28.5 C
Padang
Jumat, Juni 18, 2021
Beritasumbar.com

2 Tahun Terbaring Lemah, Ari Kurniawan Butuh Uluran Tangan Buat Biaya Berobat
2

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Ari Kurniawan,Pemuda kelahiran 1987 asal Jorong Padang Cubadak Nagari Bukik Sikumpa Kecamatan Lareh Sago Halaban alami penyakit yang tidak biasa pada mata sebelah kanannya. Sayang karena faktor ekonomi jua, Ari tidak sanggup untuk mengobati matanya secara medis. Dan saat ini berharap ada uluran tangan para dermawan untuk bisa dia berobat dengan layak.

Menahan rasa sakit yang kian hari kian bertambah, Ari Kurniawan, hanya bisa pasrah terbaring diatas kasur tipis dengan seprai kusam dan kumal di ruang tengah, saat awak media Luak Limopuluah berkunjung kerumahnya di Jorong Padang Cubadak, Nagari Bukiksikumpa, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Senin (18/11) siang.

Bola mata kanannya terlihat menonjol seperti gumpalan daging berwarna Merah. Kelopak matanya tak lagi bisa menutup bola mata yang sudah terlihat seperti gumpalan daging seukuran ujung jempol orang dewasa itu.”Kepala saya terasa sakit sebelah kanan ini,”ucap pria yang belum berkeluarga ini terdengar merintih kesakitan.

Terlihat jelas, tindakan medis yang seharusnya didapatkan untuk kondisi penyakit seperti ini, belum dilakukan. Sebab kendala biaya untuk melakukan perawatan ke rumah sakit dengan biaya yang boleh disebut tak dimiliki keluarga Ari.

Anak bungsu dari lima orang bersaudara, Ari hanya tinggal bersama kedua orang tuanya yang sudah tua. Ayahnya, Mansir sudah berusia 88 tahun. Sementara ibunya, Yusnidar sudah berusia 62 tahun. Tentu saja tidak lagi produktif secara ekonomi.

“Dari ma piti awak bisa baubek tek,”ucap Ari Kurniawan sambil tetap berbaring dan berusaha membuka mata kirinya. Pria muda ini  merasa berobat ke rumah sakit sesuatu yang mustahil dengan kondisi ekonomi keluarganya yang sudah pasti tak mampu.

Memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS mandiri. Ari sudah menunggak dan dibantu Pemerintah Nagari Bukiksikumpa untuk membayarnya. Hanya saja biaya untuk merawat dan untuk orang yang akan menunggui juga menjadi persoalan berat bagi keluarga ini.

Alhasil, selama dua tahun mengalami penyakit yang sangat berat itu, Ari terpaksa pasrah menahan rasa sakit saban hari, tanpa upaya pengobatan lebih lanjut. Padahal seharusnya sudah ditangani secara intensif di rumah sakit untuk kesembuhannya.

Sudah terlihat semakin lemah, Ari yang sebelumnya masih sanggup berdiri dan berjalan untuk sekedar duduk dan mandi membersihkan diri, sekarang sudah jauh lebih memburuk. Jika dalamwaktu dekat tak kunjung mendapatkan perawatan, kondisinya dipastikan semakin lemah.

Jikamampu untuk sekedar duduk, Ari hanya mampu bertahan beberapa menit saja. Sebab mengeluhkan kepalanya yang sakit. Tidak itu saja, menelan air minum dan untuk sekedar mengunyah dan menelan makanan, Ari sekarang terlihat mulai sangat kesulitan.

“Mengunyah sesendok kecil nasi sajo, Ari kini lah payah,”ucap Ibu Yusnidar didampingi Kepala Jorong Padang Cubadak, Elvi Yenti saat mendampingi awak media, kemarin.

Salah seorang petugas kesehatan dari Puskesmas Pakan Rabaa, Yanniwarti, yang selalu memberikan perhatian untuk Ari. Hanya saja untuk penyakit seperti yang dialami Ari, Puskesmas tidak bisa berbuat banyak.”Penyakit seperti ini, seharusnya memang sudah ditangani rumah sakit,”ucap bidan yang biasa disapa Yan ini.

Sebelumnya Ari, sudah dibawa kerumah sakit dan dirujuk ke M Djamil Padang. Namun setelah berobat selama beberapa waktu, Ari terpaksa pulang karena tak cukup biaya dan terkendala orang yang akan menunggui dirumah sakit.

“Mudah-mudahan ada yang peduli dan membantu biaya pengobatan Ari, sehingga bisa dirawat dirumah sakit dengan layak,”harap Kepala Jorong, Elvi Yenti bersama petugas kesehatan Puskesmas Pakan Rabaa, Yan dianggukkan kedua orang tuanya.

Jika masyarakat ingin ikut membantu meringankan beban keluarga ini, bisa menghubungi keponakannya, Anggun Anggraini di nomor ponsel 0852-6686-6368 atau Whatsaap 0853-6593-2553. Jika ingin berdonasi langsung bisa ke nomor Rekening Bank BRI : 5499-01-013467-53-0 atas nama Anggun Anggraini.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.
- Advertisement -

Gagak Hitam Satreskrim Polres Padang Pariaman Ringkus Pelaku Pencurian Mobil

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Tim Opsnal Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman berhasil menangkap inisial IS (27) tersangka pencurian kendaraan roda 4 (empat) yang terjadi di Jalan Raya Padang Bukittinggi Simpang Pariaman Korong Pasa Laban, Nagari Sicincin, Kecamatan 2X11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. Pelaku IS tersebut diringkus dirumahnya di Parak Sigarang, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Pada Jumat 11/6/2021 sekira pukul 22:00 WIB.

Kakanwil Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Masjid Taqwa Kauman Muhammadiyah Kota Padang Panjang, Kamis (14/06/2021)
- Advertisement -

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

Sosialisasi Kabupaten Layak Anak Dengan Tekan Angka Putus Sekolah

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,- Limapuluh Kota lakukan pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA) secara Top Down dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari. Dari 79 nagari dalam sebaran 13 kecamatan yang ada sudah 10 kecamatan yang layak anak. Pengembangan tersebut dalam bentuk sosialisasi yang dilakukan di 79 Nagari. Sudah ada 52 nagari berkomitmen untuk menciptakan Nagari Layak anak.

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Launching Apresiasi Kreasi Indonesia 2021, Safaruddin: Harus Gerak Cepat

Limapuluh Kota,Beritasumbar.com, - Kabupaten Limapuluh Kota sebagai daerah yang mendapatkan penghargaan Kampung Adat Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (20/5/2021) lalu, kembali mendapatkan undangan resmi dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif untuk mengikuti acara launching Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021

Diskominfo Lima Puluh Kota Ikuti Webinar Penanganan Stunting

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Diskominfo Lima Puluh Kota mengikuti webinar akselerasi program penanganan stunting di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan dukungan perguruan tinggi khususnya dimasa covid-19 secara virtual di Aula Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota, Kamis, (27/05/2021).

Badan Keuangan Lima Puluh Kota Sosialisasikan E-Persuratan

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Dalam rangka mendukung kebutuhan pengolahan data yang dilakukan secara cermat, cepat dan teratur untuk mendapatkan hasil informasi yang akurat relevan dan tepat waktu terutama pada instansi Pemerintah.

Pimpin Apel Sinergi Dua Lembaga, TNI-Polri Siap Ciptakan Kamtibmas di Wilayah Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan memimpin Apel Sinergitas TNI-POLRI, Kodim 0310 SSD dan Polres Sijunjung, di Mapolres Sijunjung, Kamis (27/5). Ia mengatakan dalam...

Diskominfo Lima Puluh Kota Gelar Dialog Interaktif

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lima Puluh Kota Melaksanakan Dialog Interaktif/ Talkshow
- Advertisement -