24.8 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Calon Gubenur Sumbar Irwan Prayitno Laporkan Kasus Pencemaran Nama Baik
C

Kategori -

Padang, 15/10 – Calon gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno melaporkan kasus pencemaran nama baik ke Kepolisian Daerah setempat atas penerbitan buku berjudul Sumatera Barat di bawah Irwan Prayitno Tanpa Kemajuan.

“Sebagai warga negara saya mengadukan pencemaran nama baik, karena isi dalam buku ini berisi fitnah dan kampanye hitam,” kata Irwan di Padang, Kamis.

Menurut Gubernur Sumbar periode 2010 hingga 2015 itu, isi buku setebal 117 halaman yang diterbitkan oleh Pelita Pelajar dan ditulis atas nama Forum Pemuda Penyelamat Sumbar banyak menghasut dan isinya tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Walaupun isi buku mengutip berita dari berbagai media terbitan lokal, tapi hanya diambil sepenggal dan tidak berimbang, ujar dia yang merupakan calon gubernur diusung oleh PKS dan Gerindra.

Ia menilai beberapa analisa dan komentar yang ada dalam buku itu telah mencemarkan nama baik.

“Saya mengadukan ini karena ingin pemilu kepala daerah (Pilkada) di Sumbar berjalan dengan bersih tanpa kampanye hitam, fitnah dan pelanggaran aturan,” kata dia.

Irwan mengatakan buku tersebut sudah beredar pada beberapa tempat seperti Padang, Padangpariaman yang diperoleh dari seseorang yang melapor kepada tim pemenangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit.

Ia menilai buku tersebut ilegal, tidak ada pengarang, tidak ada penerbit yang jelas alamatnya sehingga dapat disebut sebagai buku kaleng yang sengaja dibuat secara sistematis dan serius.

“Saya minta kepolisian menyelidiki dan mengusut tuntas siapa yang mendanai, menulis, mencetak dan menyebarluaskan, serta menarik buku yang telah beredar,” kata dia.

Ia mengatakan buku tersebut berisi kumpulan berita dari media cetak dan online yang kemudian dipenggal sesuka penulis sehingga tercipta kesan selama Irwan memimpin tidak ada kemajuan.

“Melalui buku ini saya Irwan Prayitno dan calon gubernur Nasrul Abit dizhalimi,” ujarnya.

Saat ditanya apakah ada kemungkinan buku tersebut dibuat oleh kompetitor Irwan mengatakan hingga saat ini pihaknya masih berkomunikasi baik dengan pasangan calon gubernur Muslim Kasim-Fauzi Bahar.

“Walaupun kompetitor hingga saat ini saya masih berhubungan baik, dapat saja buku ini dibuat pihak ketiga sehingga pilkada menjadi cacat dan ternoda,” kata dia.

Buku bersampul hitam dengan latar foto Irwan Prayitno tersebut berisi kutipan berita dari media lokal seperti Koran Padang Ekspres, Singgalang, Pos Metro, Haluan serta media online seperti Covesia.com, Antarasumbar.com, Kliksiar, Klikpositif, Padangmedia, Bisnis.com dan lainnya.

Kedatangan Irwan ke Polda Sumbar didampingi tim hukum Zuldesni serta tim relawan yang diterima Kepala Siaga I mewakili Kepala SPKT Polda Sumbar Kompol Budi Prayitno.

Usai melapor ke Polda Sumbar Irwan melanjutkan laporan ke Bareskrim Polda guna pembuatan Berita Acara Pemeriksaan.

Sementara, Tim Hukum Irwan Prayitno, Zulhesni mengatakan dari judul saja sudah buku tersebut jelas mencemarkan nama baik dan fitnah.

“Buku tersebut penulisnya tidak ada serta penerbit tidak jelas berisi berita yang diragui kebenarannya,” kata dia.

Ia mengatakan pada halaman 87 terdapat foto serta tulisan Irwan Prayitno bersenang-senang dan menghabiskan waktu dengan drum, bernyanyi ditengah ekonomi masyarakat kian sulit, ini jelas merupakan fitnah.

Oleh sebab itu kami meminta polisi mengusut tuntas siapa yang mendanai, membuat, mencetak, menulis, serta menyebarkan dan melakukan proses hukum, ujar dia.

Sementara, Kepala Siaga I mewakili Kepala SPKT Polda Sumbar Kompol Budi Prayitno membenarkan pihaknya telah menerima laporan dari Irwan tentang kasus pencemaran nama baik melalui buku tersebut. (Ant/Oleh Ikhwan Wahyudi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)
- Advertisement -

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).
- Advertisement -

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -