30 C
Padang
Sabtu, Februari 27, 2021
Beritasumbar.com

Cerdik, Camat Payakumbuh Timur Genjot Penerimaan PBB lewat Program BPUM
C

Kategori -

Payakumbuh, — Perpanjangan masa pendaftaran warga calon penerima bantuan presiden (Banpres) produktif bagi usaha mikro atau Bantuan Pemerintah untuk Usaha Mikro (BPUM) hingga akhir November 2020 membawa berkah tersendiri bagi Pemerintah Kecamatan Payakumbuh Timur. Kebijakan itu ternyata mampu menggenjot penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB) diwilayah tersebut, kok bisa?

Selidik punya selidik, ternyata kebijakan itu dimanfaatkan pemerintah kecamatan untuk menaikkan penerimaan PBB dengan menambahkan syarat wajib kunas PBB bagi warga yang hendak mengajukan permohonan BPUM.

Hal itu diakui Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi saat dihubungi melalui telpon selulernya. Dikatakan Irwan, kebijakan tersebut sengaja diambil untuk menggenjot realisasi penerimaan PBB dikecamatannya yang masih cukup rendah.

“Hingga awal Oktober, realisasi penerimaan PBB kami masih rendah, angkanya dibawah 40 persen, padahal batas waktu normal pembayaran PBB tanggal 30 September. Maka kami gunakan BPUM ini untuk menggenjot penerimaan PBB. Kami surati lurah agar meminta bukti lunas PBB sebagai syarat tambahan” terang Camat Irwan.

Dikatakan, kebijakan itu bukan untuk mempersulit warga dalam memperoleh bantuan, akan tetapi cara menumbuhkan kesadaran warga agar tak hanya menuntut hak tapi juga mau menunaikan kewajiban.

“Harus berimbang lah, jangan hanya hak saja dituntut, sementara kewajiban berupa melunasi PBB tidak ditunaikan. Apalagi kita tahu dana pajak itu juga akan dikembalikan kepada warga, termasuk dalam bentuk BPUM ini,” jelas Irwan.

Dikatakan, kebijakan tersebut sempat menuai protes dari sejumlah warga, terutama mereka yang tidak mampu menunjukkan bukti lunas PBB.

“Kami sempat dikomplain warga terkait kebijakan ini, akan tetapi setelah dijelaskan kenapa kebijakan ini diambil, mereka bisa menerima dan bersedia melunasi PBB nya,” ujar Irwan.

Ditambahkan, efek kebijakan tersebut langsung terasa disisi peningkatan penerimaan PBB di kelurahan-kelurahan yang ada di Kecamatan Payakumbuh Timur.

“Ada lurah kami yang melapor bahwa angka penerimaan PBB langsung melesat. Dalam dua hari menerima pendaftaran BPUM saja, capaian penerimaan PBB nya bahkan melebihi penerimaan selama sembilan bulan awal, luar biasa kan,” tukas Irwan.

Ditambahkan,” Kadang diperlukan cara-cara seperti ini untuk mengingatkan warga akan kewajibannya, seperti PBB. Kami mohon maaf jika kurang berkenan, tapi kebijakan tersebut harus kami ambil untuk menggenjot penerimaan PBB yang masih rendah. Dan alhamdulillah ternyata cukup berhasil,” pungkas Irwan.

Penerimaan pendaftaran BPUM sendiri di Kota Payakumbuh akan berlangsung hingga tanggal 25 November 2020. Seluruh berkas pendaftaran dikumpulkan kepada Dinas Koperasi dan UKM melalui kecamatan dan kelurahan.

Adapun syarat yang diminta untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut adalah WNI yang memiliki nomor induk kependudukan (NIK), melampirkan surat keterangan usaha (SKU), tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan atau kredit usaha rakyat (KUR), memiliki usaha mikro dan bukan aparatur sipil negara, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, pegawai BUMN, atau pegawai BUMD. (rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Chris Noel Peraih Rekor MURI Direkrut Indonesia Records

Chris Noel, remaja kelahiran Jakarta 26 Januari 2006 tak sekadar memiliki wajah yang tampan
- Advertisement -

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla.

Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK menindak lanjuti arahan dan intruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging.

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).
- Advertisement -

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).

Pelantikan Ketua TP-PKK Sebelas Kabupaten/kota di Sumbar, Istri Wako Bukittinggi Paling Muda

Padang, beritasumbar.com -- Ketua TP - PKK untuk 11 Kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar), dilantik serentak di Auditorium Gubernur berlangsung khidmat, Jumat (26/2/2021). Pelantikan ini...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).

Ditemui Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Wako Riza Falepi Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda, Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi menerima kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati didampingi Sekretaris Nova Dewita di Balai Kota, Kamis (18/2).

Tim Penilai Dari Provinsi Sambangi Dasawisma Melati 25 Padang Tinggi Piliang

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sambangi Dasawisma Melati 25 Kelurahan Padang Tinggi Piliang yang merupakan wakil Kota Payakumbuh untuk lomba Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang akan bersaing memperebutkan posisi pertama dengan lima dasawisma lainnya di Sumbar.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Pengamanan Tebing Di Tepian Batang Lamposi

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz turun ke lapangan melakukan gotong royong bersama warga membenahi aliran Batang Lamposi di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (18/2).

Irvan Firdaus Lantik 31 Dokter Cilik

Dengan memakai baju putih-putih khas seorang dokter, 31 dokter cilik di SDN 13 Payakumbuh dilantik oleh Kepala Puskesmas Padang Karambia Irvan Firdaus, di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Kamis (18/2).

Muskot 1 ESI Payakumbuh, Wujudkan Hobi Bermain Game Sebagai Prestasi, Prestasi Menjadi Profesi

Dengan tema "Mewujudkan Hobi menjadi prestasi dan prestasi sebagai profesi", Musyawarah Kota 1 Electronic Sport Indonesia (ESI) digelar di Kantor KONI Kota Payakumbuh, Kamis (18/2).

Palyuri, Pria Tuna Rungu Ini Simpan Uang Dalam Karung di Tumpukan Pakaian

Sosok pria bisu alias biok ini tidak asing bagi warga Kota Payakumbuh. kemana mana saban hari Biok yang bernama asli Palyuri ini selalu jalan kaki. Dan sering membantu warga yang sedang pesta membersihkan piring kotor.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...
- Advertisement -