27 C
Padang
Minggu, Januari 24, 2021
Beritasumbar.com

BPS Rilis Data Kemiskinan, Walikota  Payakumbuh Minta Warga Miskin Diberi Pelatihan Kewirausahaan
B

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Payakumbuh, Yon Andri, SE merilis data kemiskinan di Kota Payakumbuh. Data tersebut  berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2017. Dari data yang dirilis, terlihat penurunan persentase dan jumlah penduduk miskin di Kota Payakumbuh selama lima tahun terakhir.
“Diawal periode pertama Walikota Riza Falepi, persentase kemiskinan di Kota Payakumbuh tercatat sebesar 7,81% atau sebanyak 9,7 ribu jiwa. Sedangkan diawal periode kedua saat ini, persentase berkurang ke angka 5,88% atau sebanyak 7,72 ribu jiwa. Terjadi penurunan sebesar 1,98 ribu jiwa selama lima tahun ini,” ujar Yon Andri saat dihubungi Kamis (22/3).
Dikatakan, untuk mengukur kemiskinan, BPS menggunakan konsep kemampuan memenuhi kebutuhan dasar (basic needs approach).
“Dengan pendekatan ini, kemiskinan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran,” ujar Kepala BPS Kota Payakumbuh Yon Andri saat menyampaikan hasil rilis ke Dinas Kominfo Kota Payakumbuh beberapa waktu lalu.
Dikatakan Kepala BPS, permasalahan kemiskinan bukan saja hanya sekedar berapa jumlah dan persentase penduduk miskin. Dimensi lain yang perlu diperhatikan adalah tingkat kedalaman dan keparahan dari kemiskinan.
“Selain harus mampu memperkecil jumlah penduduk miskin, kebijakan kemiskinan juga harus dapat mengurangi tingkat kedalaman dan keparahan kemiskinan,” ungkap Yon Andri saat membeberkan datanya.
Dijelaskan, pada periode 2016-2017, indeks kedalaman kemiskinan dan indeks keparahan kemiskinan mengalami penurunan. Indeks keparahan kemiskinan turun dari 0,19 tahun 2016 menjadi 0,12 tahun 2017. Demikian pula indeks kedalaman kemiskinan juga mengalami penurunan dari 0,87 tahun 2016 menjadi 0,75 tahun 2017.
“Penurunan nilai dua indeks ini mengindikasikan bahwa rata-rata pengeluaran penduduk miskin di Kota Payakumbuh cenderung semakin mendekati garis kemiskinan dan ketimpangan pengeluaran diantara penduduk miskin juga semakin menyempit,” jelas Yon Andri.
Menanggapi data yang dirilis BPS tersebut, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menyatakan bersyukur dengan adanya penurunan jumlah penduduk miskin di Kota Payakumbuh.
“Kita patut bersyukur angka kemiskinan kita terus berkurang, hal itu turut diikuti dengan laju pertumbuhan ekonomi Payakumbuh yang melampaui rata-rata propinsi dan nasional, serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Payakumbuh juga jauh melampaui IPM provinsi,” ujar Walikota Riza Falepi saat di konfirmasi Via Whatsapp Kamis (22/3).
Walikota Riza Falepi menyatakan bahwa pihaknya memang fokus meningkatkan kesejahteraan warga Kota melalui berbagai program kegiatan yang akan berimbas pada turunnya angka kemiskinan.
“Kita mau angka kemiskinan terus turun, kalau bisa sampai keangka di bawah 1 persen, cuma tentu tidak bisa instan. Kami terus berupaya mendidik dan menyiapkan program agar mereka yang miskin segera keluar dari jerat kemiskinan, diantaranya memperbanyak peluang kerja, memberikan kesempatan pendidikan yang baik, melakukan program bantuan sosial seperti bedah rumah, bantuan usaha, dan lain sebagainya,” ulas Walikota Riza Falepi.
Dijelaskan, pihaknya terus membenahi sistem pelayanan bagi orang miskin, mulai dari pendataan, jenis layanan dan program apa yang cocok bagi kebutuhan warga miskin. Jika sistem sudah berjalan berbagai pengaduan masyarakat yang selama ini langsung ke saya bisa diminimalisir.
“Kan tidak mungkin setiap distribusi Raskin, Walikota harus langsung turun membagikan ke kelurahan-kelurahan untuk memastikan penyalurannya tepat sasaran, tidak begitu juga kan?,” ujar Riza setengah bertanya.
Ditambahkan, “Kedepan kita akan prioritaskan pelatihan-pelatihan kewirausahaan bagi warga miskin kita, sehingga mereka mampu menciptakan lapangan kerja baru dan keluar dari jerat kemiskinan,” pungkas Riza Falepi. (un)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.
- Advertisement -

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...
- Advertisement -

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -