25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Gubernur Yang Berbeda!
G

Kategori -

Oleh: Ika Akbarwati (kontributor selasar)

Gubernur Belatar Belakang Berbeda dengan Mayoritas Masih Jadi Kasus Unik di Indonesia. Penolakan Forum Pembela Islam (FPI) terhadap Gubernur DKI Jakarta yang baru dilantik Basuki T. Purnama disebabkan oleh status agama Basuki (Ahok) yang non-Muslim dan sikap perilakunya yang dinilai kasar. Meskipun ada hal-hal lain menyangkut kebijakan Ahok yang dikritik oleh ormas tersebut, faktor agama yang dianggap sebagai minoritas di Jakarta yang sebagian besar penduduknya Muslim menjadi faktor yang paling mentereng.

Di Indonesia pada umumnya pimpinan propinsi dipilih sesuai latar belakang (etnis atau agama) dari penduduk terbanyak yang ada di propinsi tersebut. Meskipun demikian selain di DKI Jakarta saat ini dapat kita temui gubernur yang latar belakangnya tidak sama dengan latar belakang penduduk terbanyak di propinsi tersebut.

Kalimantan Barat

Menurut sensus penduduk tahun 2010 mengenai sebaran penduduk per propinsi berdasarkan agama yang dianut Kalimantan Barat merupakan propinsi yang penduduk terbesarnya beragama Islam. Saat ini gubernur Kalimantan Barat adalah Drs. Cornelis, MH dari Partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDIP) dengan Wakil Gubernur Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM dari Partai Demokrat. Gubernur Cornelis tercatat beragama Katolik dan wakil gubernur Christiandy tercatat beragama Protestan.

Cornelis dan Christiandy sendiri saat ini menjabat untuk termin keduanya. Pada tahun 2008 lalu mereka berdua terpilih untuj menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur untuk pertama kalinya. Dan di tahun 2013 kembali terpilih untuk periode 2013 – 2018.

Kalimantan Tengah

Selain DKI Jakarta dan Kalimantan Barat, propinsi di Indonesia yang dipimpin oleh gubernur dengan latar belakangan berbeda dengan latar belakang penduduk mayoritas di propinsi tersebut adalah Kalimantan Tengah. Menurut sensus penduduk tahun 2010 mengenai sebaran penduduk per propinsi berdasarkan agama yang dianut Kalimantan Tengah merupakan propinsi yang penduduk terbesarnya beragama Islam.

Saat ini gubernur di propinsi tersebut adalah Dr.(H.C.) Agustin Teras Narang, S.H. dari PDIP. Agustin tercatat beragama Protestan. Sementara itu wakil gubernurnya adalah Ir. H. Achmad Diran, beragama Islam. Kedua gubernur dan wagub ini juga sudah bersama-sama menjabat untuk termin keduanya pada periode 2010 – 2015 setelah memenangkan termin pertama di tahun 2005.

Jakarta Pernah Dipimpin Henk Ngantung

Sebelum Ahok sebenarnya Jakarta juga pernah dimpimpin oleh Gubernur dari etnis Tionghoa yang beragama Kristen yaitu Hendrik Hermanus Joel Ngantung atau biasa dipanggil Henk Ngantung. Henk sebelumnya adalah Wakil Gubernur yang diangkat Prresiden Soekarno untuk membantu Gubernur Sumarno pada periode 1960 – 1964. Kemudian pada periode 27 Agustus 1964 sampai 15 Juli 1965 Henk diangkat sebagai gubernur.

Henk saat diangkat sebagai wagub tidak memiliki pengalaman sebagai birokrat. Ia adalah seorang pelukis yang membuat sketsa Tugu Tani sebelum bangunan tersebut didirikan. Saat menjabat sebagai gubernur Jakarta Henk yang lahir pada tanggal 1 Maret 1921 masih berusia relatif muda yaitu 43 tahun.

Jika melihat bahwa dari 34 propinsi di Indonesia hanya ada tiga propinsi yang saat ini dipimpin oleh gubernur dengan latar belakang berbeda dari mayoritas penduduk di propinsi tersebut, maka kondisi ini bisa dikatakan unik dan tidak biasa. Propinsi-propinsi lain yang mayoritasnya Non-Muslim seperti NTT, Bali, Sulawesi Utara, Papua Barat dan Papua dipimpin oleh orang dengan latar belakang sesuai dengan mayoritas di propinsi-propinsi tersebut.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.
- Advertisement -

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.
- Advertisement -