27 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Balita Hafal Qur’an 1 Juz Dalam Waktu 4 Bulan
B

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Apa pendapat kita jika anak yang masih balita sudah hafal Al-Quran? Tentu menakjubkan, bukan? Apalagi para balita ini menghafal Kitabullah dalam waktu yang relatif sangat singkat.

Inilah yang dibuktikan oleh Sekolah Komunitas TAUD Semut-Semut Payakumbuh. Dalam acara haflah Laporan Akhir Semester, Senin (14/12/2020) lalu, sekolah ini berhasil membuktikan hasil pendidikannya.

“Belajar dimulai di awal Agustus 2020. Masuk awal bulan Desember 2020, ananda kita sudah ujian juz 30. Berarti hanya dalam kurun waktu 4 bulan saja, ananda sudah berhasil menghafal 1 juz,” papar Kepala Sekolah TAUD Semut-Semut, Ustadzah Aulia Tivani, SKM dalam keterangannya kepada wartawan.

Kendati hanya dalam waktu empat bulan saja, Ustadzah yang akrab disapa Vani tersebut mengklaim hafalan anak-anak mereka sudah mutqin (kuat) dan bisa di uji. “Terbukti dengan bacaan Alquran yang lancar dari Abasa s.d Al-Buruj (6 halaman). Demikian juga di sesi sambung ayat. Seluruh wali murid diberikan kesempatan untuk mengetes hafalan anak-anak. Alhamdulillah semua pertanyaan terjawab dengan baik. Tak lupa dengan nama suratnya sekaligus,” jelas beliau.

Hingga tibalah sesi pertanyaan tersulit dari pembina Sekolah Komunitas TAUD Semut-Semut, Ustadz H Hannan Putra Lc MA. Pertanyaannya hanya satu kata saja di dalam juz 30, anak-anak diminta untuk meneruskan ayatnya. Namun Alhamdulillah, seluruh soal berhasil dijawab dengan sempurna.

“Demikian juga sesi sambung menyambung ayat. Setiap anak secara bergiliran membaca satu ayat menyambung ayat yang dibaca sebelumnya. Alhamdulillah, dari tiga pertanyaan di Surat An-Naba, An-Nazi’at, dan Abasa, semuanya terjawab dengan baik,” papar Ustadzah Vani.

Pertemuan siang itu disambut haru para orang tua. Mereka bangga, balita mereka kini telah hafal satu juz dari Kitabullah. “Semua berurai air mata, penuh bangga. Terima kasih ananda kami. Terima kasih guru-guru kami yang hebat,” Tutup Ustadzah Vani.

Para orang tua tentu ingin anak mereka hafal Al-Quran di usia yang masih belia. Mengingat banyak sekali keutamaan ketika anak menjadi penghafal Al-Quran. Diantaranya, anak yang hafal Al-Quran bisa memberi syafaat kepada 10 orang anggota keluarganya yang sudah ditetapkan masuk neraka, memberikan orang tuanya mahkota yang lebih terang dari cahaya matahari, memberikan orang tuanya jubah kemuliaan, dan seterusnya.

Inilah visi besar yang sedang dilaksanakan Sekolah Komunitas TAUD Semut-Semut Payakumbuh. Berangkat dari sebuah keyakinan, bahwa usia 0-5 tahun adalah usia golden age manusia. Di usia emas ini, kurikulum terbaik adalah menghafal Kitabullah sebagaimana pernah diterapkan kepada para pemimpin peradaban zaman dahulu. Sekolah TAUD Semut-Semut masih membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) hingga 20 Desember 2020 Mendatang.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.
- Advertisement -

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.
- Advertisement -

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.

Pemuda Lingkungan Tarok Serahkan Bantuan Bagi Yayasan Cahaya Islam

Belasan pemuda Lingkungan Tarok mendatangi pengurus pondok pesantren Cahaya Islam yang bangunan asrama putri yayasan itu mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (16/1) dini hari lalu. Kedatangan anak-anak muda itu didampingi langsung oleh Gusmulyadi, Ketua Karang Taruna Puti Elok, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Maksimalkan Pelayanan Keliling

Sejak awal tahun 2021 ini Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh langsung tancap gas melakukan pelayanan keliling, salah satunya adalah perekaman KTP elektronik (KTP-el) kepada seluruh masyarakat Payakumbuh yang belum rekam dan memiliki KTP-el.

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"
- Advertisement -