27 C
Padang
Kamis, Mei 2, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

APKASINDO Lakukan Audiensi Dengan Pemkab Dan DPRD Sijunjung
A

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung,BeritaSumbar.com, -Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia ( APKASINDO) kabupaten Sijunjung melakukan audensi dengan Pemkab dan DPRD Ranah Lansek Manih di Balairung kantor bupati, Selasa (17/5).

Dalam audensi ini, mereka menuntut para pemilik pabrik sawit didaerah ini tidak seenaknya menentukan harga Tandan Buah Segar ( TBS). Pada hal harga TBS sudah ditentukan oleh pemerintah provinsi sekali seminggu.
Kedua,PKS yang ada di kabupaten Sijunjung supaya mengutamakan TBS yang ada didaerah ini, setelah itu baru TBS yang datang dari luar daerah kabupaten,kata Sekretaris Apkansindo Sijunjung Defizan.

Kemudian,para petani sawit berharap kepada pemilik PKS untuk menentukan harga TBS sekurang- kurang sampai pada nomor antri terakhir pada hari itu.

Kalau sekarang harga TBS akan naik bila tidak ada mobil yang antri. Tapi, kalau mobil sudah ratusan yang antri, maka sesaat itu harga TBS akan langsung turun. Perlakukan sepihak dari pihak pemilik PKS ini harus dihentikan,kata Defi bclak.

Wakil ketua DPRD Sijunjung, Redi Susilo pada kesempatan tersebut menyambut baik atas penyampaian aspirasi dari petani sawit ini. Untuk itu perlu kita cek langsung kelapangan dan bertemu dengan manajemen PKS .
Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah yang langsung menerima aspirasi petani sawit ini dengan tegas menyampaikan,akan meneruskan aspirasi ini kepemerintahan provinsi dan pusat.

Kemudian untuk aksi nyata, kita lakukan pertemuan dengan pihak manajemen PKS, supaya mereka tidak bertindak sepihak dalam mentukan harga TBS.

Hari ini kita langsung turun ke PKS yang ada didaerah ini bersama anggota DPRD, supaya pihak PKS juga berpihak kepada petani sawit. Mari kita jalin komunikasi yang baik antara petani sawit dengan pemilik PKS, karena keduanya hubungan mutualisme, jangan ada diantaranya merasa dirugikan, ajak Wabup.

Dalam pertemuan ini terlihat kepiawaian seorang wakil bupati Iraddatillah dalam membaca situasi dan keinginan petani sawit.maka Wabup memerintah asisten ll bersama OPD terkait bersama anggota DPRD untuk sidak langsung kepada PKS yang ada.karena Pemkab Sijunjung di bawah kepemimpinan Beni Radi selalu bersama petani sawit, tegas Wabup.

Acara pertemuan ini yang dihadiri sekitar 50 orang anggota APKASINDO,Porkopimda, anggota DPRD kabupaten Sijunjung.pertemuan ini berakhir sekitar pukul 12.00 WIB, setelah itu, dua kelompok menuju PKS milik bina Pratama dan PKS yang ada Muaro Takung.( Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img