangga yang lebih membutuhkan. Kita berebut 1 paket sembako, sekiranya ada masyarakat yang bergantung hidup atas sembako yang kita ambil.
Semua elemen masyarakat dan pemerintah harus jujur. Karena masih banyak diluar sana yang tidak bisa makan. Kondisi hari ini tidak ubahnya seperti perang. Kita krisis. Kita sedang dihadapkan dalam kondisi sulit. Mari kita robah kata Lelah menjadi Lillah. Semoga pengorbanan kita bernilai Ibadah di sisi Allah SWT.
(Harbi Hanif Burdha, Ketua DPD KNPI Sijunjung)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...
- Advertisement -

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test

Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia. Selasa (26/1).

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.

Berontaknya Alam di Provinsi Kalimantan Selatan

Seminggu yang lalu kita dikejutkan denganbencana banjir yang parah yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Mengapa saya katakan parah? Karena banjir ini melanda hampir seluruh kabupaten/kota di Kalsel. Barang kali ini adalah banjir yangterparah yang pernah terjadi di wilayah provinsi ini.Sekali lagi, mengapa bisa separah ini? Sebelum tahun 1990Provinsi Kalsel terkenal dengan hutan tropikalnya,dan saat itu hasil tambang yang dikenal masyarakat umum hanyalah intan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Aprisal PB, Dewan Wajib Jalin Hubungan Yang Harmonis Dengan Segala Lapisan Masyarakat

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ranah Lansek perlu menjalin hubungan yang harmonis dengan semua lapisan masyarakat. Untuk itu diperlu figur-figur pejabat yang memiliki hubungan emosional yang baik dengan semua stackholder di daerah ini, kata Aprisal PB, ketua fraksi Amanat Nasional di gedung DPRD Sijunjung, Selasa (26/1).

Masyarakat Sumpur Kudus Timur Minta Pemekaran Kecamatan

Masyarakat Sumpur Kudus bagian Timur minta pemekaran kecamatan.karena pelayanan tidak maksimal untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sumpur kudus bagian Timur selama ini.

Bambang Surya Irwan Dilantik Sebagai Anggota DPRD Sijunjung

Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Bambang Surya Irwan melantik dan mengambil sumpah jabatan Anggota dewan dari Kader Partai Golkar. Pelantikan dan pengucapan sumpah anggota dewan ini, Sesuai dengan surat keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 171-4-2021, tentang pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Saudara Drs. Hamdani Hasnam, M.Si, sisa masa jabatan tahun 2019-2024, dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD di Gedung DPRD Sijunjung, Selasa(26/1).

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Pembelajaran Tatap Muka Di Kabupaten Sijunjung Berjalan Lancar

Proses belajar tatap muka berjalan lancar, di Kabupaten Sijunjung sampai saat ini. Pelaksanaan dilapangan dengan sistem 50 persen anak yang masuk ke dalam kelas, dengan bergantian hari.Pokoknya kita patuhi protokol kesehatan secara ketat dan baik untuk menjaga kelangsungan proses pembelajaran berjalan sesuai harapan kita bersama, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Ramler,SH.MM, diruang kerjanya, Senen (25/1).

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.
- Advertisement -