24.6 C
Padang
Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

31 SMK di Kota Padang Ikuti “Gebyar SMK”
3

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Sebanyak 31 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengikuti “Gebyar SMK” di Dinas Pendidikan daerah itu.

“Peserta gebyar ini sepuluh sekolah merupakan SMK Negeri dan 21 sekolah dari SMK Swasta di Padang,” kata Ketua Penyelenggara Gebyar SMK, Raymon di Padang, Rabu.

Ia mengatakan, “Gebyar SMK” ini adalah memamerkan produksi kreatif siswa dan menunjukkan seni siswa, serta menyampaikan kepada masyarakat bahwa SMK bekerja sama dengan pihak industri.

Ia menyebutkan, acara ini diadakan pada Mei, karena bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional dan sekaligus sebagai persiapan menjelang penerimaan siswa baru.

“Jadi kegiatan ini juga sebagai promosi jurusan-jurusan yang ada di SMK kepada siswa SMP,” katanya.

Menurutnya, acara ini bisa mengubah pandangan siswa yang selama ini lebih memilih SMA dibandingkan dengan SMK, mudah-mudahan dengan memamerkan hasil kreatif dari siswa bisa merubah pandangan siswa.

Ia menjelaskan, pada hari terakhir “Gebyar SMK”, yaitu Kamis (14/5) akan ada pemilihan SMK terbaik dalam memamerkan hasil karya siswanya.

Kriteria penilaiannya adalah bagaimana siswa membuat stan dan karya yang inovatif, stan tersebut apakah dihadiri oleh guru dan kepala sekolah, serta melihat apakah stand tersebut banyak dikunjungi.

Raymon yang sekaligus Kepala SMK 9, mengungkapkan bahwa tahun ini sekolah yang dipimpinnya tidak termasuk dalam penilaian, karena tahun 2014 yang terpilih menjadi SMK terbaik adalah SMK 9.

“Peraturan ‘Gebyar SMK’ ini, sekolah yang menang tidak masuk dalam penilaian pada tahun berikutnya, untuk memberi kesempatan kepada sekolah lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, SMKN 2 Padang mempromosikan jurusan baru untuk tahun ajaran baru, yaitu jurusan multimedia.

“Karena fasilitas sekolah memadai, yaitu jumlah komputer mencukupi, sehingga dinas pendidikan menyetujui penambahan jurusan baru,” kata koordinator SMK 2 pada “Gebyar SMK”, Ernawati.

Ia menambahkan, untuk tahun ini SMKN 2 Padang akan menerima satu kelas untuk jurusan multimedia dengan 32 siswa.

 

Sumber: Antara/Junisman
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img