31 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Bupati, Forkopimda dan Tomas Ikrarkan, Tolak Intoleransi
B

Kategori -

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota menyatakan menolak segala bentuk intoleransi,  kekerasan,  radikalisme dan terorisme di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ikrar itu diucapkan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi bersama seluruh unsur Forkopimda dan para tokoh masyarakat di Makodim 0306/50 Kota,  Senin (7/12).

“Kami masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota menolak segala bentuk intoleransi, kekerasan,  radikalisme dan terorisme di NKRI,”  sebut Irfendi bersama seluruh unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat dengan suara lantang. 

Selain menyampaikan ikrar, sebelumnya Irfendi Arbi juga mengajak seluruh elemen masyarakat mensukseskan Pilkada serta berharap terlaksananya Natal dan tahun baru dalam suasana kondusif. 
“Mari kita bersama-sama dan saling bersinergi menjaga keutuhan NKRI. Kita berharap peran aktif para tokoh dan seluruh elemen masyarakat untuk suksesnya Pilkada yang segera dilaksanakan di daerah ini, ” ungkap Irfendi dalam sambutannya pada acara rangkaian forum dialog dalam rangka menjaga keutuhan NKRI yang berlangsung di aula Makodim 00306/50 Kota. 

Irfendi menyebut, tidak mau pesta demokrasi yang semakin dekat ini diwarnai profokasi dan perpecahan.  Untuk itu,  ia mengajak para tokoh masyarakat dapat mendinginkan suasana dan situasi pelaksanaan Pilkada yang aman,  damai dan badunsanak. 
“Mari sama-sama kita dinginkan suasana dan situasi dalam Pilkada yang segera datang. Jangan sampai masyarakat terkotak-kotak, terpecah belah atau terprofokasi dan membuat suasana tidak kondusif, ” ujar Irfendi.

Lebih lanjut Irfendi juga mengharapkan perayaan Natal serta tahun berjalan aman dan lancar. Jangan sampai liburan panjang itu menimbulkan claster baru penularan covid-19.
“Liburan panjang akhir tahun diperkirakan akan membuat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Limapuluh Kota melonjak.  Jangan sampai Pilkada dan tahun baru menjadikan daerah kita zona merah. Ini tentu harus kita antisipasi, ” papar Irfendi. 

Lebih jauh ia mengajak masyarakat memberikan hak suaranya pada Pilkada dengan senantiasa melaksanakan protokol kesehatan dengan cara selalu memakai masker,  sering cuci tangan dan menjaga jarak. 

Sebelumnya Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe senada mengatakan, libur panjang akhir tahun ini akan membuat orang akan datang beramai-ramai ke Kabupaten Limapuluh Kota yang dikhawatirkan baru bisa menimbulkan klaster baru penyebaran covid-19. Ia juga mengajak berbagai elemen masyarakat mendukung terwujudnya pilkada,  Natal dan tahun baru yang aman dan kondusif. 
“Mewujudkan keamanan bukan hanya tugas aparat keamanan tapi melibatkan seluruh stakeholder dengan saling koordinasi dan kerjasama, ” ucap Dandim.  

Dalam rangkaian acara itu juga digelar apel gelar pasukan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah Kodim 0306/50 Kota yang berlangsung di lapangan Makodim 0306/50 Kota yang dipimpin Kapolres Limapuluh Kota. 

Hadir dalam acara itu Kapolres Limapuluh Kota dan Kapolres Payakumbuh, Kajari Payakumbuh,  Ketua PN Tanjung Pati,  Ketua MUI Safrijon, perwakilan dari agama Katolik Sunyoto, bundo kanduang, sejumlah kepala OPD dan lainnya. (humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban
- Advertisement -

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...
- Advertisement -

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.
- Advertisement -