24 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Calon Gubenur Sumbar Irwan Prayitno Laporkan Kasus Pencemaran Nama Baik
C

Kategori -

Padang, 15/10 – Calon gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno melaporkan kasus pencemaran nama baik ke Kepolisian Daerah setempat atas penerbitan buku berjudul Sumatera Barat di bawah Irwan Prayitno Tanpa Kemajuan.

“Sebagai warga negara saya mengadukan pencemaran nama baik, karena isi dalam buku ini berisi fitnah dan kampanye hitam,” kata Irwan di Padang, Kamis.

Menurut Gubernur Sumbar periode 2010 hingga 2015 itu, isi buku setebal 117 halaman yang diterbitkan oleh Pelita Pelajar dan ditulis atas nama Forum Pemuda Penyelamat Sumbar banyak menghasut dan isinya tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Walaupun isi buku mengutip berita dari berbagai media terbitan lokal, tapi hanya diambil sepenggal dan tidak berimbang, ujar dia yang merupakan calon gubernur diusung oleh PKS dan Gerindra.

Ia menilai beberapa analisa dan komentar yang ada dalam buku itu telah mencemarkan nama baik.

“Saya mengadukan ini karena ingin pemilu kepala daerah (Pilkada) di Sumbar berjalan dengan bersih tanpa kampanye hitam, fitnah dan pelanggaran aturan,” kata dia.

Irwan mengatakan buku tersebut sudah beredar pada beberapa tempat seperti Padang, Padangpariaman yang diperoleh dari seseorang yang melapor kepada tim pemenangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit.

Ia menilai buku tersebut ilegal, tidak ada pengarang, tidak ada penerbit yang jelas alamatnya sehingga dapat disebut sebagai buku kaleng yang sengaja dibuat secara sistematis dan serius.

“Saya minta kepolisian menyelidiki dan mengusut tuntas siapa yang mendanai, menulis, mencetak dan menyebarluaskan, serta menarik buku yang telah beredar,” kata dia.

Ia mengatakan buku tersebut berisi kumpulan berita dari media cetak dan online yang kemudian dipenggal sesuka penulis sehingga tercipta kesan selama Irwan memimpin tidak ada kemajuan.

“Melalui buku ini saya Irwan Prayitno dan calon gubernur Nasrul Abit dizhalimi,” ujarnya.

Saat ditanya apakah ada kemungkinan buku tersebut dibuat oleh kompetitor Irwan mengatakan hingga saat ini pihaknya masih berkomunikasi baik dengan pasangan calon gubernur Muslim Kasim-Fauzi Bahar.

“Walaupun kompetitor hingga saat ini saya masih berhubungan baik, dapat saja buku ini dibuat pihak ketiga sehingga pilkada menjadi cacat dan ternoda,” kata dia.

Buku bersampul hitam dengan latar foto Irwan Prayitno tersebut berisi kutipan berita dari media lokal seperti Koran Padang Ekspres, Singgalang, Pos Metro, Haluan serta media online seperti Covesia.com, Antarasumbar.com, Kliksiar, Klikpositif, Padangmedia, Bisnis.com dan lainnya.

Kedatangan Irwan ke Polda Sumbar didampingi tim hukum Zuldesni serta tim relawan yang diterima Kepala Siaga I mewakili Kepala SPKT Polda Sumbar Kompol Budi Prayitno.

Usai melapor ke Polda Sumbar Irwan melanjutkan laporan ke Bareskrim Polda guna pembuatan Berita Acara Pemeriksaan.

Sementara, Tim Hukum Irwan Prayitno, Zulhesni mengatakan dari judul saja sudah buku tersebut jelas mencemarkan nama baik dan fitnah.

“Buku tersebut penulisnya tidak ada serta penerbit tidak jelas berisi berita yang diragui kebenarannya,” kata dia.

Ia mengatakan pada halaman 87 terdapat foto serta tulisan Irwan Prayitno bersenang-senang dan menghabiskan waktu dengan drum, bernyanyi ditengah ekonomi masyarakat kian sulit, ini jelas merupakan fitnah.

Oleh sebab itu kami meminta polisi mengusut tuntas siapa yang mendanai, membuat, mencetak, menulis, serta menyebarkan dan melakukan proses hukum, ujar dia.

Sementara, Kepala Siaga I mewakili Kepala SPKT Polda Sumbar Kompol Budi Prayitno membenarkan pihaknya telah menerima laporan dari Irwan tentang kasus pencemaran nama baik melalui buku tersebut. (Ant/Oleh Ikhwan Wahyudi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban
- Advertisement -

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
- Advertisement -

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -