24.7 C
Padang
Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Alsintan dari Kementrian Pertanian untuk Kelompok Tani Sungai Duo
A

Kategori -
- Advertisement -

DHARMASRAYA – Sejumlah kelompok tani di Kanagarian Sungai Duo yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani Gelora, menerima bantuan sejumlah Alsintan (alat dan mesin pertanian) dari Kementrian Pertanian melalui Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

Bantuan alsintan tersebut terdiri dari 7 unit handtraktor, 7 unit alat tanam padi, 1 alat transplanter, cultivator dan 2 huller. Alsintan ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Dharmasraya, H Adi Gunawan, kepada Ketua Gapoktan Gelora, Paryoto, di tengah hamparan sawah milik Gapoktan Gelora, Rabu (3/09). Yang juga bersamaan dengan field day panen di lokasi tersebut.

Paryoto dalam sambutannya mengucapkan terimakasih banyak kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang telah serius dan memberikan perhatian penuh pada dunia pertanian di Kabupaten Dharmasraya, khususnya di Gapoktan Gelora.

“Dengan adanya alsintan ini tentu akan semakin mempermudah kerja para petani dalam bersawah. Semoga hal ini dapat membuat petani lebih tergugah, dan tidak berfikir lagi untuk melakukan alih fungsi lahan. Karena memang, dari 21 hektar lahan yang ada saat ini, 10 hektar diantaranya sudah dialihfungsikan oleh petani,” tutur Paryoto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dispertahort) Kabupaten Dharmasraya, Afdal JP Tamsin, dalam kesempatan itu menuturkan, Pemerintah Daerah melalui Dispertahort akan selalu siap membantu kebutuhan para petani. “Sering-seringlah datang ke kantor dinas pertanian, apakah itu untuk mengajukan permohonan bantuan pertanian, ataupun untuk diskusi. Yang penting petani punya kemauan, kami siap bantu,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh bupati. “Pemerintah Kabupaten Dharmasraya sangat serius mendorong setiap program pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. Dan secara bertahap, pemerintah akan selalu memback up kebutuhan petani, selama petani punya kemauan dan semangat untuk membangun pertanian bersama-sama dengan pemerintah daerah,” pungkas bupati.

Bupati juga berharap, agar kedepan tidak ada lagi petani yang melakukan alih fungsi lahan. Karena menurutnya, bertanam padi saat ini jauh lebih menguntungkan. Apalagi di sela-sela itu juga diselingi dengan kegiatan peternakan, seperti beternak sapi ataupun beternak ikan. Karena saat ini perbankan, khususnya bank nagari siap memberikan dana kredit dengan bunga rendah, sepanjang itu memenuhi syarat.  (rfk/humas dharmasraya)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img