28 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Bea Serendy Kenalkan Pop Falsetto Harmonies Lewat Single Solo Perdana ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’
B

Kategori -

Yogyakarta (BeritaSumbar.com) – Teknik vokal falsetto harmonies telah terbukti mengantar kesuksesan bagi Bee Gees, grup band rock legendaris dunia. Bea Serendy, penyanyi cantik asal Yogyakarta mengenalkan teknik vokal tersebut dalam aliran musik pop orkestra kepada para penikmat musik di Indonesia lewat single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, videoklipnya dirilis pada Kamis, 15 April 2021 di channel YouTube Prima Founder TV.

Bea Serendy baru tahu kalau teknik vokal yang ia gunakan pada lagu Sampai Matahari Berhenti Bersinar bernama falsetto harmonies. Bea Serendy menggunakan teknik vokal tersebut awalnya karena terdengar enak dan paling nyaman saat ia menyanyikannya, kata Bea Serendy saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Kamis (15/4/2021).

Lagu Sampai Matahari Berhenti Bersinar merupakan karya lagu AM. Kuncoro, ayah kandung dari Bea Serendy. AM. Kuncoro musisi yang sangat produktif melahirkan karya lagu, baik untuk grup band-nya, Heniikun Bay, maupun untuk para artis penyanyi di bawah naungan Prima Founder Records, label rekaman yang ia dirikan bersama Rulli Aryanto.  

“Buat Bea, lagu Sampai Matahari Berhenti Bersinar sangat spesial, karena Bea sering denger lagu ini dari kecil, dan sekarang Bea bisa membawakan lagu ini dengan aransemen yang enak. Kalau maknanya buat Bea sendiri, lagu ini menyampaikan rasa rindu dan cinta yang berat pada sosok orang yang sangat penting bagi hidup kita, berharap agar rasa rindu dan cinta itu tersampaikan melalui angin malam dan bulan yang bersinar,” kata Bea Serendy.

Seperti dijelaskan Bea Serendy, ia merasa belum yakin menjadikan falsetto harmonies sebagai karakter vokalnya, namun Bea Serendy mau meningkatkan kemampuannya menggunakan teknik vokal tersebut untuk ke depannya, agar bisa menjadi salah satu kekuatannya dalam bernyanyi. Bea Serendy tidak menutup kemungkinan untuk menerapkan teknik vokal tersebut pada karya-karya lagu berikutnya, meskipun Bea Serendy juga ingin menggali kemampuan untuk menguasai teknik-teknik vokal lainnya.

Harmonisasi yang indah pada lagu Sampai Matahari Berhenti Bersinar menandai kematangan AM. Kuncoro dalam menyusun komposisi akord sebuah lagu. Wajar jika lagu tersebut punya tantangan tersendiri untuk dapat berhasil menyanyikannya, baik dalam penjiwaan pada liriknya, juga pada perpindahan akordnya. Sebuah kebahagiaan tersendiri bagi Bea Serendy atas keberhasilannya menyanyikan lagu tersebut dengan baik.

“Bea sempat beberapa kali mau nangis karena merasa kurang maksimal saat menyanyikan bagian-bagian tertentu dalam lagu Sampai Matahari Berhenti Bersinar, tetapi setelah mengulang-ulangnya beberapa kali, akhirnya Bea bisa, walaupun sedikit kurang maksimal,” kata Bea Serendy.

Aransemen musik lagu Sampai Matahari Berhenti Bersinar digarap bernuansa pop orkestra, dikemas selaras dengan trend musik saat ini. Mendengar lagu tersebut seakan kita dibawa ke dimensi yang berbeda, sekali dengar menimbulkan kerinduan untuk mendengarnya kembali. 

Pada kesempatan yang sama, AM. Kuncoro mengatakan, “Lagu Sampai Matahari Berhenti Bersinar memiliki makna yang sangat dalam, sehingga tepat disajikan dalam nuansa pop orkestra. Vokal Bea Serendy yang lembut sangat sesuai dengan warna musik ini, mampu membawa suasana dan kesan romantis yang kuat.”

Untuk menjadikan lagu Sampai Matahari Berhenti Bersinar sebagai masterpiece bagi Bea Serendy dan juga untuk AM. Kuncoro, penggarapan lagu tersebut melibatkan musisi-musisi handal yang telah dipercaya kemampuannya. Prima Founder Records mengemas lagu tersebut secara istimewa untuk disajikan kepada para penikmat musik, baik secara kualitas lagu dan juga pada visualisasinya melalui videoklip.

Rulli Aryanto, salah seorang pendiri Prima Founder Records menyebutkan para kreator yang terlibat dalam penggarapan lagu dan videoklip lagu Sampai Matahari Berhenti Bersinar dari Bea Serendy, yaitu Executive Producer: Maya Sari Devi / PF Records, Producer: AM. Kuncoro, Rulli Aryanto, Line Producer: Kukuh Riyadi, Music Producer: Luddy Roos, Music Arrangement: Luddy Roos, AM. Kuncoro, Rulli Aryanto, Piano: Anggoro, Vocal Director: Rulli Aryanto Tracking: Prima Founder Studio, Asst. Audio Producer : Zulpadli Damas, Mixing: Eckel Roos, dan Mastering: Axel Naray.

Untuk visualisasinya, Rulli Aryanto mengatakan Bea Serendy langsung jadi visual pada videoklip  lagunya tersebut, beradu akting dengan Yosi Ginting. Para kreatornya, yaitu Location Manager: Bayu Ari, Unit Manager: Bagaskara Adi Putra, Panca Sugeng Ardiansyah dan Budi Prasetyo, Driver: Bassipun, Hening Setyo Novito, Afrizal Hasugian, Toni Tri Haryanto, Director of Photography: Imam Dwi Setyo, Asst. Cameraman: Siswantoro, Gaffer: Dhiya Ulhaq Masardi, Kamera dan Lighting: Hening Setyo Novito, Ragil Wicaksono, Bassipun, Ligthtingman: Rajib, Hening, Ragil, Ipun, Art Director: Eko Ceriawanto, Team Artistik: Irfan Maulana, Deny Ramadhan, Rio Frela, Aji “Dimas” Pramudito, Make Up: Janu Parwiyanti, Kostum: Janu Parwiyanti, Maria Oktaviana Putri, Ninuk Dian Suratri, Hair Stylish: Diah Ajeng Sekar Melati, Editor: Fajar K. Effendi, Ass. Editor: M. Wildan Aulia R., BTS: Dewa Putu Rajassaefana Dewata, Asst. Director: Ahmad Rezi Fahlevie, Script Continuity: Agung Faturrohman, Rio Akbar Jalu Pandita, Music Playback: Hening Setyo Novito, Clipper: Dida, dan Director: Bambang “Ipung” K.M., Dhisga Amandatya.

“Awalnya, gak ada rencana buat release lagu Sampai Matahari Berhenti Bersinar pas di hari ultah Bea, tapi setelah melihat bahwa kita bisa release pas di hari itu, kita ambil kesempatan tersebut, untuk menjadikan release lagu ini lebih special lagi. Untuk para penggemar, semoga kalian suka sama single solo perdana Bea, Sampai Matahari Berhenti Bersinar, dan nantikan lagu-lagu Bea berikutnya ya,” kata Bea Serendy.

Videoklip lagu Sampai Matahari Berhenti Bersinar karya AM. Kuncoro yang dinyanyikan Bea Serendy ada di link berikut ini: https://youtu.be/fdyRd2QBpQg

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).
- Advertisement -

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

CRID feat Anto Baret Rilis Lagu Honocoroko, Maknai Kesetiaan Hidup Bernegara Saat Hadapi Pandemi

Asal mula aksara Jawa yang dikenal dengan sebutan Honocoroko terdapat dalam legenda Ajisaka. Kisahnya yang mengharukan bisa menjadi bahan edukasi bagi mental bangsa dalam kesetiaan hidup bernegara, apalagi di situasi pandemi saat sekarang ini. Di momen penyambutan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, grup band CRID feat Anto Baret mengangkat mitologi tersebut di lagu terbaru mereka yang berjudul Honocoroko, soft lauching-nya akan dilakukan di acara tumpengan kecil pada Minggu, 18 Juli 2021 di Jalan Kalipasir No. 16 Cikini, Jakarta Pusat.

Amir Roez feat Ocka Sampaikan Pesan Perdamaian untuk Dunia Lewat Rilis Lagu Seperti Waktu

Pandemi Covid-19 masih terjadi hingga saat ini, wabah tersebut juga menimbulkan prasangka dan rasa saling curiga yang berujung pada caci maki, baik antara individu maupun kelompok tertentu. Tak ingin kondisi tersebut memberi efek negatif pada psikologis masyarakat, Amir Roez featuring Ocka memberi pesan perdamaian melalui lagu terbaru berjudul Seperti Waktu, dirilis pada Rabu, 7 Juli 2021 di kanal YouTube Sembilan Production Official.

AM Kuncoro Rilis 3 Karya Lagu dari 3 Genre Musik di Bulan Juni 2021

Karya lagu biasanya terlahir dalam genre musik tertentu. Setiap genre musik memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Seorang penikmat musik bisa saja menyukai lebih dari satu genre musik. Membaca peluang tersebut, AM. Kuncoro, Vokalis grup band Heniikun Bay akan merilis 3 lagu dari 3 genre di bulan Juni 2021 pada stasiun radio berbagai kota di Indonesia.

Prima Founder Records Gelar Jumpa Pers OST Web Series Mimi Mintuno – The Story of Tresno

Kepiting Tapal Kuda dikenal masyarakat Jawa dengan nama Mimi Mintuno. Mereka memfilosofikan Mimi Mintuno sebagai sepasang hewan sejoli yang saling setia sehidup semati. Filosofi tersebut jadi budaya tersendiri bagi masyarakat Jawa, termaktub dalam doa pada saat prosesi pernikahan, "Dadio pasangan koyo mimi lan mintuno", artinya "Jadilah pasangan yang awet dan setia seperti mimi dan mintuno”.

AM Kuncoro bersama Steven & Tege Coconut Treez Siap Lestarikan Bahasa Daerah Lewat Lagu Mimi Mintuno Tresno

Sebuah lagu juga dapat menjadi media dalam pelestarian bahasa daerah untuk diwariskan kepada generasi selanjutnya. Seperti Mimi Mintuno Tresno, lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh AM. Kuncoro berkolaborasi dengan Steven & Tege, dua personal Coconut Treez, grup musik reggae legendaris Indonesia yang popular dengan lagu Welcome to My Paradise.

The Bungsu Optimis Rilis Single Perdana Setelah 16 Tahun Berkiprah

The Bungsu bukanlah nama baru di peta musik Tanah Air. Grup band tersebut sudah 16 tahun menjajal berbagai panggung hiburan di Bandung, kota asalnya. Berbekal kematangan dari menjalani proses bermusik, The Bungsu optimis merilis single perdananya yang berjudul 'Cinta Sebelah Mata' pada Kamis, 27 Mei 2021 di kanal YouTube Ruangkreasi TV.

Prima Founder Records Buka Casting Web Series Mimi Mintuno – The Story of Tresno

Songbanyu, sebuah desa terpencil yang terletak di ujung timur Provinsi Yogyakarta memiliki keindahan alam yang begitu mempesona. Melihat potensi yang dimiliki oleh desa tersebut, Prima Founder Records mengangkat kearifan lokal yang dimilikinya ke dalam web series yang berjudul Mimi Mintuno – The Story of Tresno, casting-nya resmi dibuka dari tanggal 12 - 23 Mei 2021 untuk para pegiat seni peran di seluruh Indonesia.

Alex Yunggun Produseri Sendiri Single Solo Perdananya ‘Painting of Beauty’

Alex Yunggun, remaja berusia 16 tahun asal Kota Yogyakarta punya selera dan imajinasi unik dalam menulis lagu, seperti pada lagu Painting of Beauty yang akan menjadi single solo perdananya. Alex Yunggun akan take vokal lagu tersebut pada pada Senin, 31 Mei 2021 di Yogyakarta.

Andre Gustian Vokalis Lochness Rilis Single Solo Perdana Gadisku, Karya Yoni Dores Penulis Lagu Nike Ardila

Andre Gustian, Vokalis grup band Lochness dipercaya Yoni Dores, adik kandung Deddy Dores untuk menyanyikan karya lagunya yang berjudul Gadisku. Lagu tersebut jadi single perdana Andre Gustian, dirilis pada Kamis, 20 Mei 2021 di channel YouTube Bintang Delapan Production.
- Advertisement -