25.8 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Cegah Arus Pendek, Instalasi Listrik Harus Punya SLO

Edaran Gubernur Sumatera Barat Nomor 44.A/671/KMG/ESDM/2012, tentang Pemeriksaan dan Pengujian Instalasi Tenaga Listrik (PPITL) dan Edaran Walikota Payakumbuh Nomor 500/02/SE/Wk-Pyk/2013, tanggal 28 Juni 2013, tentang pemeriksaan pengujian instalasi tenaga listrik, masih belum banyak diketahui warga. Padahal sesuai ketentuan, instalasi listrik sebuah bangunan yang sudah berusia 15 tahun, harus diuji ulang kembali. Dimaksudkan, guna mencegah terjadinya sambungan arus pendek.

 

 

 

General Manager PPILN (Perkumpulan Perlindungan Instalasi Listrik Nasional) Asril Kalis bersama Kepala Wilayah Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik (Konsuil) Sumatera Barat, Defrizal, melakukan sosialisasi terhadap edaran Gubernur Sumbar dan Walikota Payakumbuh, tentang pemeriksaan pengujian instalasi tenaga listrik. Acara sosialisasi itu berlangsung dalam rapat koordinasi yang dipimpin Kepala Bagian Perekonomian Setdako Julpiter, SE. Dihadiri pimpinan SKPD, camat, lurah, BUMN/BUMD dan sejumlah undangan lainnya.

 

 

 

 

 

Dalam pertemuan itu, pengamatan Konsuil, jaringan instalasi listrik rumah penduduk, gedung pemerintah, dan bangunan publik lainnya, yang sudah kadaluarsa di atas 15 tahun. Secara teknis, untuk keselamatan agar tak terjadi hubungan arus pendek, instalasi dimaksud harus diganti, dengan material bermutu atau berlabel SNI.

 

 

 

Menurut Defrizal, keberadaan Konsuil masih banyak belum diketahui publik. Padahal pembentukan lembaga ini, berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No. 0045 Tahun 2005, sebagai lembaga pemeriksa instalasi listrik tegangan rendah, sejak Desember 2005. Untuk itu, kegiatan yang dilakukan Pemko Payakumbuh ini, sangat diapresiasi Konsuil. “Kami sangat bangga dengan kepedulian Payakumbuh dengan persoalan ini,” katanya.

 

 

 

Dikatakan, untuk keselamatan instalasi listrik pada seluruh bangunan, pekerjaan jaringan instalasi sudah harus melewati pemeriksaan Konsuil. Pihak PLN baru bisa memasukan api ke setiap pelanggan, jika jaringannya sudah direkomendasi Konsuil.

 

 

 

Terhadap, instalasi yang sudah di atas 15 tahun, dianjurkan melakukan pemeriksaan ulang, dengan mengundang petugas Konsuil. Biaya pemeriksaan jaringan ini, dikatakan, tidak terlalu tinggi, terjangkau bagi masyarakat, diatur surat Dirjen LPE Kementerian ESDM.

 

 

 

Kabag Perekonomian Julpiter, dalam pertemuan itu, mengajak pimpinan SKPD, untuk menganggarkan biaya pemeriksaan dan pengujian gedung kantornya yang sudah berusia di atas 15 tahun. Dalam pengamatannya, beberapa kantor SKPD di kota ini, sudah berusia di atas 15 tahun, seperti Dinas PU, Bappeda, Inspektorat, Kantor Catatan Sipil, Kantor Koperindag, BPMP-KB dan termasuk rumah dinas pemko di Kelurahan Sawah Padang, serta pusat pertokoan bertingkat.

 

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sekolah Online Ditengah Pandemi, Masyarakat Sungai Salak Tanjung Emas Terhalang Jaringan

Tanah Datar,- Wabah virus covid 19 masih terasa efeknya hingga saat ini, bahkan kepelosok desa/ nagari sekalipun. Ditengah kasus...

KONI Kota Payakumbuh Dan UNP Jalin Kemitraan Pembinaan Atlit

Payakumbuh,- Berolahraga menjadi hal yang penting dan harus dilakukan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Karena aktivitas olah raga dapat meningkatkan kebugaran dan...

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...

SMA N 2 Lintau Buo Lakukan Kerjasama Pembinaan Informasi Kampus Dan Beasiswa Dengan IPMI

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka pembinaan informasi kampus dan beasiswa di dalam maupun luar nageri,SMA Negeri 2 Lintau Buo lakukan kerjasama Dengan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -