27 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

245 Calon Jamaah Haji Kota Payakumbuh Sudah Melunasi ONH
2

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam pembinaan manasik mandiri yang diikuti sekitar 250 orang jemaah calon haji (jch)  Kota Payakumbuh tahun haji 2018 diaula serbaguna Kankemenag pada Kamis (25/04)lalu, Kepala Kankemenag melalui Kasi PHU, H Jufrimal menyampaikan bahwa dari 300 jch kota Payakumbuh telah melunasi 245 orang.
“Dari jumlah itu, 23 orang jemaah menyatakan mundur ke tahun selanjutnya,  2 orang jemaah tidak bisa berangkat dikarenakan direkomendasikan tidak istithaah. Tinggal 33 jch yang akan melunasi, termasuk hari ini. Untuk kita ketahui bersama, batas akhir pelunasan BPIH tahap I berakhir tanggal 5 Mei 2018, ini. Selanjutnya kita akan laksanakan pelunasan tahap II, ” Jufrimal infokan.
“Sudah banyak rangkaian pembinaan manasik jch jalani setiap Kamis dan ditambah pula pembinaan di KBIH
 Kami menghimbau supaya ilmu yang didapat bisa dipahami dan diambil kafiatnya sebagai dasar pelaksanaan ibadah haji yang akan dijalani selama lebih kurang 41 hari. Perbaharuilah niat dari sekarang, siapkan diri yang tulus ikhlas karena Allah semata,” pungkas Jufrimal.
Pelaksanaan manasik mandiri yang dikoordinir H Zuldaswar ini menghadirkan H Zakaria, Kasi PDPP Kankemenag Kab 50 Kota sebagai pembina manasik pada Kamis itu.
Binaan manasiknya, H Zakaria menyampaikan materi manajemen qalbu dalam menunaikan ibadah haji.
“Tidaklah haji seorang jemaah tampa wukuf di Arafah. Wukuf di Arafah adalah inti haji. Wukuf di Arafah adalah rukun haji, disamping niat ihram, thawaf, sa’i,tahalul dan tertib. Mari kita jaga iman,  hati, perbuatan serta kesehatan,” Zakaria tekankan.
“Selain pelaksanaan rukun haji, wajib haji juga mesti kita laksanakan dan akan sempurna lagi nilai ibadahnya apabila sunat haji juga kita laksanakan secara optimal,” imbuh Zakaria .
Semoga jch sehat semua dalam menunaikan rukun islam kelima ini. Dimulai dari sekarang tingkatkan kualitas ibadah, perbanyak ibadah sunat dan sedekah serta perbaiki hubungan silaturrahmi dan peduli sesama. Sehingga kebiasaan itu akan kita tingkatkan di tanah suci Mekkah. Mekkah sebagai salah satunya tempat berdoa yang makbul, perbanyak ibadah, perbanyak istighfar dan menyesali diri. Semoga total haji mabrur dapat kita raih  aamiin, ” tukuk Zakaria siang itu.(*)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.
- Advertisement -

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban
- Advertisement -

Cegah Covid-19, Payakumbuh Siapkan 5 Kelurahan Ikut Lomba KTRG

Kota Payakumbuh siapkan lima kelurahan untuk mengikuti lomba Kampung Tageh Rumah Gadang (KTRG) tingkat nasional 2021. KTRG atau kampung tangguh nusantara, terkait dengan keseriusan kota dan kabupaten dalam penanggulangan dan pencegahan covid-19.

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -