25 C
Padang
Jumat, Mei 14, 2021
Beritasumbar.com

Begini Respon Forum Peduli Luak Limopuluah Terhadap Rencana Pembangunan Payakumbuh Convention Hotel
B

Kategori -

Payakumbuh — Yudilfan Habib Engku Sintal, tokoh masyarakat dari Forum Peduli Luak Limopuluah memberikan respon dengan adanya rencana pembangunan Payakumbuh Convention Hotel yang MoU nya telah ditandatangani Wali Kota Riza Falepi bersama Investor Korea bebebapa waktu lalu.

Di balai wartawan Luak Limopuluah, Rabu (4/11), Habib menyebut Pemko dan DPRD secepatnya harus melahirkan regulasi dalam bentuk peraturan daerah (perda) peruntukan kawasan investasi pariwisata yang berwawasan lingkungan hidup (ekosistem). Menurutnya harus dibuatkan seperti Perda Investasi Ekowisata.

“Kalau ini tidak dilakukan, dikhawatirkan menuai masalah berkepanjangan seperti dampak lingkungan, kecemburuan sosial, dan hal lain yang akan merugikan ke Pemko dan warganya. Kita support keinginan Payakumbuh mengambil peran penting sebagai mediteranianya Luak Limopuluah,” ungkap Habib.

Habib menyampaikan tamu hotel nantinya akan stay di Payakumbuh, untuk berwisata juga ke Kabupaten Limapuluh Kota. Payakumbuh didukung pasar wisata industri kreatif, akan berkaitan dengan wisata alam Kabupaten Limapuluh Kota terdekatnya seperti Situjuh, Kayu Kolek, dan Lareh Sago Halaban, makanya perlu di Perda kan.

“Jalan di sekitaran kawasan Batang Agam pun terintegrasi dengan kawasan Ngalau yang menjadi lokasi hotel dan destinasi wisata. DPRD harus pro aktif sebagai badan legislasi daerah menunjukkan keseriusannya membangun dengan regulasi jelas, sehingga iklim investasi dan pariwisata kita nyaman,” terangnya.

Menurutnya, kaum yang sebelumnya memiliki hak tanah, nantinya tidak merasa disisihkan, ada hak anak kemenakannya disana. Bahkan mereka dapat menjadi bagian investor atau pemegang saham, kaum tidak kehilangan hak atas ulayat mereka (harta pusaka tinggi). Sehingga fungsi pemerintah sebagai fasilitator pelayanan publik dapat berjalan dengan baik.

“Antara kota dan kabupaten, ada sinergisitas dan imbas bagi kedua daerah dalam bidang kemajuan ekonomi. Taraf hidup masyarakat semakin naik, disamping itu pemerintah harus mengatur keamanan dan kenyamanan orang yang datang melalui edukasi sadar wisata kepada warga setempat, ini perlu dilakukan agar iklim wisata yang nyaman itu terwujud,” kata Habib.

Regulasi yang perlu diperhatikan adalah Payakumbuh menjadi sentral perdagangan Luak Limopuluah, ada pusat perbelanjaannya pasar tradisional, pasar moderen, sampai pasar kuliner malam.

“Penataan kepada pasar juga harus segera dilakukan guna menunjang iklim pariwisata yang nyaman itu jadi. Semoga hal ini dapat menjadi perhatian oleh Pemko dan DPRD,” pungkasnya. (BW)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kapolres Pessel Sampaikan Pesan anggotanya Jaga Kesehatan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Dalam kunjungan itu, Kapolres Pessel melihat situasi pos pelayanan tersebut. Dan, juga kesiapan anggota, termasuk sarana juga prasrana di pos pelayanan.
- Advertisement -

Masih Zona Orange, Pemkab Sijunjung Tidak Fasilitasi Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Pemerintah Kabupaten Sijunjung tidak akan memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri karena daerah tersebut masuk zona orange dalam kasus Covid-19. Bupati Sijunjung Beny Dwifa...

HKP Sedunia, Balai Wartawan – BPJS Kesehatan Payakumbuh Bagikan Ta’jil Gratis

PAYAKUMBUH - Balai Wartawan Luak Limopuluah bersama BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh membagikan sekitar 1.000 ta'jil gratis kepada masyarakat di pusat pasar Kota Payakumbuh. Aksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Pers (HKP) Sedunia setiap tanggal 3 Mei.
- Advertisement -

Masih Zona Orange, Pemkab Sijunjung Tidak Fasilitasi Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Pemerintah Kabupaten Sijunjung tidak akan memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri karena daerah tersebut masuk zona orange dalam kasus Covid-19. Bupati Sijunjung Beny Dwifa...

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wako Izinkan Sholad Id Di Masjid Atau Lapangan

Payakumbuh --- Menindaklanjuti Surat Edaran baru Gubernur Sumatera Barat Nomor : 09/Ed/GSB-2021 Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 (Covid-19) Di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, Wali kota Riza Falepi menyampaikan membolehkan warganya untuk shalat idul Fitri sepanjang tidak membahayakan kondisi lingkungan, artinya sepanjang daerah yang melaksanakan beresiko rendah

Tim Satgas Covid Kota Payakumbuh Lakukan Monitoring Ke Posko Tingkat Kelurahan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dalam rangka penanganan dan pengendalian Covid-19 di Payakumbuh, Tim Satgas Covid-19 yang tergabung kedalam tujuh kelompok melakukan monitoring ke Posko PPKM mikro di tingkat kelurahan, Selasa (11/05).

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.

Matangkan Konsep School Of Randang, Wawako Gelar Diskusi Dengan Stakeholder Terkait

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Untuk lebih mematangkan konsep School of Randang, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama stakeholder terkait melaksanakan diskusi di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, Jumat (07/05).

HKP Sedunia, Balai Wartawan – BPJS Kesehatan Payakumbuh Bagikan Ta’jil Gratis

PAYAKUMBUH - Balai Wartawan Luak Limopuluah bersama BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh membagikan sekitar 1.000 ta'jil gratis kepada masyarakat di pusat pasar Kota Payakumbuh. Aksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Pers (HKP) Sedunia setiap tanggal 3 Mei.

Komisi C DPRD Desak RSUD Adnaan WD Selesaikan Tunggakan Pembayaran Jasa Tenaga Medis

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Komisi C DPRD Kota Payakumbuh melaksanakan pertemuan bersama Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh untuk mendengarkan penjelasan terkait polemik pembayaran jasa medis dan insentif Covid-19 yang terjadi di RSUD, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Kamis (6/5).

Pembinaan TP-PKK Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Kadis Nakerin : Masyarakat Harus Cerdas

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dalam rangka persiapan lomba TP-PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat, TP-PKK Kelurahan Padang Tinggi Piliang mengadakan pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dilaksanakan di Kantor Lurah Padang Tinggi Piliang, Kamis (6/5).

DWP Payakumbuh Gelar Bagi Sembako

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Darma Wanita Persatuan (DWP) Payakumbuh melalui program DWP peduli memberikan bantuan sembako untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan I, II A, THL serta masyarakat kurang mampu yang tidak mendapatkan BLT dari pemerintah.

Kebakaran Di Ibuh, Damkar Payakumbuh Kerahkan Seluruh Armada

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,- Pemadam kebakaran (DAMKAR) Kota Payakumbuh segera bergerak meluncur setelah mendapat informasi dari warga via telepon kalau ada kebakaran rumah di Jalan Lampuang Kelurahan Ibuah, Kamis (6/5) sekitar pukul 13.00 siang.

Tim Yustisi Penegak Perda Kota Payakumbuh Gelar Razia

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Razia yang dilakukan Tim Yustisi penegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru terus dilaksanakan di Payakumbuh, mengingat saat ini kasus Covid-19 terus meningkat.
- Advertisement -