26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Banjir Rendam 200 Rumah di Solok Selatan
B

Kategori -

Kabupaten Solok Selatan kembali dilanda banjir. Kali ini banjir merendam 200 rumah di Kecamatan Sungai Pagu pada Minggu (23/11) dinihari dengan ketinggian mencapai 1,5 meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan Editorial di Padang Aro, pagi tadi, menyebutkan, hujan lebat yang terjadi di daerah itu pada Sabtu hingga Minggu dini hari, membuat debit air tidak mampu tertampung di Sungai Batang Suliti.

Banjir di Sungai Pagu ini diakibatkan tingginya curah hujan yang mengguyur daerah tersebut selama dua hari. Akibatnya, Sungai Batang Suliti tidak mampu menampung debit air sehingga meluap ke pemukiman warga.

Editorial menyebutkan, dua jorong Nagari Pasar Muaralabuh yang terendam banjir, yakni Jorong Pasar Muaralabuh Timur dan Pasar Muaralabuh Utara, sementara satu jorong di Nagari Pasir Talang Selatan adalah Jorong Kampung Palak.

Menurut Editorial, meskipun tidak ada korban jiwa dan warga tidak mengungsi karena air cepat surut, sekitar 1.000 penduduk mengalami dampak dari musibah ini. Banjir juga merendam perabotan rumah tangga milik warga yang tidak sempat diselamatkan. “Air bisa cepat surut karena ketiga jorong tersebut berada tepat di pinggir Sungai Batang Suliti,” kata dia.

Selain banjir, longsor juga kembali terjadi di Solok Selatan, tepatnya di Pinti Kayu dan Ladang Kongsi. Namun dalam peristiwa ini tak ada rumah warga ataupun korban yang tertimbun.

Di Pinti Kayu sendiri longsor juga sempat terjadi beberapa waktu lalu dan menyebabkan dua buah kuburan terbongkar. BPBD pun akhirnya memindahkan jasad dari dua kuburan tersebut.

Akibat longsor yang kedua ini jalan akses ke Pinti Kayu kembali tertutup karena material longsor menimbun badan jalan. BPBD pun mengerahkan sejumlah alat berat untuk membersihkan jalan dari material longsor. (red/kompas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Laga Divisi 3 Turnamen Nusa Bersinar Cup Di NDB Ditutup Wawako Erwin Yunaz

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz tidak setengah-setengah memberikan support kepada pemain dan panitia sejak Turnamen Nusa Bersinar CUP dihelat pertengahan Desember tahun lalu. Laga Divisi 3 yang dibuka dan diresmikan orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu, juga ditutupnya dengan menyerahkan hadiah langsung kepada sang pemenang, Kamis (8/1) malam, di lapangan Badminton Outdoor Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Ide Sekolah Tangguh Covid-19, Erwin Yunaz Siapkan Pilot Proyek Di Kecamatan Payakumbuh Barat

Proses belajar mengajar (PBM) tatap muka sudah dimulai di Payakumbuh sejak awal tahun 2021. Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat protokol kesehatan ketat harus diterapkan di sekolah. Seluruh warga sekolah seperti siswa, guru, dan tenaga kependidikan wajib memakai masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh untuk bisa masuk ke lingkungan sekolah.
- Advertisement -

Warga Tanjuang Gadang dihebohkan Penemuan Mayat Laki Laki

Masyarakat Jorong Guaguak None Kenagarian Tanjung Gadang kabupaten Sijunjung dihebohkan dengan penemuan mayat laki-laki Minggu (10/1) Sekitar pukul 09.30 WIB.

Taruko Menuju Kampung Wisata

Mengawali tahun 2021, Kota Payakumbuh mencoba siapkan destinasi unggulan untuk menarik wisatawan datang. Destinasi tersebut berada di Taruko, Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -