29.8 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

BPBD Padang Tambah Dua Mobil Pemadam
B

Kategori -
- Advertisement -

BPBD Padang Tambah Dua Mobil Pemadam

Padang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akan menambah dua unit mobil pemadam kebakaran pada 2015.

“Penambahan ini upaya meningkatkan sarana dan prasarana tim pemadam kebakaran agar saat bertugas lebih maksimal,” kata Kepala Pelaksana BPBD dan Pemadam Kebakaran Kota Padang Dedi Henidal di Padang, Selasa.

Menurut dia pengadaan dua unit mobil baru pada tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena unit yang akan dibeli memiliki kapasitas lebih besar yaitu 10.000 liter dan 16.000 liter air.

BPBD kini telah memiliki 14 unit mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas tangki hanya 4.000 sampai 6.000 liter air per unit, katanya.

Ia mengatakan pengadaan dua unit mobil damkar kapasitas besar sama dengan membeli lima sampai enam unit kendaraan baru jika kapasitasnya 6.000 liter air.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi persoalan hydrant atau pipa air di beberapa titik yang sudah tidak berfungsi, lanjutnya.

Ia mencontohkan jika terjadi kebakaran dalam skala besar dan hydrant atau pompa air di wilayah itu rusak, maka hanya mengandalkan unit pemadam kapasitas 6.000 liter bisa berdampak buruk pada keselamatan petugas dan masyarakat.

“Ini yang menjadi pertimbangan kami membeli unit baru dengan kapasitas lebih besar mengantisipasi kemungkinan terburuk ,” katanya.

Ia mengungkapkan Pemerintah Kota Padang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,75 miliar dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015 untuk pengadaan dua unit kendaraan tersebut.

Dedi menambahkan, BPBD saat ini memiliki 16 unit mobil pemadam kebakaran dengan dua unit terbaru, sedangkan berdasarkan pemetaan wilayah kebakaran di Padang setidaknya perlu 28 unit mobil pemadam.

“Kami inginkan 28 unit tetapi karena keterbatasan anggaran saat ini 16 unit cukup,” ujarnya.

Menurutnya, meskipun saat ini sarana dan prasarana terbatas pihaknya akan memberikan pertolongan semaksimal mungkin jika terjadi kebakaran.

Sementara, Hendri salah seorang tokoh masyarakat di Lubuk Kilangan Padang menilai keberadaan mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas tangki besar diperlukan agar pemadaman api lebih cepat.

“Berdasarkan pengalaman di Kecamatan Lubuk Kilangan kadang karena tangki mobil kecil, api belum padam sedangkan mobil sudah kehabisan air sehingga perlu diisi lagi, “ujar dia.

 

Sumber: Antara/Oleh Ikhwan Wahyudi
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img