27 C
Padang
Sunday, September 20, 2020

Bupati Resmikan Irigasi Bantuan Kementerian Sosial

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota H.Irfendi Arbi resmikan pemakaian saluran irigasi bantuan dari Kementrian Sosial RI lewat Dinas Sosial Kabupaten Limapuluh Kota melalui Forum Keserasian Sosial Sungai Muruah Jorong Damar Tinggi Kenagarian Sungai Rimbang Kecamatan Suliki.

Pekerjaan irigasi sudah rampung 100 % dan siap digunakan oleh masyarakat dalam penyediaaan dan pengaturan air. Menunjang proses produksi pertanian, terutama lahan persawahan akan lebih meningkat, dengan adanya pemberian air yang tepat waktu dan tepat jumlah, kata H.Irfendi Arbi, ketika ditemui, Selasa (24/12)  kemaren.

Untuk memastikan produksi pertanian berjalan baik, ketersediaan air irigasi secara berkelanjutan harus bisa dijamin. Pemerintah daerah melalui Kementerian Sosial RI melalui Forum Keserasian Sosial Sungai Muruah dengan pembangunan irigasi terus berupaya mendongkrak peningkatan produksi pangan secara signifikan.

Jaga dan pergunakan irigasi Sungai Muruah dengan sebaik-baiknya, ini milik kita bersama karena air yang dipergunakan diperlukan seluas- luasnya oleh masyarakat, baik pertanian, perikanan dan perkebunan, ucap H.Irfendi Arbi.

Pengairan Irigasi menuju lahan pesawahan ini sangatlah penting, pasalnya, jika musim kemarau datang, Petani tidak perlu lagi kesusahan untuk mencari air jauh-jauh, lanjut H.Irfendi Arbi.

“Irigasi yang paling penting adalah menjaga aliran air supaya sawah tidak tergenang terus menerus namun lebih pada pengaliran air saja. Oleh karena itu, setiap hari petani biasanya melakukan control dan menutup serta membuka pintu air secara teratur”.

Ketua Forum Keserasian Sosial Sungai Muruah Jorong Damar Tinggi Novia Farina, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota mendapat bantuan dari Kementerian Sosial Repubik Indonesia sebesar Rp 100 Juta.

Novia Farina, berharap dengan bantuan ini masyarakat dapat memamfaatkan sumber air irigasi dengan baik, kedepan berharap kepada pemerintah daerah dan pusat dapat memberikan berupa bantuan-bantuan lainnya guna meningkatkan perekonomian masyarakat.(relhum)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Rudi Hariyansyah Prioritaskan Pembinaan UMKM

Pesisir Selatan ,-Bertemu dengan kalangan emak - emak di Nagari Sungai Rotan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Minggu (13/9) bakal calon wakil bupati...

Heli Chinook Antarkan Bantuan BNPB Mendarat di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,-Helikopter Chinook CH-47D dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendarat di Lapangan Gor Singa Harau, pada Senin (15/9).

Maymuspi Diamanahkan Pimpin HIMTANI Sumbar

Pariaman, beritasumbar.com Provinsi Sumatera Barat akan mendorong serta mengoptimalkan sumberdaya manusia sektor Pertanian dan Nelayan yang bernaung dibawah lembaga HIMTANI ( Himpunan...

Biden Jangan Sok Kepedean, Pakar : 2016 Hillary Ungguli Survey, Buntutnya Tumbang

Dalam sejumlah jajak pendapat di Amerika Serikat (AS) jelang presidential election (Pemilihan Presiden) sang petahana Donald Trump masih tertinggal 8 bahkan 9...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Heli Chinook Antarkan Bantuan BNPB Mendarat di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,-Helikopter Chinook CH-47D dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendarat di Lapangan Gor Singa Harau, pada Senin (15/9).

Widya Putra Ingatkan ASN Tak Langgar Prokes

Limapuluh Kota, .-Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) menyusul semakin meningkatnya kasus Covid-19 sejak beberapa waktu belakangan. Aparatur Sipil...

Ketua PODSI Limapuluh Kota Tinjau Atlit Latihan Di Batang Sinama

Limapuluh kota,- Sabtu 12/9 atlit dayung kabupaten Limapuluh Kota gelar latihan di aliran batang Sinama Nagari Taram kecamatan Harau. Latihan kali ini...

LSM Pekat Limapuluh Kota Goro Bersihkan Jalan Menuju Surau Suluak Di Ketinggian Sarilamak

Limapuluh Kota Kota - LSM Pekat Limapuluh Kota Kota melaksanakan gotong royong di jalan menuju ke surau Suluk Syeikh Mulia di Ketinggian...
- Advertisement -