Payakumbuh,BeritaSumbar.com– Menyusul kembali adanya empat orang warganya di Kelurahan Padang Tangah Payobadar yang dinyatakan positif covid-19, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi mengimbau agar seluruh warga yang pernah melakukan kontak dengan keempat pasien tersebut untuk melaporkan diri ke Posko Kecamatan di Puskesmas Air Tabit dan Puskesmas Tiakar.

“Kami minta seluruh warga yang merasa pernah kontak minimal 14 hari sebelum tanggal 17 Mei dengan keempat pasien positif tersebut untuk.melaporkan diri ke posko kecamatan, nanti kita usulkan untuk mengikuti tes SWAB,” ujar Irwan saat dihubungi disela-sela menyerahkan bantuan vitamin dan buah-buahan kepada pasien positif Covid-19 di Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Senin (25/5).

Dikatakan, saat ini pihaknya bersama perangkat kelurahan dan juga puskesmas fokus menghimpun data warga yang pernah kontak dengan pasien positif tersebut.

“Pertama kita data dulu seluruh warga yang pernah kontak. Insyaallah Selasa esok (26/5,red) sebanyak 30 warga akan di SWAB dan kita sudah minta mereka untuk isolasi mandiri dirumah masing-masing sampai hasil SWAB keluar, agar rantai penyebarannya bisa segera diputus,” jelasnya.

Baca Juga: Informasi Terbaru Perkembangan Penanganan Covid-19 Di Sumatera Barat

Ditambahkan, mereka yang dinyatakan positif tersebut merupakan pengembangan dari tracking pasien positif sebelumnya berinisial “DP” yang juga berasal dari kelurahan yang sama.

“Tren penyebarannya sangat jelas, dimana mereka kontak dengan pasien positif sebelumnya yang sehari-hari membuka warung kelontong dirumahnya,” terangnya.

Terkait jumlah pasien positif di daerahnya yang sudah mencapai 6 orang, mantan Kabid Kehumasan Dinas Kominfo ini mengimbau agar warganya mentaati aturan pemerintah, terutama terkait pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Sekali lagi kami mengimbau semua warga, mari patuhi protokol kesehatan selama PSBB ini, selalu gunakan masker jika keluar rumah, rajinlah cuci tangan dan jaga jarak fisik dan sosial. Kalau tidak penting-penting amat, tidak usahlah keluar rumah,” pesan Camat Irwan.

Sebagaimana diketahui, sebelum 4 warganya dinyatakan positif pada Sabtu (23/5) lalu, sebelumnya juga sudah ada dua warga Kecamatan Payakumbuh Timur yang dinyatakan positif covid-19, masing-masing berinisial “D” warga Kelurahan Balai Jaring dan “DP” warga Kelurahan Padang Tangah Payobadar.

“Harapan kita tentu mereka semuanya diberi kesembuhan dan tidak ada lagi penambahan pasien positif baru di Kota Payakumbuh khususnya di Kecamatan kami di Payakumbuh Timur,” pungkas Camat Irwan. (rel)

loading...