28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

BPBD Padang Tambah Dua Mobil Pemadam
B

Kategori -

BPBD Padang Tambah Dua Mobil Pemadam

Padang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akan menambah dua unit mobil pemadam kebakaran pada 2015.

“Penambahan ini upaya meningkatkan sarana dan prasarana tim pemadam kebakaran agar saat bertugas lebih maksimal,” kata Kepala Pelaksana BPBD dan Pemadam Kebakaran Kota Padang Dedi Henidal di Padang, Selasa.

Menurut dia pengadaan dua unit mobil baru pada tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena unit yang akan dibeli memiliki kapasitas lebih besar yaitu 10.000 liter dan 16.000 liter air.

BPBD kini telah memiliki 14 unit mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas tangki hanya 4.000 sampai 6.000 liter air per unit, katanya.

Ia mengatakan pengadaan dua unit mobil damkar kapasitas besar sama dengan membeli lima sampai enam unit kendaraan baru jika kapasitasnya 6.000 liter air.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi persoalan hydrant atau pipa air di beberapa titik yang sudah tidak berfungsi, lanjutnya.

Ia mencontohkan jika terjadi kebakaran dalam skala besar dan hydrant atau pompa air di wilayah itu rusak, maka hanya mengandalkan unit pemadam kapasitas 6.000 liter bisa berdampak buruk pada keselamatan petugas dan masyarakat.

“Ini yang menjadi pertimbangan kami membeli unit baru dengan kapasitas lebih besar mengantisipasi kemungkinan terburuk ,” katanya.

Ia mengungkapkan Pemerintah Kota Padang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,75 miliar dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015 untuk pengadaan dua unit kendaraan tersebut.

Dedi menambahkan, BPBD saat ini memiliki 16 unit mobil pemadam kebakaran dengan dua unit terbaru, sedangkan berdasarkan pemetaan wilayah kebakaran di Padang setidaknya perlu 28 unit mobil pemadam.

“Kami inginkan 28 unit tetapi karena keterbatasan anggaran saat ini 16 unit cukup,” ujarnya.

Menurutnya, meskipun saat ini sarana dan prasarana terbatas pihaknya akan memberikan pertolongan semaksimal mungkin jika terjadi kebakaran.

Sementara, Hendri salah seorang tokoh masyarakat di Lubuk Kilangan Padang menilai keberadaan mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas tangki besar diperlukan agar pemadaman api lebih cepat.

“Berdasarkan pengalaman di Kecamatan Lubuk Kilangan kadang karena tangki mobil kecil, api belum padam sedangkan mobil sudah kehabisan air sehingga perlu diisi lagi, “ujar dia.

 

Sumber: Antara/Oleh Ikhwan Wahyudi
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Seratusan ASN dan Non ASN Jalani Swab PCR Massal di Dinas Kominfotik Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 116 orang terdiri dari ASN dan non ASN Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Kominfotik) Sumbar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar menjalani tes swab PCR, di Kantor Diskominfotik Sumbar, Senin (2/7/2021). Tes swab massal tersebut merupakan upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.
- Advertisement -

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)
- Advertisement -

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -