24.9 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Pengadilan Tipikor Padang Sidangkan 26 Kasus Korupsi
P

Kategori -

Padang – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Padang, menyidang 26 kasus korupsi yang terjadi di beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Barat (Sumbar) sejak Januari hingga pertengahan Mei 2015.

“Pengadilan Tipikor Padang wilayah hukumnya mencakup 19 kabupaten dan kota di Sumbar. Sejak Januari 2015 hingga saat ini, telah diterima sebanyak 26 kasus korupsi,” kata Panitera Muda Tipikor, Rimson Situmorang di Padang, Senin.

Ia mengatakan, daerah terjadinya kasus itu yakni Kabupaten Pasaman Barat, Solok Selatan, Sijunjung, Solok, Dharmasraya, Mentawai, Kota Bukittinggi, Padang Panjang dan Padang.

Rimson mengungkapkan, beberapa kasus tersebut seperti pengadaan mobil dinas bupati dan wakil bupati Pasaman Barat 2010 yang menjerat mantan kepala Bagian Umum sekretariat pemerintahan kabupaten itu Hendri Tanjung.

Dugaan korupsi anggaran Dinas Kesehatan Solok Selatan, dengan terdakwa kepala instansi itu, Azwar Hijar.

Selain itu, juga terdapat kasus korupsi dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Sibusuk, Sijunjung, yang telah divonis satu tahun penjara dengan terdakwa kepala sekolah Nadran.

Juga terdapat dugaan korupsi pengadaan Alkes Rumah Sakit Stroke Nasional (RSSN) Bukittinggi 2012, yang saat ini tengah menjalani persidangan.

Saat ditanyai tentang kemungkinan meningkatnya jumlah kasus korupsi pada 2015 dengan 2014 di Sumbar, Rimson belum dapat memastikan.

“Tidak tertutup kemungkinan meningkat, karena hingga Mei 2015 telah diterima sebanyak 26 kasus, sedangkan pada 2014 hingga akhir tahun diterima 53 kasus. Namun tentu belum dapat dipastikan,” katanya.

Sebelumnya, kasus korupsi di Sumbar terus meningkat dalam tiga tahun terakhir. Peningkatan drastis jumlah perkara terjadi pada 2014.

Berdasarkan data pengadilan pada 2014 diterima sebanyak 53 perkara, yang meningkat dua kali lipat dibandingkan 2013 dengan jumlah 29 perkara, dan pada 2012 sebanyak 26 perkara.

Pengamat hukum Universitas Ekasakti (Unes) Padang, Adhi Wibowo menilai, meningkatnya kasus korupsi yang disidangkan menandakan penegak hukum bekerja lebih giat. Sekaligus juga menandakan di Sumbar masih marak terjadinya praktek kasus korupsi.

Hanya saja, dia mengatakan, yang perlu dipertanyakan apakah kasus yang disidangkan tersebut bukan hanya kasus korupsi “kelas teri”, dan bukan yang besar dalam merugikan negara.

“Penegak hukum harus memakai ‘pukat harimau’ menegakkan korupsi, tidak pandang pejabat atau anak buah, semua yang terlibat harus disikat,” katanya.

Sedangkan pegiat antikorupsi dari Gerakan Lawan Mafia Hukum (GLMH) Sumbar Miko Kamal, menyoroti kinerja penegak hukum di daerah yang tidak melimpahkan kasus ke pengadilan.

“Buka menuduh, tapi daerah yang minim atau tidak melimpahkan korupsi sama sekali tentu harus disoroti. Melihat kejadian saat ini secara nasional, tidak mungkin tidak ada pelimpahan ke pengadilan dikarenakan tidak ada korupsi,” katanya.

Sedangkan Dekan Fakultas Hukum Universitas Eka Sakti Dr Otong Rosadi, mengatakan, upaya pencegahan dalam memberantas korupsi juga harus diutamakan di samping upaya penindakan.

“Korupsi tidak bisa terus berbicara tentang penindakan, tapi juga pencegahan sejak awal. Penegak hukum juga harus melihat kembali Perpres Nomor 55 Tahun 2012,” jelasnya.

Ia mengatakan, beberapa solusi dalam upaya pencegahan berdasarkan teorinya. Pertama menjalankan undang-undang keterbukaan informasi, dan pelayanan publik sejalan.

“Sehingga masyarakat dapat mengetahui peruntukkan setiap sen anggaran yang ada, dan mengawasi tindakan maladministrasi terhadap pelayanan publik, sebagai cikal bakal terjadinya tindakan korupsi,” katanya.

 

Sumber: Antara/Oleh Agung Pambudi
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Lantik Emi Ratna Aprilana Sebagai Kasi Penmad

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Drs. H. Gusman Piliang, MM lansung pimpin Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin (02/08/2021)
- Advertisement -

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.
- Advertisement -

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -