27 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Payakumbuh Bawa Nama Sumbar Ke Tingkat Nasional Dalam Bidang Keluarga Berencana
P

Kategori -

Kota Payakumbuh kembali menorehkan prestasi dibidang Keluarga Berencana di tingkat Nasional, sebagai satu-satunya wakil Prov. Sumatera Barat dalam lomba KB & Kesehatan. Lewat kelompok PKK Tanjung Anau Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Payakumbuh Utara. Tim Penilai tingkat Nasional,  Selasa (19/5), melakukan verifikasi ke lapangan untuk melihat laporan-laporan yang telah di kumpulkan TP-PKK Tanjung Anau sebelumnya.

Dalam lomba bidang KB & Kesehatan tingkat Nasional ini, Kota Payakumbuh sebagai wakil Sumatera Barat akan bersaing dengan lima kota lainnya di Indonesia. Mereka yaitu Kota Tebing Tinggi di Prov. Sumatera Utara, Kota Batam di Prov. Kepulauan Riau, Kota Metro di Prov. Lampung, Kota Bogor di Prov. Jawa Barat, dan Kota Palu di Provinsi  Sulawesi Tengah.

Penilaian KB Kes tingkat Nasional ini dihadiri oleh Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Mukhtar, Ketua TP PKK Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi, Ketua GOW Payakumbuh Ny. Rasyidah Suwandel, Kepala BPMP KB Harmayunis, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, serta Kepala SKPD lainnya.

Wakil Walikota Payakumbuh, Suwandel Mukhtar, merasa sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Kota Payakumbuh ini. “Kita merasa bangga dengan prestasi ini, artinya kita dapat bersaing dengan kota-kota lain di tingkat Nasional untuk bidang Keluarga Berencana.

Program KB bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program perencanaan keluarga. Untuk itu, prestasi ini kita jadikan sebagai pemicu untuk berusaha lebih baik lagi dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga Payakumbuh” kata Wawako.

Kegiatan Lomba ini merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2015 mendatang. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian Kesehatan melakukan penilaian bagi kota-kota yang berperan aktif dalam menjalankan program-program Pemerintah terutama di bidang KB, Kesehatan, dan PKK.

Selain lomba KB & Kesehatan ini, Pemerintah Pusat juga menggelar Lomba Prilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih & Sehat (LBS), dan Posyandu tingkat Nasional. Setiap Nominator yang terpilih akan diundang dalam acara puncak yang nantinya akan di pusatkan di Tanggerang Selatan tanggal 1 Agustus 2015 mendatang.

Anggota Tim penilai lomba ini terdiri dari Ratna Farida sebagai Ketua Tim dari TP PKK Pusat, Widiawati, Asih Hariyana, Bambang Hermanto dan Yudi Mulyadi (Kemenkes), Basaria, Susi Susilawati, dan Nurhayah (BKKBN Pusat). Poin yang akan dinilai dalam lomba ini terdiri dari tiga aspek yaitu kegiatan PKK, Kegiatan KB, serta Kesehatan.

“Kami hanya melakukan verifikasi langsung ke lapangan. Sebelumnya kami juga telah membaca laporan yang telah masuk ke meja kami. Apakah sesuai antara kenyataan dilapangan dengan laporan tersebut” kata ketua Tim, Ratna Farida.

 Ketua TP PKK Henny Riza Falepi, ikut merasa bangga dengan keberhasilan PKK Tanjung Anau dalam meraih prestasi ini. “PKK bukan sebagai tempat kumpul ibu-ibu yang tidak mempunyai kegiatan. Namun PKK juga mempunyai andil besar dalam membangun keluarga yang lebih sejahtera. Hal ini terlihat dari Dasawisma PKK yang bertujuan meningkatkan kualitas keluarga lewat Keluarga Berencana dan menjaga kesehatan. Terlebih lagi lewat prestasi ini, membuktikan PKK Kota Payakumbuh mempunyai peranan yang baik didalam keluarga” ujar Henny.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.
- Advertisement -

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Maksimalkan Pelayanan Keliling

Sejak awal tahun 2021 ini Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh langsung tancap gas melakukan pelayanan keliling, salah satunya adalah perekaman KTP elektronik (KTP-el) kepada seluruh masyarakat Payakumbuh yang belum rekam dan memiliki KTP-el.
- Advertisement -

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.

Pemuda Lingkungan Tarok Serahkan Bantuan Bagi Yayasan Cahaya Islam

Belasan pemuda Lingkungan Tarok mendatangi pengurus pondok pesantren Cahaya Islam yang bangunan asrama putri yayasan itu mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (16/1) dini hari lalu. Kedatangan anak-anak muda itu didampingi langsung oleh Gusmulyadi, Ketua Karang Taruna Puti Elok, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -