25 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bupati Padang Pariaman diwakili Sekda Padang Pariaman Hadiri Implementasi GERMAS terakhir
B

- Advertisement -

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi, SE.MM mewakili Bupati Padang Pariaman menghadiri acara Implmentasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) ke-3 Rabu (9/10) di Lapangan Bola GOR Sungai Sariak, Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak.

Sekda Jonpriadi menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran yang terlibat dalam penyelenggaraan GERMAS terutama kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat karena telah fasilitasi kegiatan GERMAS di Kabupaten Padang Pariaman.

Katanya, ruang lingkup GERMAS yaitu peningkatan aktifitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan peningakatan hidup sehat.

Dia menjelaskan, kegiatan GERMAS ini merupakan pelaksanaan yang ke-3, sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan V Koto Kampung Dalam dan Kecamatan Enam Lingkung. “jangan jadikan kegiatan ini sebagai ceremonial saja, akan tetapi jadikanlah gerakan ini menjadi budaya di lingkungan pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, adanya kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup ,dimulai dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban dan melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari,” jelasnya.

Kegiatan Germas juga dimeriahkan dengan penampilan puisi oleh SDN 32 VII Koto Sungai Sariak, ajakan Perilaku Hidup Sehat (PHBS) dari Duta Sanimasi oleh SDN 26 dan 28 VII Koto Sungai Sariak, Hiburan Tari Kreasi GERMAS oleh SMP VII Koto Sungai Sariak dan ajakan PHBS dari Bhakti Husada yang merupakan binaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman. Dalam pelaksanaan kegiatan ini juga terlihat antusias warga Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak yang memberikan dukungan dalam bentuk pengadaan makan bajamba yang dibawa langsung oleh masyarakat Nagari Lareh Nan Panjang. Kegiatan ini ditutup dengan pemutaran film tentang kesehatan dan keluarga berencana oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (bus/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img