25.5 C
Padang
Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gelar Outbound, Kader PKK Juga Butuh Refreshing
G

Kategori -
- Advertisement -

Setahun beraktifitas dengan kegiatan 10 Program Pokok PKK, sekitar limaratusan kader PKK dari 76 kelurahan yang tergabung dalam kontingen lima kecamatan, menggelar acara outbound sehari di lapangan sepakbola Kelurahan Talang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Sabtu (18/1). Ibu-ibu PKK, bersama Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi dan Ny. Rasyidah Suwandel, tumpah di lapangan, ikut lomba permainan tradisional  anak nagari.

Gelar acara tersebut dibuka Walikota Riza Falepi, selaku ketua dewan Pembina TP-PKK Payakumbuh.  Dalam acara ini juga hadir sejumlah pimpinan SKPD, seperti Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB),  Drs. Harmayunis, Kadisdik Hasan Basri Sy, S.Pd, Kadis Tanaman Pangan Iqbal Bermawi, Kadis Kesehatan Elzadaswarman,  Camat serta   sejumlah undangan lainnya.

Seluruh kader, terlibat adu kecepatan, kekuatan dan ketangkasan dalam lomba membawa belut berlari, tarik tambang, joget balon, membuat sarang ketupat, pesan berantai dan yel-yel PKK. Puluhan bingkisan disiapkan TP-PKK dalam lomba dan pertandingan tersebut.

Pembukaan acara outbound ini berlangsung cukup meriah dan menggelitik perut, karena saking kocaknya. Parade peserta yang berakhir dengan atraksi yel-yel PKK di depan panggung kehormatan, membuat Walikota Riza Falepi dan Ketua TP-PKK Ny. Henny tak mampu menahan ketawanya. Pasalnya, yel-yel PKK itu diakhiri setiap kontingen paserta dengan goyang caesar yang sedang tren. Lirik lagu kereta malam, goyang oplosan dan  pacar tetangga   dirubah dengan lirikan  program PKK.

Saking gembiranya, ibu-ibu PKK dari Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori dan Kecamatan Payakumbuh Utara,  bergantian menarik tangan Walikota bersama Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK, Camat dan Pimpinan SKPD bergoyang caesar. Kepenatan, kelelahan dan rasa stress dengan tugas-tugas rutin rumah tangga dan PKK selama ini, Sabtu itu jadi mencair. Seluruhnya larut dengan kegembiraan.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, memberi apresiasi setinggi-tingginya terhadap kegiatan yang dirancang  TP-PKK bersama BPMP-KB itu. Dukungan Camat dan Kepala Kelurahan  tampak jelas dalam kegiatan dimaksud. Outbound seperti itu,  sebut Walikota,   perlu dipertahankan, guna mempererat jalinan silaturahim sesama kader dan pengurus PKK. Makin kental rasa kebersamaan, makin mudah mengaplikasikan seluruh kegiatan pembangunan PKK, guna mensejahterakan keluarga.

Ketua TP-PKK Payakumbuh  Ny. Henny Riza Falepi,  mengemukakan, soal prestasi ibu-ibu PKK Payakumbuh cukup berprestasi dalam kegiatan yang berhubungan dengan program PKK di  tingkat Provinsi Sumatera Barat. Makanya, mereka perlu dihibur, refreshing  sambil berlomba dalam event outbound ini, katanya.

Sepanjang 2012, PKK Payakumbuh merebut 11 gelar juara. Masing-masing menyabet 2 gelar juara pertama, 1 gelar runne up, 2 gelar juara III  dan 6 gelar juara harapan.  Hadiah berupa trofi dan penghargaan dari gubernur diserahkan Walikota Riza Falepi dan Ketua TP-PKK Ny. Henny kepada pemenang, usai pembukaan outbound.

Tahun 2013,  prestasi PKK Payakumbuh itu makin mengkilap. Meski belum diumumkan, tapi bocorannya, sudah diketahui. Dalam lomba Gerakan PKK Tingkat Sumatera Barat, Payakumbuh sukses merebut gelar juara umum.   “Tapi, jangan diekspose dulu ya,” kata Ny. Henny.  Resminya, hasil lomba-lomba gerakan PKK itu, akan diumumkan dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tingkat provinsi, Maret mendatang, tambahnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img