25 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

BPS Limapuluh Kota gelar FGD Untuk Tingkatkan Kualitas Data
B

- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Senin 29/7 bertempat di Ballroom Sagobungsu Tanjung pati, Badan Pusat Statistik Limapuluh Kota gelar Forcus group Discussion(FGD). FGD kali ini dengan tema pembahasan Publikasi Kabupaten Limapuluh Kota dalam Angka 2019.

Kegiatan FGD tersebut dibuka langsung oleh Bupati Limapuluh Kota Ir.H Irfendi Arbi, M.P dan dihadiri oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota, unsur Forkopimda, pegawai BPS Limapuluh Kota dan undangan lainnya.

Dalam laporannya ketua pelaksana FGG tersebut, Kepala BPS Limapuluh Kota, Heri Sulistio menjelaskan kegiatan FGD Kabupaten Limapuluh Kota dalam angka 2019 ini merupakan publikasi yang nantinya diterbitkan oleh BPS setiap tahunnya, guna untuk membahas data semua sektor di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Kegiatan FGD ini, merupakan agenda yang kita lakukan tiap tahunnya, untuk mempersiapkan publikasi Kabupaten Limapuluh Kota dalam angka yang nantinya akan menggambarkan potret dari pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota ditiap tahunnya,” jelas Heri.

Selanjutnya ia mengatakan FGD tersebut juga bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas data Kabupaten Limapuluh Kota yang nantinya akan dipublikasi. Kemudian meminta masukan dan saran untuk perbaikan kita untuk tahun mendatang. Serta untuk memastikan, publikasi tahun ini siap cetak dan siap relis menjadi buku dan pada 16 Agustus nanti sudah siap untuk dicetak, dan diterbitkan di wessite resmi BPS.

“kita sangat perlu melaksanakan FGD ini dengan harapan kualitas data didaerah kita dapat meningkat tiap tahunnya, sehingga kepercayaan masyarakat dapat lebih meningkat dan data yang disajikan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang memerlukannya,”sambungnya.

Dalam kesempatan itu Heri juga menyinggung bahwa ditahun depan BPS juga akan mengadakan agenda besar yaitu pelaksanaan Sensus Penduduk, sehingga dirinya meminta dukungan dan kerjasama Pemkab Limapuluh Kota dan OPD terkait untuk menyukseskan agenda nasional tersebut.

Terakhir kepala BPS Limapuluh Kota tersebut mengharapkan dengan kegiatan FGD tersebut dapat meningkatkan koordinasi serta kerjasama antara OPD dengan BPS ke depannya, sehingga pengumpulan data sektoral dari OPD atau Instansi lainnya dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Irfendi Arbi menyampaikan bahwa Pemkab Limapuluh Kota sangat mengapresiasi dan berterimakasih dengan adanya kegiatan FGD pembahasan data Limapuluh Kota Dalam Angka 2019 yang dilaksanakan oleh BPS Limapuluh Kota tersebut.

Dirinya mengatakan kegiatan ini sangat penting dilaksanakan agar data yang nantinya akan disajikan kepada masyarakat dapat dikupas kembali, sehingga data dihasilkan akan berisi data-data yang berkualitas.

“FGD ini salah satu langkah awal untuk menghasilkan publikasi yang berkualitas yang akan membantu pemerintah daerah sebagai dasar perencanaan pembangunan yang tepat sasaran serta dapat menjawab permasalahan daerah memerlukan data berkualitas, akurat, lengkap, relevan, berkesinambungan dan terkini yang bersumber dari berbagai opd/instansi,”ujarnya.

Untuk itu, ia menginstruksikan kepada seluruh OPD yang mengikuti kegiatan FGD ini dengan serius dan bersungguh-sungguh, dan dapat meningkatkan koordinasi dengan BPS Limapuluh Kota dengan memberikan data yang berkualitas kepada BPS agar nantinya publikasi yang dihasilkan juga berkualitas.

Tak lupa di kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten Limapuluh Kota tersebut juga mengajak seluruh unsur masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020 untuk menuju Satu Data Kependudukan di Indonesia.

“Dikesempatan itu saya juga menghimbau untuk seluruh pihak agar berpartisipasi dalam kegiatan Sensus Penduduk ditahun depan, karena kerja besar tersebut tidak akan bisa terwujud tanpa adanya kerjasama dari semua pihak. Selamat melaksanakan FGD ini, semoga acara ini sukses dan berhasil dengan baik, sehingga data yang dihasilkan dari diskusi ini juga bermanfaat untuk bangsa negara serta pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota,”pungkasnya.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img