26 C
Padang
Jumat, Mei 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gubernur Sumbar Dorong Mahasiswa Miliki Kepampuan Enterpreneur
G

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mendorong mahasiswa di daerah itu untuk memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneur) agar bisa bersaing dalam masyarakat ekonomi Asean (MEA).

“Kita sebentar lagi akan memasuki MEA, dibutuhkan kemampuan dan jiwa kewirausahaan yang tinggi untuk bisa bersaing dengan tenaga kerja negara-negara Asean,” katanya saat memberikan kuliah umum di Politeknik Negeri Padang, Rabu.

Menurutnya, dalam MEA, tidak saja produk dari negara Asean yang akan bebas memasuki Indonesia, tetapi juga tenaga kerjanya.

“Selama ini, yang menjadi permasalahan dalam dalam kewirausahaan adalah kurangnya kompetensi yang dimiliki wirausaha. Ini harus menjadi perhatian ke depan,” katanya.

Dia mengatakan, sifat orang Sumbar tidak suka bekerja dengan orang lain, lebih senang berusaha sendiri. Sifat ini cocok dengan jiwa kewirausahaan.

Apalagi menurutnya di Sumbar juga tidak ada industri besar, sehingga untuk menggerakkan perekonomian diperlukan peran wirausaha.

Direktur Politeknik Padang Aidil Zamri mengatakan pihaknya terus mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan.

“Saat ini kami juga sedang melaksanakan Pekan Kreativitas Mahasiswa. Kami membebaskan mahasiswa untuk melakukan kegiatan yang berinovasi dan meningkatkan kreativitas para mahasiswa. Karena tujuan dari kegiatan ini untuk para mahasiswa agar selalu produktif dan memiliki ide-ide yang cemerlang.” katanya.

Dia mengatakan, sekarang peminat Politeknik Negeri Padang semakin meningkat setiap tahunnya.

Menurutnya, hal itu dikarenakan Politeknik Negeri Padang merupakan Politektik terbaik ketiga di Indonesia. “Kami berkomitmen mencetak lulusan terbaik di bidangnya,” katanya.

 

Sumber: Antara/Agung Pambudi
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img