Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, Jumat 3 Juli 2020 meresmikan inovasi ketahan pangan  dengan manfaat pemanfaatan lahan pekarangan , pemanfaatan lahan tidur, pengamanan aset daerah dan peningkatan pendapatan asli daerah di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan pengerak Dharma Wanita unit Badan Keuangan Lima Puluh Kota di Kawasan Lahan tidur Kantor Bupati Sarilamak.

“Banyak yang bisa kita tanam di kawasan ini,seperti padi sawah, kacang tanah, jagung dan tanaman palawija lainnya,ini dapat menghasilkan produksi pangan daerah”.

Terutama bagi mayarakat yang mau menanam di lahan kosong maupun secara polibek (dalam kantong plastik) jika lahan terbatas tapi bisa menghasilkan, kata Irfendi Arbi.

Sekurang kurangnya dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga, tidak lagi membeli kepasar.

Melalui Dharma Wanita Badan Keuangan Lima Puluh Kota di mulai menanam di kawasan kosong, yang selama ini tidur tidak menghasilkan apa apa. Ini akan menjadi contoh bagi Masyarakat sekitar untuk selalu menanam.

Pada kesempatan itu Kepala Badan Keuangan Lima Puluh Kota Irwandi mengatakan, terkadang kita bingung harus melakukan apa terhadap lahan kosong yang dimiliki. Bila ditanami sayuran, perlu mempertimbangkan bagaimana cara merawatnya dan akan dikemanakan hasilnya. Kadang-kadang kita juga mempunyai pikiran untuk menyewakan lahan kosong kepada pihak ketiga yang membutuhkan dan masih banyak lagi pemikiran seputar pemanfaatan lahan kosong.

Berbuat dan memulai itu adalah modal pertama bagi masyarakat untuk berubah, ditengah epidemi Covid 19 ini. Isi waktu untuk dapat menghasilkan dengan memamfaatkan lahan perkarangan, lahan kosong dengan tanam kebutuhan hidup rumah tangga yang dapat hasil dan kebutuhan hidup tampa membeli kepasar, ucap Irwandi.(humas)

loading...